Ulang Tahun Pertama

Tanggal 17 Mei adalah hari yang bersejarah bagi saya.

Hari ini saya akan flash-back sedikit, untuk mensyukuri bahwa sampai saat ini saya masih diberi kesempatan… dan saya bisa merasakan betapa tak terhingga limpahan karunia-Nya…

Proses Operasi


Tepat satu tahun yang lalu saya menjalani operasi Laparatomy. Jadi teringat waktu itu, pagi2 dibawa dari kamar rawat-inap ke ruang operasi menggunakan kursi roda… Sampai di depan ruang operasi yang besar, saya bersalaman dengan isteri dan keluarga. Iya, waktu itu saya sudah pasrah dengan apa yang akan terjadi, karena kondisi yang saya alami, tumor di dalam rongga perut (abdomen) yang sudah terlihat besar, pendarahan yang sempat tidak berhenti selama berminggu2, dan informasi dari dokter bahwa operasi ini adalah operasi besar yang dapat berakibat terganggunya beberapa fungsi organ penting… bahkan kemungkinan paling buruk adalah tidak berfungsinya sebagian organ… waktu itu saya sudah pasrah…

Saya berjalan masuk ruang operasi yang rasanya sangat dingin dan menunggu sambil berbaring di tempat tidur dalam salah satu ruang yang disekat tirai kain.

Ruang operasi RS Pd.Indah (RSPI) berada di lantai 2, menurut informasi, ada 5 kamar operasi di lantai 2. Saya melihat paling tidak ada 3 kamar operasi di dalam ruangan operasi yang sangat besar….

Saya merasa agak nyaman karena sudah mengetahui kondisi di dalam ruang operasi. Sehari sebelumnya saya sudah masuk ke ruangan operasi untuk operasi kecil pemasangan Central Venous Catheter (CVC atau di sini sering disebut juga CVP). Berbeda dengan pemasangan infus biasa, di sini jarumnya lebih besar dan langsung dimasukkan ke pembuluh darah besar ke jantung … Pemasangan CVP dilakukan karena pembuluh darah saya sudah tidak bisa lagi dipasang jarum infus…

Beginilah rupanya gambar pemasangan CVP :

Tidak seperti jarum infus yang harus berganti tempat setelah beberapa hari, CVP dapat bertahan sampai beberapa minggu tidak diganti (kalau tidak salah sampai 3 bulan).

Kembali ke proses operasi, setelah memakai baju operasi dan peralatan operasi disiapkan, saya dibawa ke ruang operasi. Sambil melirik saya dapat melihat ada proses operasi yang sedang berjalan di 2 kamar operasi lainnya…

Saya dibaringkan di meja operasi dengan lampu besar di atasnya.

Kemudian dokter anastesi memberikan obat bius (saya lupa apa disuntik atau melalui CVP) sampai saya tidak sadar…

Operasi dimulai jam 8 pagi…

Diagnosa GIST

Masih dalam bulan Mei 2010, pasca operasi, setelah mulai pulih, beberapa hari kemudian dokter menyampaikan hasil analisa patologis (PA) yang cukup mengejutkan… positif CD-117 alias kanker GIST (gastrointestinal stromal tumor).

Selanjutnya, kehidupan saya mulai berubah… (dan ceritanya sudah saya muat dalam tulisan2 di blog ini :))…

Jadi, sudah setahun juga blog ini di-isi dengan berbagai tulisan.

Kondisi terakhir

Selama 8-bulan setelah operasi, saya diberi terapi target dengan Glivec. Dan sejak Februari 2011 terapi sudah dihentikan mengingat hasil CT Scan (beberapa kali) yang menunjukkan tidak adanya penyebaran maupun gejala kekambuhan selama terapi dengan Glivec.

Setelah selesai terapi target, 3 bulan kemudian (akhir April 2011) kembali saya menjalani CT Scan. Itu adalah pemeriksaan CT Scan pertama setelah berhenti dari Glivec. Karena merupakan pemeriksaan pertama, sambil menunggu hasil perasaannya harap2 cemas (H2C :))… sampai2 saya minta isteri saya yang membaca hasil dari dokter radiologi…

Alhamdulillah, rupanya hasilnya tetap menunjukkan tidak adanya penyebaran maupun gejala kekambuhan…

Dan untuk mensyukuri kesempatan yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa, saya berupaya menjaga kesehatan antara lain dengan olahraga, menjalani hobi bersepeda…

Leave a Reply

