Makanan sehat

Makanan sehat, yummy yummy…

food

Di bulan Maret 2014, dari tgl.23 sd 27, saya mendapat kesempatan dirawat di RS Siloam Surabaya… he he he…

SHSB---Daytime-2010_Landscape

Ampun deh, saya sudah banyak pengalaman dirawat di rumah sakti. Di Jakarta (dari 2001 sd 2010) saya sudah pernah di rawat di RS Pertamina, RS Bintaro, RS Pondok Indah… umumnya karena masalah pencernaan, terkait kanker GIST.

Di Medan (Juni-2013) saya sudah pernah di RS Gleneagles (sekarang namanya menjadi RS Columbia Asia). Di Surabaya (Juli-2013) pernah dirawat di RS Darmo. Keduanya karena hipertensi…

Kali ini, Maret 2014 juga karena hipertensi…

Apa yang saya mau ceritakan sebenarnya bukan tentang rumah sakti dan bukan tentang hipertensi. Tetapi justru tentang makanan sehat.

Sebagai introduksi, sudah 2 tahun terakhir ini saya menderita hipertensi. Pada saat normal, tensi saya sekitar 140/90, lumayan tinggi untuk orang normal yang seharusnya 120/80. Karena saya sudah 2x masuk rumah sakit di tahun 2013 gara2 hipertensi, saya sudah mulai mengganti makanan dengan makanan yang lebih sehat, banyak sayur2an dan buah2an… Sebenarnya, pola ini sudah saya terapkan pada saat saya kena hpertensi di tahun 2013. Makanan saya setiap nginep di hotel sudah berupa sayur2an dan buah2an…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hasilnya ? semua parameter klinis relatif bagus, buktinya, hasil tes darah ketika diperiksa di RS Siloam Surabaya menunjukkan data2 sebagai berikut :

Glukosa darah 102 (normal <140mg/dL)
SGOT 31 (normal : 15-37uL)
SGPT 30 (normal : 12-78uL)
Kreatinin 0,90 (normal : 0,70-1,30mg/dL)
Urea Nitrogen 10 (normal : 7-18mg/dL)
Kolesterol total 151 (normal : <200mg/dL)
LDL 109 (normal : <=100mg/dL)
Trigliserida 128 (normal : <150mg/dL)
Asam urat 4,7 (normal : 1,6-7,2mg/dL)
tapi Hb 12 (normal : 13,2-17,3g/dL)
Leukosit 8,24 (normal : 3,80-10,60  10^3/uL)

Bagus bukan ? betul, hanya saja tekanan darahnya yang tinggi…

 

Kok, parameter klinis bagus2 tapi masih bisa kena tekanan darah tinggi? jawabannya ada di posting selanjutnya…

 

Leave a Reply

