Hari 6 Ramadhan 2011

Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan kedua dengan kondisi pasca operasi Laparatomy/Gastrectomy. Ramadhan tahun lalu saya hanya bisa berpuasa sekitar 1/3 bulan, itu pun sudah best effort bahkan sampai akhirnya kena melena/pendarahan. Dengan kondisi tersebut saya tidak bisa melanjutkan puasa di tahun 2010 sehingga untuk pertama kalinya saya membayar fidyah.

Bagaimana dengan tahun ini?

beberapa hari sebelum Ramadhan saya konsultasi dengan dokter onkologi. Menurut beliau jangan dipaksakan. Karena beliau orang Jawa yang cukup halus, saya tidak dilarang untuk berpuasa tetapi juga tidak mengatakan saya sudah normal (memang sih, jeroannya kan sudah berubah :(), bahasanya kurang lebih seperti ini “karena bapak sudah membaik kondisinya, maka tidak fair kalau tidak boleh puasa, dicoba saja dulu, ikut sahur dan kalau tidak kuat bisa buka puasa pas waktu zhuhur, namanya puasa bedug :)”.

Dengan melihat pengalaman tahun yang lalu serta informasi dari dokter, mulai hari pertama saya selalu ikut sahur namun membawa bekal makanan dari rumah untuk berjaga2 kalau buka puasa di kantor. Hari pertama saya ada dinas ke luar kantor, rasanya tidak kuat, tengah hari sebelum jam 12 siang kepala sudah mulai pening dan ada sinyal2 tertentu dari perut. Hari kedua, saya tidak pergi ke luar kantor sehingga bisa ikut shalat zhuhur berjamaah di mesjid kantor. Alhamdulillah hari kedua saya bisa bertahan, bahkan setelah shalat berjamaah saya merasa tambah semangat. Dua hari berikutnya saya tidak kuat lagi bahkan sempat perut terasa “mulai mengamuk”. Hari kelima, Jumat kemarin, alhamdulillah bisa puasa penuh lagi, padahal saya pulang menggunakan kendaraan umum, KRL, kereta yang isinya penuh dan padat (plus bumbu2 aroma khas :().

Sampai saat ini saya masih belum tahu, kapan saya kuat dan tidak kuat, namun berdasarkan pengalaman 5 hari ini, kalau saya hanya bekerja di kantor (tidak dinas ke luar kantor) saya bisa penuh puasanya…🙂 tapi saya juga tidak akan memaksakan, kali ini saya tidak akan mengambil risiko seperti tahun lalu.

Harapan saya, walaupun tidak bisa penuh puasanya, saya bisa berbuat kebaikan2 yang bermanfaat…

4 thoughts on “Hari 6 Ramadhan 2011

  1. ocekojiro

    Jika dipaksakan… sy pun bisa berpuasa hingga beberapa hari berturut turut. Namun… namanya juga pemaksaan, harus ada yg teraniaya yaitu tubuh saya sendiri dan dampaknya bukan hanya saya yg merasakan tetapi seluruh keluarga…

    Sepertinya kita sepakat… masih banyak amalan lain yg dapat kita isi pada romadhon kali ini.

    Wassalam.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      🙂

      Betul pak, saya sudah 2 bulanan ini sibuk pekerjaan kantor, keluar kota terus…

      Nanti kalau kesibukan sudah berkurang saya pasti akan tulis lagi mengenai kesehatan.

      Apalagi ternyata saya kena darah tinggi dan aritmia, mungkin karena kecapekan.

      Reply

Leave a Reply

