Pendarahan Lambung – (2) Gastroscopy

(sebelumnya…)

Hari kedua di ICU RS Medistra, rencananya akan ada tindakan medis oleh dokter yang merawat saya, Prof. Dr. L. A. Lesmana, Ph.D, FACG, yaitu gastroscopy alias endoscopy, peneropongan saluran cerna khususnya di daerah lambung (gaster).

Jam 9 pagi saya mulai dibawa ke ruang tindakan. Isteri saya tidak boleh masuk. Sementara di RS Bintaro dan RS Pondok Indah isteri saya bisa ikut masuk ke ruang tindakan dan melihat jalannya proses endoscopy…

Gastroscopy dilakukan dengan anastesi bius total. Saya ingat cairan anastesi yang berwarna seperti susu putih disuntikkan ke tangan saya melalui saluran infus. Rasanya agak pedih saat masuk di pembuluh darah karena cairan anastesinya cukup pekat… saya mulai tidak sadar…

Gastroscopy

 

Setelah sadar, sambil ngantuk2 saya sadar bahwa di hidung saya sudah ada selang NGT, selang yang menyalurkan cairan di lambung (termasuk darah yang keluar karena pendarahan) dibuang ke plastik khusus yang menggantung di tempat tidur… Bertambah 1 lagi deh selang yang menempel di tubuh saya.

Selama di ICU, banyak selang dan kabel yang menempel di tubuh. Ada selang oksigen dan NGT masuk ke hidung, kabel EKG dari dada, selang transfusi darah di tangan kiri, selang infus makanan/cairan dan obat2an di tangan kanan🙂

Siang itu, setelah sadar penuh, saya diberitahu bahwa dokter tidak bisa melihat dengan jelas lambung saya karena masih penuh dengan bekuan darah dan darah yang tertinggal di dalam lambung.  Oleh karena itu perlu dilakukan pencucian lambung, dengan memasukkan air bersih ke dalam lambung melalui NGT.  Selanjutnya air yang sudah tercampur dengan darah/bekuan darah disedot lagi keluar melalui NGT… selama proses itu dilakukan, rasanya tidak nyaman…

Setelah banyak darah yang berwarna merah dan bekuan darah yang berwarna hitam banyak keluar dari lambung, sore harinya dilakukan gastroscopy kembali.  Kali ini tindakan dilakukan di ruang ICU dengan membawa peralatan2 gastroscopy, termasuk monitor dan komputernya…

Kembali saya dibius total…

Malam hari setelah saya siuman, saya diberitahu bahwa gastroscopy sudah berhasil.  Ternyata terdapat banyak luka di dinding lambung saya.  Beberapa diantaranya mengeluarkan darah.  Luka2 tersebut melalui alat gastroscopy di”tambal”/di”tutup” atau istilahnya dilakukan “ligasi” dengan cara hemoclip dan dilaser…  Ketika saya membaca tulisan pada Endoscopy Report, tertulis yang dilakukan adalah suntikan adrenalin dan pemasangan clip (hemoclip) serta Argon Plasma Coagulation (di-laser?)… Wah, canggih juga ya, luka di dalam lambung bisa di”tambal”… Saya akan cari informasi dan akan saya posting mengenai proses ligasi tersebut…

Karena lukanya sudah di”tambal”, transfusi darah sebanyak 500ml bisa mengakibatkan Hb saya naik dari 8,6 menjadi 10,9 Alhamdulillah…

(bersambung…)

6 thoughts on “Pendarahan Lambung – (2) Gastroscopy

  1. deki

    sore pak. saya mau nanya keluhan apa yang bapak rasakan ketika lambung bapak begitu bnyk terluka?

    dan berapa bnyk biaya medis yang bapak keluarkan pada operasti tersebut.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Selamat sore,

      keluhannya seperti sakit lambung biasa, perut kadang terasa kembung… untungnya tempat kerja saya memberi jaminan/asuransi kesehatan sehingga biayanya ditanggung kantor

      Reply
  2. thaipai

    Halo Pak Anto, Saya Vita, menarik sekali ketika Saya membaca artikel Bapak ini. Yang mau Saya tanyakan bagaimana cara pola makan sesudah operasi lambung itu ya. Apakah tidak bisa makan makanan padat lagi? Soalnya Ibu Saya baru selesai operasi lambung cuman bingung untuk makannya lebih bagus bagaimana. Makasi buat infonya ya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Saat2 awal paska operasi memang hanya cairan. Setelah beberapa hari bisa meningkat menjadi bubur saring, kemudian bertahap makan bubur, meningkat lagi makanan yang lunak… Dalam beberapa bulan, sekitar 3-6 bulan (tergantung kondisi pasien) sudah bisa makan normal tetapi untuk kondisi saya dalam jumlah yang sedikit saja, tidak bisa banyak2.

      Reply

Leave a Reply

