Kondisi 2 thn Paska Ops.

Seharusnya saya posting tulisan ini pada bulan Juni/Juli 2012 segera setelah kontrol ulang, periksa darah dan CT Scan. Tapi harap maklum🙂 karena kesibukan pekerjaan maka baru sekarang bisa posting lagi …

Pada bulan Mei 2012, dua tahun paska operasi, saya kontrol rutin lagi dengan tes darah serta CT Scan.

Hasilnya, tes darah OK, parameter2 darah OK, hanya saja Hb nya rendah berkisar di atas 10 g/dl. Waktu hasil darah dibawa ke dokter onkologi, diminta untuk periksa darah ulang beberapa minggu kemudian, apabila Hb nya masih rendah perlu dilihat/diperiksa kembali. Waduh, saya ngga mau berpikir macem2 (padalah salah satu kemungkinannya adalah ada luka/pendarahan yang sangat kecil atau microbleeding).

Ya sudah, yang penting lanjut dengan periksa CT Scan. Seperti yang sudah2, ada ritual sebelum CT Scan (baca : proses CT Scan). Mulai dari puasa 8 jam sebelum CT Scan. Minum cairan kontras sebelum CT Scan. Untuk cairan kontras (Barium) sekarang saya sudah punya trick-nya, kalo bisa pilih cairan yang bening dan diberi sirup agar terasa manis. Kalau tidak dikasih sirup, rasanya wow… pahit. Sebenarnya ini bukan inisiatif saya tetapi karena dokter Radiologi yang minta agar Barium nya diganti dari yang kental seperti susu menjadi yang bening dan tidak kental. Udah deh, saya ngga mau bahas yang kental … eneg banget🙂

Lanjut dengan CT Scan pertama…

Ritual selanjutnya adalah disuntik cairan kontras untuk CT Scan kedua… Lanjut dengan CT Scan kedua…

Selesai sudah… Hasilnya ? dapat diambil beberapa hari kemudian, karena dokter radiologi harus membaca hasilnya dengan teliti.

Kembali lagi, rasanya deg2an sebelum membaca hasilnya. Hasilnya ada dalam laporan sebanyak 1 halaman. Saya langsung baca kesimpulannya “Tampak kondisi post op. tumor gaster + rekontruksi dengan gaster risdual yang normal, terutama tak terlihat adalah SOL yang mencurigakan residif tumor didaerah gaster/paragastral dan abdomen atas, selain itu organ2 abdomen dan pelvis lainnya tidak menunjukkan kelainan lebih lanjut, terutama tak terlihat adanya metastasis di hepar, limfadenopati atau asciter. Dibandingkan dengan CT lama dari tanggal 21/11/2011 tak terlihat perubahan signifikan.

Alhamdulillah…

Berdasarkan hasil tersebut, saya diminta untuk CT Scan, kontrol ulang satu tahun mendatang🙂 Untuk hasil darah, walaupun saya diminta datang lagi setelah periksa darah ulang, saya ngga mau… takut juga sih🙂 soalnya hasilnya menunjukkan Hb yang tetap rendah …

Dalam hati saya berniat untuk meningkatkan Hb antara lain dengan makanan yang sehat, mengandung banyak zat besi seperti ati ayam/sapi, ikan, dagin sapi dll… Saya ingat kata dokter, dengan kondisi saya seperti ini, perlu makanan bergizi karena kemampuan penyerapan/pencernaan yang sudah tidak sempurna.

Demikianlah cerita 2 tahun kondisi paska operasi🙂

4 thoughts on “Kondisi 2 thn Paska Ops.

  1. nenysetya

    Alhamdulillah… Kondisi pak anto baik, saya ikut lega membacanya. Dlu hasil dr PA menunjukkan stadium brp pak? Om saya sekarang muncul benjolan di leher bawah telinga apa artinya sdh menyebar ke kelenjar getah bening ya pak? Sedih saya… Dgn membaca pengalaman pak anto saya berharap om saya jga mendapatkan kesembuhan yg menggembirakan. Semoga ikhtiar dan doa kami bsa mendapatkan hasil yg optimal. Smoga pak anto slalu diberi kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Allah. Amiin…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Terima kasih, semoga mba Neny sekeluarga juga senantiasa diberikan kesehatan yang baik.
      Untuk GIST memang tidak umum disebutkan stadiumnya, namun kalau saya analisa sendiri maka saya memiliki risiko yang Tinggi sebagaimana dijabarkan dalam metoda pada posting terdahulu (klik : Stadium Kanker GIST).
      Yang umum adalah metoda TNM :
      “T”umor size/ukuran tumor,
      lymph “N”odes/kelenjar getah bening dan
      “M”etastase/penyebaran.
      Walaupun sudah stadium lanjut (angka TNM tinggi) tetap saja banyak cerita dari pasien kanker yang bisa sembuh. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Selalu ada harapan dengan diiringi ikhtiar dan doa.
      Semoga om-nya bisa mendapatkan kesehatan yang baik.
      Salam

      Reply

Leave a Reply

