CT Scan 1 tahun pasca ops.

Tanggal 26 Juli 2011. Saya dijadwalkan kontrol ulang, CT Scan Abdomen, X-ray Thorax dan pemeriksaan darah. Kali ini adalah kontrol CT Scan yang ke 4 setelah operasi, setahun pasca operasi (posting terkait : laparatomy, gastrectomy).

Walaupun sudah berulang kali, setiap saya kontrol rutin hati agak deg2an juga, terutama deg2an melihat hasilnya akan seperti apa. Ketika berada di rumah sakit, di poli radiologi (tempat CT Scan), jadi ter-ngiang2, teringat kembali ketika dulu didiagnosa-dioperasi dan lama dirawat. Kemudian ketika proses CT Scan akan dimulai, sudah terbayang rutinitasnya : minum cairan barium, disuntik cairan kontras dll. (lihat posting tentang CT Scan). Selain itu, untuk pemeriksaan darah, lengan kita pasti akan ditusuk jarum suntik. Khusus mengenai jarum suntik, pembuluh darah saya termasuk kecil (walaupun sudah olahraga) sehingga biasanya perawat menggunakan “jarum bayi” yang diameternya kecil banget.

Sebagai persiapan menghadapi hal2 di atas, biasanya saya sengaja mengambil cuti, ijin 1 hari tidak masuk kantor untuk persiapan fisik dan mental. Keseluruhan proses pemeriksaan tadi bisa menghabiskan waktu setengah hari, belum termasuk kontrol/konsultasi dengan dokter onkologi serta persiapan puasa minimal 6 jam sebelum CT Scan.

Pemeriksaan kali ini perlu mendapat catatan khusus, kenapa? ya, kali ini adalah pemeriksaan setelah 1 tahun saya dioperasi, setelah jaringan yang diambil diketahui positif GIST dan 6 bulan setelah obat Glivec dihentikan. Selain itu, ada yang baru dalam proses CT Scan, cairan Barium kali ini seperti sirup Marjan🙂 Bener lho, waktu ahli CT Scan (kang Ajat) bilang silahkan diminum sirup Marjan-nya, saya pikir cuma bercanda. Ternyata cairan merah bening yang saya minum adalah cairan Barium. Rupanya dokter radiologi (dr.Ajie SpRad) sekarang meminta agar cairan Barium diganti dari sebelumnya (dulu seperti susu rasa jeruk tapi rasanya bisa bikin mual), diganti menjadi cairan bening yang bisa dicampur dengan sirup Marjan (beneran lho sirupnya… walaupun masih menyisakan rasa2 pahit). Menurut dokter cairan ini memberikan hasil penglihatan yang lebih jelas (wah, terima kasih banyak dok!). Perbaikan lainnya adalah saya tidak perlu ditusuk jarum 2 kali. Sebelum disuntik cairan kontras, kang Ajat sekalian mengambil sampel darah untuk pemeriksaan darah. Memang seharusnya setiap proses dalam pemeriksaan kesehatan perlu terus diperbaiki sehingga dapat memberikan hasil yang baik dan rasa nyaman bagi para pasien (syukur bisa dengan penurunan biaya).

Setelah saya masuk di ruang CT Scan ada satu hal yang saya perhatikan, ternyata mesin CT Scan yang digunakan buatan GE (lihat posting healthymagination) :):):)

Hasil pemeriksaan kali ini :

Radiologi
Hasilnya menunjukkan tidak ada kekambuhan sel2 kanker GIST. Organ2 tubuh terlihat normal dan ada bekas operasi (alias lambung dan saluran pencernaan yang sudah tidak kelihatan seperti manusia normal karena sudah dipotong2 dan di-bypass – lihat posting tentang bypass saluran cerna). Menurut dokter onkologi saya (Dr.dr.Noorwati Sutandyo SpPD KHOM), kalau kontrol CT Scan 3 bulan berikut hasilnya juga bagus maka frekuensi pemeriksaan menjadi 6 bulan sekali…

Darah
Rupanya kondisi saya memang belum 100% normal kembali. Walaupun sudah tidak minum Glivec, Hb dan Leukosit masih tetap rendah. Ini tentunya terkait dengan kondisi lambung (dengan pylorus) yang sudah dipotong/diangkat sehingga penyerapan zat besi menjadi berkurang (lihat posting terkait).

Tapi saya tetap bersyukur karena walaupun kategorinya Low/Rendah, tapi tidak rendah2 amat.

Alhamdulillah.

Dengan kondisi yang sudah jauh membaik ini saya semakin sadar bahwa saya mendapat kesempatan dan ini harus dijaga dengan pola hidup yang baik dan sehat, tidak boleh kecapekan, apalagi stress, makanan harus yang baik (waspadai makanan/minuman yang jelas2 kurang baik : softdrink, makanan berkadar lemak tinggi, dkk.) serta cukup olahraga dan cukup istirahat.

2 thoughts on “CT Scan 1 tahun pasca ops.

Leave a Reply

