Glivec Generik

Part-1

Bener-bener ini saya sudah lama sekali tidak posting artikel terkait GIST dan obat nya : Glivec. Agak sedih juga melihat blog saya yang sekarang sepi aktivitas. Banyak pertanyaan yang lama baru saya jawab…

Maaf ya para pembaca, sahabat dan saudara sekalian, tidak lain karena kesibukan yang belum memungkinkan saya sering update blog ini.

Kali ini saya merasa sangat perlu untuk update informasi lagi. Mengapa? Karena ada sesuatu yang menurut saya cukup penting untuk disampaikan: Glivec sudah ada Generik nya. Pertanyaan selanjutnya: “bukankah dari 2003 sudah ada Veenat produksi Natco, India yang diklaim sebagai generik nya Glivec?”. Hebatnya Veenat : tentu saja harganya yang sangat murah. Kalau Glivec dihargai USD 2.666 per pasien/bulan maka Veenat dihargai USD 177 per pasien/bulan. Sangat-sangat murah…

Hanya saja secara resmi hak patent Glivec baru berakhir pada Desember 2015. Sebelum itu, produk serupa tidak dibenarkan untuk diedarkan berdasarkan hukum hak paten. Khusus di India, sistem hukum mereka memperbolehkan adanya produk generik Glivec. Hal ini juga menjadi kasus yang menarik di dunia hukum/legal.

Setelah berakhirnya hak patent Glivec pada Desember 2015, FDA (BPOM nya Amerika Serikat) telah memberikan persetujuan untuk produk generik Glivec yang diproduksi oleh Sun Pharma, India. Penjualan obat tersebut dimulai pada Februari 2016 dan Sun Pharma diberi hak eksklusif penjualan obat generik Glivec di Amerika selama 6 bulan.

Saat ijin obat generik diberikan, publik mengharapkan harganya akan jauh lebih murah dari Glivec. Bahkan Kal Sundaram, CEO Sun Pharmaceuticals, yang berkedudukan di Mumbai, India, menyatakan bahwa imatinib (versi generik Glivec), diharapkan lebih murah 30% dari Glivec.

Namun apa yang terjadi? Selama masa eksklusif dari Februari sampai Agustus 2016, produk generik imatinib harganya hampir sama dengan Glivec. Penurunan harga yang diharapkan sekitar 30% hanya terjadi sekitar 10% saja.

Setelah masa eksklusivitas berakhir, pada bulan Agustus 2016 ini, ada dua produk generik lagi yang disetujui, diproduksi oleh Teva Pharmaceutical Industries dan Apotex Corporation. Dengan adanya lebih banyak produk generik diharapkan harga Glivec bisa turun secara signifikan.  Harapannya lagi: obat yang lebih murah tersebut tidak hanya dipasarkan di Amerika tetapi juga di negara lain termasuk Indonesia tercinta🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s