Monitor Denyut Jantung

Dari hasil pemeriksaan pra operasi tahun 2001 dan 2010, dan hasil operasi, alhamdulillah organ-organ tubuh seperti jantung, paru2, ginjal, hati berfungsi dengan baik.

pulse good

Namun demikian, sebelum operasi 2010 diketahui jantung saya sedikit mengalami “gangguan” ritme atau lebih dikenal dengan istilah Aritmia.

Aritmia yang saya alami bisa membuat perasaan yang tidak nyaman, terutama saat aritmia tersebut kambuh dengan denyut jantung yang tidak teratur, termasuk bila tiba2 denyutnya melonjak tiba2. Paling parah adalah ketika selesai minum kopi, jantung menjadi berdebar2 sangat kencang… Menurut dokter saya ngga boleh minum kopi lagi😦

Selain itu, debar jantung juga meningkat ketika saya melakukan aktivitas fisik yang agak berat, termasuk jalan kaki dari kantor ke stasiun dengan membawa beban agak berat (ransel berisi dokumen dan notebook/laptop). Debar jantung yang meningkat itu bisa bertahan sampai beberapa jam…

Informasi dari dokter yang melakukan pemeriksaan saat MCU, aritmia ini disebabkan oleh anemia yang berlarut… memang saya mengalami anemia sejak awal 2000-an terutama kalau ada pendarahan di lambung, Hb bisa turun sampai level rendah 4, 5, 6 dst… (di bawah 10) sehingga saat itu harus ditransfusi darah.

Karena saya khawatir terjadi kenaikan denyut jantung yang tidak teratur dan dapat berakibat kurang baik bagi tubuh, saya mencari alat yang dapat memonitor denyut jantung. Terutama ketika ada perasaan tidak nyaman dan ketika melakukan kegiatan fisik yang agak berat dan olahraga (saya suka bersepeda).

Dari hasil browsing di internet, ternyata banyak sekali beredar gadget untuk monitor denyut nadi (heart monitor) :
http://www.telegraph.co.uk/technology/picture-galleries/9778215/15-top-fitness-gadgets.html#?frame=2441869.

Tapi saya tertarik dengan beberapa diantaranya :

Suunto Quest
Merk Suunto terkenal dengan jam tangan untuk aktivitas outdoor.
Produk Suunto Quest ini berupa jam tangan dan bisa membaca sinyal denyut nadi yang dikirimkan oleh monitor pada chest strap. Jam tangannya bentuknya menurut saya sangat menarik, bentuknya agak besar, macho dengan beberapa beberapa pilihan warna seperti hitam, biru, kuning dan oranye.
Quest Blue
Sebenarnya Suunto Quest ini menjadi pilihan pertama saya (awalnya) karena bentuknya yang menarik dan bisa dilengkapi juga dengan berbagai macam fungsi seperti melihat jam, tanggal, alarm, monitor denyut nadi/jantung secara real-time dan continue, heart rate zones, stopwatch, timer, durasi dan intensitas, lokasi/GPS, kecepatan bergerak serta jarak tempuh, bahkan bisa juga dilengkapi dengan analisis melalui situs Movescount.com, layarnya bisa dipilih sesuai keinginan dan terdapat dalam 9 bahasa (Bahasa Indonesia belum termasuk😦 )
Harganya di Indonesia sekitar Rp3,3 juta, bervariasi tergantung lokasi tokonya🙂
Apa yang membuat saya tidak jadi membeli Suunto Quest adalah penggunaannya yang harus memakai chest strap, kebayang kan betapa ribetnya kalau harus memakai terus menerus…

Timex Health Touch Plus
Merk Timex terkenal dengan jam seperti Casio yang produknya untuk bermacam2 keperluan, agak beda dengan Suunto yang lebih spesifik untuk outdoor.
Pilihan saya jatuh kepada produk ini karena tidak perlu menggunakan chest strap, bentuknya lumayan menarik, ada yang tali nya hitam dan ungu (buat cewek), harganya lebih murah dari Suunto Quest (sekitar Rp1,7 juta), gampang nyarinya karena biasanya bisa ditemui di outlet2 Planet Sport di berbagai mal.
T5K560_0

Yang saya lebih suka lagi, biasanya sering ada diskon di Planet Sport. Waktu saya beli diskonnya 20%, plus tambahan 5% untuk kartu kredit Citibank plus 10% lagi dari poin rewards nya🙂 jadinya net sekitar Rp1,1 juta… lumayaan kan…
Sekarang jam tangan ini menemani saya kemanapun dan bisa melacak berapa lama saya jalan/olahraga, berapa jarak yang ditempuh (menggunakan sensor ayunan tangan ketika jalan/lari), berapa kalori yang terbakar dan berapa rata2 denyut nadi selama jalan/olahraga. Data2 tersebut bisa disimpan sehingga kita bisa membandingkannya di kemudian hari…

Dengan menggunakan Timex Health Touch Plus ini saya sudah bisa dapet info dari exercise/latihan kecil yang saya lakukan sehari2:

Jalan dari kantor ke tempat makan siang dari Kantor ke Jl.Sabang 0,59 km, 1.119 langkah, kalori 25, average nadi 96, 12 menit,
Jalan dari Kantor ke Stasiun Tn.Abang (untuk pulang sore hari) jarak tempuh 1,29 km, 2.457 langkah, kalori 59, average nadi 113, 25 menit
he he he…

Mio Alpha
Sebenarnya, ada satu produk yang saya inginkan, lebih dari yang lain… yaitu jam tangan merk Mio Alpha, jam tangan khusus olahraga yang bisa deteksi denyut nadi tanpa menggunakan chest strap. Satu lagi yang lebih canggih, adalah penggunaannya yang tanpa touch/tap seperti Timex, jadi informasi denyut nadi secara terus menerus (continuous) akan muncul selama kita inginkan sewaktu jalan/lari/olahraga… Keren kaann… Sayangnya jam tangan ini belum ada di Indonesia. Harganya USD200 atau sekitar Rp2,4 juta. Sebenarnya kalau mau bisa juga beli di Singapore lewat situs online dengan tambahan ongkos kirim sekitar Rp150 ribu. Tapi saya agak kurang yakin untuk pengiriman seperti ini. Pertama saya tidak bisa melihat barangnya terlebih dahulu, kemudian kalau ada masalah akan repot untuk garansinya… berbeda dengan Suunto dan Timex yang ada garansinya di Indonesia dan bisa melalui tokonya (garansi 1 tahun).

Tapi saya masih punya niat, kalau ada rejeki ke luar negeri, akan coba cari, siapa tau jodoh…

Mio_Alpha_3
Dari gambar di atas terlihat bahwa ada indikator lampu led yang warnanya berbeda tergantung zone nadi kita, apakah terlalu tinggi, rendah atau dalam zone yang sesuai dengan profil kita🙂

Hanya ada sedikit yang mengganjel, bentuknya agak besar, lebih besar dari Suunto Quest…
images

Kesimpulannya, akhirnya saya cukup puas dengan pilihan saya Timex Health Touch Plus🙂

Demikianlah sharing singkat dari basil saya browsing dan surfing mencari gadget untuk monitor denyut nadi🙂

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

