Patah Tulang Selangka

Tulang Selangka = tulang bahu = tulang kerah

Setelah sempat libur selama 3 tahun dari Rumah Sakit, akhirnya saya harus masuk lagi…

Iya, sejak 2001 saampai 2010 saya langganan masuk RS, setiap tahun bisa masuk 2 kali atau lebih… sampai2 isteri saya bilang kalau RS adalah “rumah kedua”🙂 bahkan perawat2 di RS Bintaro juga sudah banyak yang kenal baik…

Di 2010, penyakit yang bikin mondar mandir ke RS akhirnya dioperasi, diangkat dan diterapi… lega rasanya tidak harus nginap di RS lagi

Eeee, ternyata di akhir Februari 2013 ini terpaksa harus nginep di RS, bahkan kembali masuk ruang operasi😦


Karena ingin sehat, saya suka bersepeda, khususnya MTB. Apalagi ada track khusus yang ngga terlalu jauh dari rumah. Penggemar sepeda pasti (dan wajib🙂 ) tahu : Jalur Pipa Gas alias JPG… Hobi MTB ini sudah saya lakoni sejak 2002-an. Bahkan kalo sepeda-an saya sudah mulai sejak 1984 dengan road bike untuk transportasi ke kampus pp.

Minggu 24 Februari 2013. Saya MTB-an bareng anak saya… Pagi2 saya sempat ragu karena hujan turun sejak malem minggu, bahkan jam 5-an hujan turun lagi cukup deres… Tapi akhirnya reda. Niat saya cukup kuat karena udah agak lama ngga sepeda-an, apalagi bareng anak saya…

Persiapan sudah lengkap, udah sarapan, helm, backpack, minuman, tools, plester/band-aid, pompa kecil, dll…

Jalan deh… Asik juga, ngga kerasa tau2 udah agak siang, udah 1,5 jam berlalu…

Pas lagi lewat jalanan dekat perkampungan di deket Permata Bintaro, jalanannya konblok dan batu2an, ada turunan terus di depannya ada belokan ke kiri, saya rem dong… sret, waaaa… ban nya slip, ngga sadar rasanya tau2 badan saya kelempar dan bruuk… kraaak, aaa, aduuuh, sakit bener sisi kanan badan saya… ngga bisa bangun saking sakitnya…

Orang2 berkerumun mau bantu mengangkat, tapi begitu dipegang, waaa… sakitnya…

Setelah agak lama baru mulai agak sadar, rusuk kanan bawah sakit bener… tapi ada yang nyeri banget di tulang bahu kanan deket leher… waduh nonjol bener, PAATAAH deh😦

ans7_broken_collarbone

Akhirnya ada yang bantu naik motor ke jalan raya. Saya sambil kesakitan dan anak saya nongkrong di pinggir jalan nunggu dijemput mobil dari rumah…

Pas nunggu jemputan banyak juga sesama biker/pesepeda yang dengan baik hati menawarkan bantuan/pertolongan.

Termasuk Mathias Muchus dan teman2nya🙂 bahkan dia sempat menunjukkan kalau pernah mengalami hal yang sama, patah tulang kerah tapi ngga dioperasi. Begitu juga dengan temannya yang pernah patah tulang kerah karena jatuh dari sepeda dan dioperasi.

Dari temannya ini saya dapet info, dia jatuh hari Minggu pagi (sama) dan dioperasi di RS Bintaro Selasa pagi, besoknya udah boleh pulang… dari dia saya dapet nama dokter ortopedi yang melakukan operasi dr.Andhito…

Hmmmm, udah mulai lega perasaan, yang tadinya agak khawatir… ternyata ngga sedikit biker yang mengalami patah tulang kerah, bisa pulih dan bisa sepedahan lagi🙂

(Bersambung…)

Leave a Reply

