Daily Archives: July 1, 2010

Gastrectomy

Setelah menjalani operasi pengangkatan tumor di perut dan lambung tanggal 17 Mei 2010, saya (dalam kondisi yang masih belum sadar) ditempatkan di ruang ICU selama 1 hari 1 malam. Keesokan paginya, setelah mulai siuman, isteri saya (yang terus menunggu di RS) menjenguk ke dalam ruang ICU. Saat itu sedang ada dokter bedah digestif di ruang ICU, langsung saja isteri saya bertanya mengenai proses operasi yang telah dilakukan.  Saya yang sudah siuman tapi masih belum bisa melakukan apa2 kecuali berbaring, sayup2 mendengar kata2 dokter “…lambungnya tinggal 1/4…”.

Setelah saya masuk ruang rawat (keluar ICU), dan sudah ada perkembangan membaik, saya mulai mencari2 informasi mengenai penyakit saya, termasuk operasi yang telah dilakukan.  Untungnya di RS PI ada jaringan WiFi yang memungkinkan kita surfing internet (walaupun sinyalnya tidak stabil). 

Saya akhirnya mengetahui bahwa operasi pengangkatan lambung (parsial maupun seluruhnya) disebut Gastrectomy.

Continue reading