Diare

Hari Rabu ini saya tidak masuk kantor. Sebenarnya sejak hari Selasa malam, perut rasanya sudah tidak enak. Setelah makan malam kemarin perut kembung, terasa mual, bahkan sampai muntah2. Selanjutnya, buang2 air (Diare) beberapa kali, bahkan Rabu dini hari sampai terbangun karena mau buang air.

Saking seringnya buang air, tubuh terasa lemas sehingga saya memutuskan untuk tidak masuk kantor.

Alhamdulillah Rabu malam ini diare sudah berhenti. Walaupun demikian saya masih makan bubur.

Sebenarnya apa itu diare?

Diarrhea (dari bahasa Yunani, διάρροια berarti “mengalir”), adalah kondisi dimana buang air besar lebih dari 3 kali sehari dalam bentuk cair (menurut World Health Organization – WHO).

Diare merupakan salah satu penyebab kematian utama di negara berkembang dan juga termasuk penyebab kematian nomer dua bagi anak2 di seluruh dunia. Kehilangan cairan karena diare dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Beberapa penyebab diare

Diare umumnya disebabkan oleh virus (40% kasus pada anak2 di bawah 5 tahun) sementara pada wisatawan yang sedang bepergian biasanya karena bakteri. Beberapa jenis racun seperti yang berasal dari jamur dan keracunan obat2an juga dapat menimbulkan diare.

Diare juga bisa terjadi karena ada infeksi bakteri, misalnya bacterium Campylobacter, Salmonellae, Shigellae dan E.coli.

Diare kronis bisa jadi karena adanya permasalahan pencernaan. Seperti malabsorption atau ketidakmampuan untuk menyerap makanan misal karena gangguan di pencernaan, atau gangguan pankreas.

Contohnya adalah alergi dan tidak cocok terhadap beberapa jenis makanan, misal. gluten intolerance, lactose intolerance (tidak cocok minum susu).

Hal lainnya yang mungkin adalah gangguan pankreas seperti pernicious anemia (tidak sempurna pencernaan karena ketidakmampuan menyerap vitamin B12 a.l. terjadi dalam kasus paska pengangkatan piloris atau bagian bawah lambung), kekurangan cairan pankreas (cystic fibrosis atau pancreatitis).

Bisa juga diare terjadi karena kondisi paska pengangkatan/pemotongan usus, paska radiasi atau kemoterapi (terapi kanker) serta pengaruh obat2 tertentu.

Satu lagi, kalau teman2 di kantor sedang stress, banyak kerjaan atau ada masalah, ada saja yang kena diare, bahkan ada yang sampai masuk RS.

Pengobatan Diare

Obat Antibiotik dapat digunakan untuk beberapa jenis diare (tentunya harus dengan resep dokter, biasanya kalau ada infeksi, badan sudah demam).

Cairan Bismuth (Pepto-Bismol, populer di Amerika) dapat menurunkan frekwensi buang air.

Obat anti motility yang berfungsi mengurangi kecepatan motilitas atau pergerakan peristaltik usus yang membuat kita buang air.

Terapi alternatif juga ada, misalnya dengan minum teh manis yang kental dan panas/hangat. Ini resep orang Jawa jaman dulu yang juga disarankan oleh dokter umum keluarga saya. Menurut beliau, teh yang kental akan mengikat zat makanan sehingga buang air tidak lagi cair. Sementara itu gula yang manis akan memberikan tenaga, mengganti sebagian elektrolit yang terbuat. Kemudian air yang panas akan membuang gas yang mengakibatkan perut kembung. Rupanya orang2 Jawa jaman dahulu sudah punya resep istimewa🙂.

Selain itu, biasanya saya diberi oleh dokter Biodiar yang fungsinya kurang lebih seperti Norit, bisa menyerap racun dan memadatkan faeces (BAB-buang air besar). Setelah diberi obat, biasanya dokter juga memberi saya suplemen penambah daya tahan tubuh seperti Imunos atau Imboost.

Kesimpulan

Kalau saya pikir2, saya mungkin diare karena makanan. Hari Selasa siang saya makan sop ikan di tempat langganan. Biasanya kita memesan ikan kakap yang segar, tetapi hari itu ikan kakap sudah habis dan yang tersisa adalah ikan kuwe. Waktu makan ikan kuwe terasa kurang segar… Selain itu, tampaknya daya tahan tubuh juga sedang turun (lihat tulisan sebelumnya tentang daya tahan tubuh).

Kesimpulannya, saya harus tetap menjaga daya tahan tubuh dengan tidur/istirahat yang cukup, kerja jangan terlalu larut/berat, pikiran yang tidak stress, hati lapang dan bahagia. Satu lagi, jangan lupa makan yang sehat dan bersih (kalau perlu bekal makanan, tidak usah jajan).

One thought on “Diare

  1. Maxgrosir

    benar sekali gan itu adalah penyebab utama angka kematian di negara berkembang, dengan adanya postingan ini kita diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan kita terutama dalam pola makan kita sehari-hari!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s