Kontrol Paska Operasi

6 hari paska operasi saya kontrol ke RS…

dapet jadwal janjian jam 11 siang, tapi dokternya baru dateng jam 12, wah kayaknya ada operasi nih, seperti saya minggu lalu operasinya baru selesai jam 12…

kontrol kali ini untuk melihat kondisi setelah operasi dan… cabut jahitan… saya udah pengalaman nih, kebayang deh rasa nyeri, dan ngilu…

bener aja, setelah berbaring, plester dicabut dan dokternya ambil gunting… cetik, cetik,… pak sedikit sakit ya… kata dokter, srisiiiit… haduh, ngilu juga deh😦

berikutnya ganti plester yang seminggu lagi bisa dicopot oleh pasien sendiri🙂

kalo bocor/basah tinggal dateng aja ke UGD… kata dokternya.

waktu kontrol saya ngobrol2 dengan dokternya, jadi tahu bahwa :

1. bahan plat logam dari cobalt chrome alloy

ini logam untuk benerin tulang agar bentuknya seperti semula, logam ini termasuk yang tidak membuat reaksi dari tubuh jadi bisa digunakan untuk implant akar gigi buatan dan plate untuk patah tulang… canggih juga ya…

yang mengejutkan, di Indonesia logam ini terkena pajak barang mewah, jadi harganya bisa kena 2x harganya di Singapore, waduh… jadinya biaya kesehatan di Indonesia secara keseluruhan akan menjadi mahal, tidak peduli siapa pun pasiennya.

ngobrol2 panjang lebar, banyak barang dan jasa medis yg tidak tax deductible, seperti biaya training dokter, obat dll.

2. ternyata ada tulang yang remuk

untuk nempelin tulang yang remuk tidak bisa pakai pen/pin seperti biasa, menggunakan teknologi canggih – lebih canggih dari K-wire katanya, makanya operasi kemaren cukup lama, sekitar 2,5 jam…

3. biomechanical dan biology

bedanya penanganan patah tulang secara medis dan alternatif menurut dokter saya antara lain : secara medis bekasnya tidak sakit lagi setelah 3 hari paska ops (ternyata terbukti🙂 ), fungsi dan biomekanik, pergerakan organ menjadi seperti semula…

selanjutnya saya mesti pake armsling sebulan, tapi tangan kanan boleh digunakan/digerakkan, tidur boleh dilepas, sejam sekali tangan digerak2an biar ngga kaku,

kemudian 3 minggu lagi foto rontgen dan kontrol

nah, pengalaman patah tulang ini banyak hikmahnya🙂

9 thoughts on “Kontrol Paska Operasi

  1. nenysetya

    Wah… Syukurlah… Pak anto dah kembali sehat, lain kali hati2 y pak… Ngeri juga baca cerita pak anto yg sekian kali berurusan dg meja operasi… Sehat terus y pak…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      iya, saya tidak menduga nya, rupanya saya harus lebih hati2, usia sudah tidak muda lagi untuk olahraga yang risiko tinggi🙂

      sekarang jadi ada tambahan lagi, jadi ada beberapa hiasan besar di tubuh saya 🙂🙂

      terima kasih mba Neny

      Reply
  2. Marcellina

    Adik saya pasca operasi orthopedi karna kesalahan saya pas kontrol bilang sudah 3 minggu operasi berjalan jahitan dilepas ternyta saya baru inget baru 3 minggu kira kira gpp gak ya

    Reply
  3. arie

    Wah pak, informasinya sangat membantu sekali. Har Rabu kemarin saya baru oerasi tulang selangka karena jatoh dr sepeda. Hari Selasa besok cek ke dokter lagi. Saya mau tanya, apakah pen nya dilepas? Karena kalau saya pen dilepas 6bln – setaun lagi. Saya pakai 6 baut dan ada kawatnya karna tulangnya remuk.

    Salam,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Berarti sama kasusnya dengan saya, jatuh dari sepeda dan patah tulang selangka🙂

      Menurut dokter saya pen nya bisa dilepas sekitar 1 tahun setelah operasi. Tetapi kalaupun tidak dilepas tidak masalah. Beberapa orang perlu dilepas pen nya karena bisa mengganggu, contoh nya pilot… Saya sendiri kadang terasa ada yang mengganjal kalau memakai seat bealt atau membawa tas ransel. Namun demikian sampai saat ini saya berencana untuk tidak melepasnya. Menurut dokter tidak apa2…

      Semoga lekas pulih dan bisa segera biking lagi🙂

      Salam sehat

      Reply
  4. SUVIIC7

    Pak saya mau nanya saya sudah sebulan paska operasi tulang selangka ,trus terlihat sedikit ada benjolan di tulang apa memang itu penampakan pen nya ya? Trus tangan masih berasa kebas dan kaku

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      bisa jadi, saya sendiri bisa merasakan dan melihat pen yang terpasang tersebut karena tidak ada daging yang menutupi, hanya lapisan kulit saja🙂

      agar tidak kebas dan kaku perlu dilakukan fisioterapi. saya menjalani selama sekitar 6 bulan. selama itu otot2 kita dilatih kembali biar tidak kaku…

      Reply

Leave a Reply

