Diet Lambung

Setelah saya mengalami pendarahan di lambung (lihat artikel tentang pendarahan lambung) dan luka di lambung diperbaiki (proses ligasi lambung), pada saat pemulihan saya mendapat pola makan yang disebut Diet Lambung.

Lambung

 

Bagusnya rumah sakit tempat saya di rawat, RS Medistra, antara lain mereka memiliki ahli gizi yang menjelaskan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien seperti saya yang memiliki luka di lambung…

Selain memiliki ahli gizi, mereka juga menyediakan brosur sehingga kita dapat mengingat pola makan yang baik. Jadi kita tidak perlu mencatat penjelasan ahli gizi tersebut.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Diet Lambung ?

Berikut ini adalah penjelasan yang ada di brosur dari RS Medistra :

Diet Lambung (DL) adalah diet yang dilakukan guna meringankan pekerjaan saluran pencernaan. Makanan yang disajikan berbeda dengan makanan biasa, dimana makanan DL bersifat 1) Mudah dicerna, 2) Tidak merangsang dan 3) Porsi kecil namun sering…

DL

 

Selain harus memperhatikan pola makanan seperti di atas, pasien juga diharuskan menjaga kondisi fisiknya.  Hal ini tertulis di bagian belakan brosur :

“Berolahragalah sesuai dengan keadaan anda disamping diet yang anda lakukan”.

Sport

Mudah2an saya dapat menjalankan DL tersebut. Yang jelas, kalau ke kantor tentu saya akan minta tolong isteri untuk menyiapkan bekal makanan…

 

19 thoughts on “Diet Lambung

  1. felis

    hi nama saya felis, apakah bpk. antopurwanto tau dr yang menjalankan terapi gerson di jakarta yang bisa saya hubungi dan alamatnya? terima kasih

    Reply
  2. yudi

    Hi pak anto purwanto. Menarik sekali infonya. Beberapa bulan ini saya sempat frustasi gara gara asam lambung. Awalnya saya kira jantung karena ada sesak nafas juga. Cek darah, ecg, foto thorag dan scan jantung hasil normal. Malahan saya didiagnosis tekanan darah tinggi. Minum obat darah tinggi malah berakibat lemas dan sesak nafas, akhirnya obat saya hentikan. Sekarang kalau capek atau stress pasti mual dan sesak dan pusing, ulu hati gak enak, kata dokter itu karena lambung. Apa yg seharusnya saya lakukan ya pak? Karena saya masih cemas semua saya kira karena jantung

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Betul sekali, masalah lambung bisa dikira gangguan jantung. Saya sendiri sampai masuk UGD 2x (RS Harapan Kita dan RS Pertamina) gara2 sesak nafas dan jantung berdenyut cepat disertai dengan rasa nyeri di dada kiri. Ternyata karena lambung yang bermasalah.
      Untuk mengatasinya saya diberi obat dari dokter dan setelah itu sudah terasa membaik, tidak lagi terasa kembung. Namun jenis obatnya tergantung dokter yang merawat kita karena masing2 pasien tentunya memiliki kondisi yang berbeda2.
      Terakhir saya diberi dokter Enzyplex atau Vitazym, yaitu suplemen yang berisi vitamin dan enzim untuk membantu pencernaan sehingga perut tidak lagi kembung…

      Reply
  3. yudi

    Menurut pengalaman pak anto dng dokter spesialis penyakit dalam. Bila hasil ecg, ekg (scan jantung) dan foto thorag normal, apakah. Bisa dikatakan kondisi jantung kita normal? Atau apa ada test tambahan lainnnya? Tks

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Umumnya EKG dan foto thorax sudah lumayan. Kalau mau lebih lengkap bisa dengan periksa darah karena ada enzim tertentu yang bisa menandakan adanya gangguan jantung seperti penyempitan pembuluh darah.

      Selain Elektrokardiografi (EKG) yang memonitor denyut listrik dari jantung, ada juga Echocardiografi (ECG) yang memonitor jantung menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung. Selama proses ini, dokter dapat menentukan apakah semua bagian dari dinding jantung berkontribusi biasa dalam aktivitas memompa jantung. Bagian yang bergerak lemah mungkin telah rusak selama serangan jantung atau menerima terlalu sedikit oksigen. Ini mungkin menandakan arteri koroner atau berbagai kondisi lain.

      Sedangkan scan jantung dilakukan dengan memasukkan cairan kontras ke dalam pembuluh darah (dengan kecepatan yang sangat tinggi menggunakan alat suntik khusus yang dihubungkan dengan mesin) kemudian tubuh kita di scan melalui alat CT Scan. Untuk scan jantung ini sudah cukup canggih dan bisa mengetahui cukup akurat adanya penyumbatan pembuluh darah.

      Yang lebih akurat adalah menggunakan Kateterisasi Koroner untuk melihat aliran darah melalui jantung, dokter dapat menyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh darah (intravena). Hal ini dikenal sebagai angiogram. Cairan disuntikkan ke dalam arteri jantung melalui pipa panjang, tipis, fleksibel (kateter) yang dilewati melalui arteri, biasanya di kaki, ke arteri jantung. Pewarna menandai bintik-bintik penyempitan dan penyumbatan pada gambar sinar-X…

      Demikian sebagai informasi.
      Salam sehat.

      Reply
  4. yudi

    Pagi pak anto
    Mau tanya lagi nih, sebenarnya apa hubungan maag dan sesak nafas? Kmrn sesak nafas datang lagi dan diagnosis dokter krn maag. Trus saya minum promag, di ulu hati terasa perih dan mereda

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Selamat pagi🙂

      Salah satu gejala gangguan lambung adalah timbulnya gas yang berlebihan. Gas ini muncul antara lain karena adanya reaksi dari asam lambung yang cukup banyak. Gas yang berlebihan dapat mengakibatkan perut kembung sehingga pada akhirnya pasien merasa sesak nafas karena rongga paru/pernafasan terdesak perut yang kembung.

      Salah satu fungsi obat maag adalah meredakan asam lambung serta melapis dinding lambung yang luka…

      Upaya yang dapat dilakukan adalah mencegah makanan/minuman yang dapat memicu timbulnya asam lambung/melukai dinding lambung seperti yang pedas/asam/mengandung-soda/kopi, dll. maupun yang dapat menimbulkan gas seperti kol, ubi, sayuran dengan serat yang tinggi/keras (kangkung, sawi) dll.

      Salam sehat

      Reply
  5. yudi

    Pagi pak anto
    Ciri sesak nafas yg pernah bapak rasakan akibat lambung seperti apa ya? Apa nafas pendek atau benar benar kesulitan bernafas?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      karena penyebabnya berasal dari lambung, banyaknya gas yang mendesak rongga paru, maka cirinya adalah rasa sesak ketika bernafas, rongga paru tidak bisa mengembang lebih besar karena tertekan…

      Reply
  6. paket wisata karimunjawa

    info yang sangat bermanfaat pak. saya mau tanya masalah lambung nih, saya sempat operasi lambung tahun 2009 kemaren pak, apakah diet lambung aman untuk saya lakukan setelah kejadian operasi saya di tahun 2009?
    terima kasih pak

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      operasi apa ya?
      setahu saya diet lambung yang saya dapat dari rumah sakit tersebut akan memudahkan/meringankan kerja lambung sehingga seharusnya aman bagi lambung…

      Reply
  7. Susyana

    Saya jg punya masalah dengan lambung… sesak nafas hingga terpaksa ke UGD. hal ini terulang bbrp kali sehingga sy mengamati pola yg memicu asam lambung saya naik. Ternyata sy ngga bisa makan jeruk…setiap makan jeruk kejadian tersebut selalu berulang.. makan mi ayam, spagheti dan sejenisnya jg bisa memicu juga. saya berobat ke siloam, melalu bbrp internist dicek lab bermacam2 item tp tetap tidak ditemukan ada masalah..mereka bilang saya sehat. padahal jelas2 saya merasa badan saya cepat lemas tdk bertenaga. kecapean sedikit langsung lemes. Sampai akhirnya ada cerita tetangga yang sembuh dengan minum ramuan godhogan sendiri yg resepnya didapat dr kyai saadih Puri kembangan Jakarta. Saya berobat kesana sekali gratis, hanya perlu datang lebih awal utk ikut dzikiransaja dan setelah 2 bulan minum ramuan alhamdulillah semua keluhan lenyap nyap nyap…saya makan jeruk sekilo jg OK..gas lambung tdk pernah kumat lg. Rebusannya adl: akar alang@ 2 ikat, kacang hijau 200 gr, daun saga 2 genggam, daun kelor 2 genggam, direbus dulu kacang hijaunya dgn 1.5 ltr air hingga kulit kacang hijau pecah, lalu masukkan akar alang2 yg sudah dipotong2 dan digeprek, lalu masukkan daun saga dan daun kelor…didihkan lg. lalu minum 1 cangkir pagi dan 1 cangkir malam…semoga lekas sembuh… Berbagi untuk kebaikan itu menyenyangkan..terimakasih pak anto purwanto, kepp writing!! ^_^

    Reply
  8. Rachel

    Saya bersyukur menemukan blog ini, pak anto saya mau menanyakan jika lambung sudah ditumbuhi oleh tumor ganas,lalu lambung diangkat , dan saat ini kerabat dekat saya sedang dalam masa pemulihan hari ke – 4 di masih di ruang ICU lalu bila dalam waktu tertentu sudah pulih , apa ada terapi apa ? makanan seperti apa? dokter ahli pencernaan di Indonesia atau pemeriksaan berkala seperti apa dan di mana? agar fungsi tubuh berjalan dengan baik meski tanpa lambung

    terima kasih pak anto

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Ada beberapa pasien yang lambungnya diangkat total sehingga ada beberapa konsekuensinya, makan harus yang lembut, dikunyah dengan baik, serta tidak bisa banyak2… Setelah beberapa lama maka pasien akan terbiasa…

      Di Indonesia sudah banyak ahli bedah digestif yang bisa menangani masalah pengangkatan lambung serta terapi sesudah operasi…

      Salah satu dampaknya adalah fungsi pencernaan yang berkurang sehingga pencernaan dan penyerapan makanan menjadi tidak maksimal. Untuk itu saya pernah diberi suplemen yang bisa mengganti nutrisi yang biasa didapatkan melalui pencernaan normal.

      Reply

Leave a Reply

