Tekanan Darah Tinggi – 2

Menyambung posting sebelumnya….

Setelah keluar dari RS di Medan, saya merasa harus istirahat lagi (pas weekend), jadi ngga bisa jalan2 di kota Medan dan sekitarnya🙂

Istirahat 2 hari sudah cukup rasanya sehingga hari Senin berikutnya sudah bisa bekerja seperti semula.

Pulang dari Medan, saya juga bekerja seperti biasa. Tidak lupa saya kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam yang sudah menjadi langganan, dr.Bahdar Johan di RS Premier Bintaro…

Setelah konsultasi, kesimpulannya saya tetap harus minum obat tekanan darah tinggi setiap hari, Micardis 80mg, namun bila tekanannya agak drop atau terlalu rendah, maka tabletnya boleh dipotong menjadi lebih kecil setengahnya.

Menurut dokter ada beberapa hal yang dapat mengurangi tekanan darah, selain obat. Salah satunya adalah dengan pantang makan garam atau boleh garam hanya beberapa jumput saja sehari. Dengan diet garam ini tekanan bisa turun dengan skala 20, jadi kalau biasanya tekanan 140/80 bisa turun menjadi 120/80… lumayan kan. Tetapi ya harus sabar dengan makanan yang jadi terasa hambar.

Selain diet garam, bisa juga dengan rajin berolahraga, misalnya berenang selama 30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan olahraga yang teratur, terutama yang bersifat cardio/aerobik seperti berenang, sepeda, jogging dkk, maka tekanan bisa turun dengan skala 10…

Tapi saya rasanya tidak mampu melakukan diet garam dan olahraga rutin 2 hari sekali, jadi saya pilih minum obat saja deh🙂

(Bersambung)

Leave a Reply

