Healthymagination

Sejak sekitar tahun 2001, saya banyak bergaul dan berhubungan dengan dunia medis sebagai pasien. Banyak kenangan dan informasi yang sudah saya temui dan dapatkan, terutama sejak tahun 2010. Kemarin (18 Juli 2011) saya mendapat pengalaman baru lagi. Saya (sebagai salah satu blogger kesehatan) mendapat undangan dari GE Healthcare untuk turut dalam diskusi dengan David Utama, President & CEO GE Healthcare ASEAN yang akan membagi pemikiran, komitmen dan harapan GE dalam meningkatkan kesehatan berkelanjutan melalui healthymagination.

Diskusi tersebut dihadiri sekitar 10 orang blogger serta pengelola blog kesehatan yang berada di Jabodetabek. Sebagian besar adalah dokter dan saya termasuk undangan yang bukan dokter, selain saya ada lagi 2 orang pengelola blog yang ahli IT.

Dari pertemuan dimaksud saya baru tahu bahwa ternyata GE juga memiliki kegiatan yang tidak kecil dalam dunia kesehatan. GE tidak hanya bergerak di bidang Electricity ataupun alat2 berat yang terkait Engineering saja. Maklum, orang2 yang saya kenal di GE banyak memiliki latar belakang teknik. Saya juga baru tahu bahwa alat CT Scan atau MRI yang selama ini sering digunakan melihat organ2 di dalam perut saya (CT Scan Abdomen) ada juga yang dibuat oleh GE. Bahkan alat PET Scan yang pertama ada di Indonesia (lihat artikel saya : Pemeriksaan CT Scan) juga buatan GE.

Namun, bagi para pasien seperti saya harapannya adalah hasil pencitraan (baik itu dari CT Scan, MRI, USG, EKG dll.) yang kualitasnya baik, akurat dan handal tetapi tidak memberatkan dari sisi biaya. Akan sangat disayangkan apabila teknologi yang canggih hanya dapat dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat saja (orang2 dengan tingkat ekonomi yang baik ataupun yang dicover oleh asuransi kesehatan).

Rupanya harapan tersebut dicoba untuk dipenuhi oleh GE Healthcare dengan memperkenalkan beberapa inisiatif. Diantaranya adalah alat2 kesehatan (EKG, USG) yang ringkas (portable) sehingga dapat digunakan untuk daerah2 terpencil dan pedesaan yang jauh dari akses kepada pusat2 kesehatan/Rumah Sakit ataupun digunakan untuk kebutuhan2 darurat. Pengenalan alat2 tersebut rencananya akan dilakukan launching pada 19 Juli 2011 (keesokan harinya), namun saya tidak bisa hadir (maklum masih jadi pegawai :)).

Saya jadi ingat dengan salah satu kenalan yang juga menderita GIST yang tinggal di daerah Serang, Banten. Untuk melakukan pemeriksaan CT Scan beliau harus jauh2 datang ke RSCM, Jakarta yang membutuhkan biaya transportasi dan waktu yang tidak sedikit untuk tingkat sosial-ekonomi beliau. Tetapi ketika saya tanyakan, untuk alat CT Scan ini memang belum ada yang portable🙂. Mudah2an untuk ke depan akan ada lagi terobosan teknologi sehingga pemeriksaan kesehatan yang canggih bisa dilakukan di segala penjuru Indonesia.

Oya, mengenai pendanaan pengadaan alat2 kesehatan tersebut, GE Healthcare bekerja sama dengan BNI sebagai bank penyedia funding nya. Mudah2an biayanya juga tidak terlalu tinggi sehingga pelayanan pemeriksaan kesehatan tersebut akan dapat lebih menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Selain alat2 kesehatan dan pendanaan, GE juga memiliki sumber informasi kesehatan yang dikemas dalam bentuk blog (healthymagination) yang cukup menarik dan informatif. Blog tersebut juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi kesehatan yang bisa kita download. Sebagai catatan, blog tersebut memang ditujukan untuk masyarakat global sehingga disampaikan dalam bahasa Inggris yang mungkin tidak dapat menjangka masyarakat Indonesia pada umumnya…

Selain tambahan informasi dan wawasan, dari pertemuan malam itu saya juga mendapat hikmah : walaupun kapabilitas kita terbatas, bila kita punya niat untuk berbagi (sharing) maka kita akan mendapatkan banyak kebaikan, informasi2 baru, teman2 baru, serta pengalaman2 baru…

Salam sehat

Leave a Reply

