Operasi Tulang Bahu

(klik untuk cerita sebelumnya)

Setelah mendapat jadwal untuk dioperasi hari Selasa pagi, saya diharuskan untuk puasa, mulainya malam2 jam 2, jadi kalau mau masih bisa makan jam 12-an🙂 Memang saya disarankan untuk makan lagi agak larut malam, biar tidak terlalu lapar paska operasinya. Untuk itu di kamar saya sudah ada persiapan roti untuk ganjel perut tengah malam…

Pagi2, setelah badan dibersihkan (dilap), suster mulai memasang selang infus di tangan yang sehat. Melalui infus ini nanti obat2an akan dimasukkan.

Selain dipasang infus, saya memakai baju operasi warna putih, seperti jubah dengan ikatan tali2 di bagian belakang. Selain baju operasi, saya juga pake topi operasi dari kain warna merah, iya warna merah karena ada alergi, sementara untuk pasien tanpa alergi maka topinya akan berwarna hijau.

Kemudian saya juga mendapat tes alergi untuk antibiotik karena saya memang punya alergi terhadap beberapa jenis obat. Cara melakukan tes alergi adalah dengan menyuntikkan obat di bawah lapisan kulit di tangan. Waduh, pedihnya… Apabila ada alergi maka bekas suntikan akan bereaksi (gatal/ada benjolan yang membesar). Alhamdulillah, saat itu saya tidak ada reaksi alergi terhadap antibiotik yang akan diberikan.

Oya, paska kecelakaan, tekanan darah saya tercatat tinggi, 150/90… menjelang operasi, sehari sebelumnya saya diberi obat penurun tekanan darah yaitu Captopril. Pada pagi hari sebelum operasi, tekanan darah turun dari 150/90 menjadi normal di angka 120/80, alhamdulillah.

Setelah semua siap, didoronglah saya di atas tempat tidur, untuk masuk ke kamar operasi pada jam 8 pagi.

Di ruang operasi rupanya kita harus nunggu dulu di suatu ruangan untuk parkir sementara. Di RS ini memang satu tempat operasi terdiri dari beberapa ruang/kamar operasi. Pagi itu ada juga pasien lain, seorang ibu yang sama2 menunggu dioperasi. Saya ditunggu oleh ibu dan isteri saya.

Jam 8.30 barulah saya masuk ke kamar operasinya, pengantar tidak boleh ikut masuk. Di dalamnya saya mendengar suara musik, mungkin biar proses operasinya tidak tegang dan tidak membosankan… saya juga melihat meja operasi yang ditutup kain berwarna hijau tua.

Tidak lama saya berbaring, mulai diberikan obat bius total melalui selang infus, rasanya seperti ngantuk, teler…🙂

mmm… tau2 serasa ada yang membangunkan dengan memanggil nama, wah masih teler nih, rasanya seperti susah bangun kalau ngantuk berat…

Rupanya saya ada di ruang pemulihan paska operasi. Setelah sedikit siuman, saya langsung di bawa untuk di rontgen guna melihat posisi tulang2 dan plate yang dipasang…

Setelah itu barulah kembali masuk ke kamar rawat… sewaktu masih belum siuman 100%, rasa mau pipis masih ada, untung masih ada isteri yang nungguin sekalian bantu pipis di pispot …

Rupanya baru bener2 bangun/siuman 100% sekutar jam 5 lah…

Belakangan saya tau, katanya proses operasi selama 2,5 jam karena prosesnya agak kompleks, ada bagian tulang yang remuk dan tidak bisa dipasang pen, tulang bahu nya patah jadi 4 bagian… tapi sekarang sudah disambung dengan menggunakan plate logam yang disekrupkan ke tulang😦

Yang saya rasakan hari itu sama sekali ngga sakit, setelah saya perhatikan ada tabung yang terus menerus ngirim cairan pain killer via infus…

karena tidak merasa sakit, saat makan malem ditawarin pain killer tetapi tidak saya minum…

nah, tengah malem jam 2 saya kebangun kesakitan… rupanya pengaruh obat nyeri/pain killer yang diberikan pas operasi sudah hilang/habis…

jadilah pagi2 saya minum pain killer.

dokter Andito yang operasi saya dateng jam 11 siang, boleh pulang katanya🙂

setelah dicabut infus saya siap2 pulang, eeee… ternyata ada gatel2 alergi pain killer, jadilah menunggu lagi sampai diganti obatnya

baru pulang sore2 lah🙂 alhamdulillah

sampai di rumah, bekas operasi masih terasa nyut2an sampe dengan hari Kamis (2 hari paska operasi) …

(bersambung…)

Leave a Reply

