Kanker Pankreas

Masih terkait dengan Pankreas…

Fakta-fakta Kanker Pankreas

Kanker pankreas termasuk urutan ke-4 penyebab kematian karena kanker (data Amerika Serikat, JHU).

  1. Termasuk jenis kanker yang mematikan.
  2. Tahun 2010, terdapat 38,000 orang America didiagnosa kanker pankreas dan 34,000 diantaranya akan meninggal.
  3. Walaupun tingkat kematian tinggi, pemerintah Amerika Serikat menyediakan dana dalam jumlah kecil untuk penelitian.
  4. Dapat ditangani bila diketahui secara dini, dalam banyak kasus diagnosa dilakukan tapi sudah terlambat, termasuk sulit didiagnosa.
  5. Penderita yang dapat bertahan sd 5 tahun berkisar 40% jika tumor telah diangkat ketika masih kecil dan belum menyebar ke jaringan getah bening.
  6. Tidak ada screening test yang dapat diandalkan (reliable) untuk deteksi dini kanker pankreas.
  7. Gejalanya sering tidak jelas dan dapat serupa dengan penyakit lain.

Faktor Risiko Kanker Pankreas

Risiko tinggi bagi orang2 yang:

  1. Memiliki 2 keluarga atau lebih menderita kanker pankreas.
  2. Perokok
  3. Keturunan Yahudi Ashkenazi
  4. Memiliki mutasi genetik BRCA2, p16, STK11 atau pankreatitis kronis
  5. Usia di atas 50

Inspirasi dari Kanker Pankreas

Walaupun kanker pankreas termasuk jenis yang sangat mengkhawatirkan, namun terdapat beberapa orang penderita (terkenal) yang dapat menjadi inspirasi bagi para penderita lainnya…

  1. Steve Jobs

    Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Steven Paul Jobs (lahir February 24, 1955) adalah seorang inventor, co-founder dan chief executive officer (CEO) dari Apple, suatu perusahaan yang menjadi salah satu jagoannya produk/brand dari Amerika, yang memproduksi komputer2 Macintosh (Mac), handphone Iphone, kemudian gadget2 seperti Ipad dan Ipod.

    Dia juga pernah menjadi chief executive Pixar Animation Studios (ingat film2 animasi seperti Toy Story); manajemen The Walt Disney Company.

    Pada 2004, Jobs mengumumkan kepada karyawannya bahwa dia didiagnosa menderita kanker pankreas. Pada bulan Juli 2004 menjalani operasi pancreaticoduodenectomy (“Whipple procedure”) yang tampaknya berhasil mengangkat jaringan tumor, dia tidak memerlukan ataupun menerima chemotherapy ataupun radiation therapy.

    Selanjutnya, dalam suatu konferensi di tahun 2008, dia terlihat sangat kurus.

    Pada January 14, 2009, Jobs menulis di memorandum internal Apple, bahwa masalah kesehatannya ternyata lebih kompleks dari yang diperkirakannya dan mengumumkan cuti selama 6 bulan.

    Pada April 2009, Jobs menjalani transplantasi hati/liver di Methodist University Hospital Transplant Institute, Memphis, Tennessee.

    Pada January 17, 2011, 1,5 tahun setelah transplantasi hati, kembali menyatakan cuti karena ingin lebih fokus kepada kesehatannya…

    Yang bisa menjadi inspirasi antara lain terlihat dari orangnya yang tetap produktif walaupun sudah didiagnosa kanker pankreas dan sudah menjalani transplantasi hati. Pada saat2 itu bahkan perusahaannya mengeluarkan produk2 yang fenomenal seperti Iphone dan Ipad…

  2. Randy Pausch

    Mungkin tidak banyak yang mengenalnya… Randolph Frederick “Randy” Pausch (October 23, 1960 – July 25, 2008) adalah WN Amerika Serikat, professor di bidang computer science and human-computer interaction and design di Carnegie Mellon University (CMU) Pittsburgh, Pennsylvania.

    Pausch mengetahui bahwa dia menderita kanker pankreas pada September 2006, dan pada Agustus 2007 mendapat diagnosis: “hanya 3 sampai 6 bulan yang tersisa dalam keadaan kesehatan yang baik“. Dia kemudian memberikan kuliah yang terkenal “The Last Lecture: Really Achieving Your Childhood Dreams” pada September 18, 2007 di Carnegie Mellon, dan mendapat popularitas yang baik melalui YouTube serta media lainnya. Dia juga menulis buku The Last Lecture, yang menjadi New York Times best-seller.

    Pausch meninggal karena komplikasi kanker pankreas pada July 25, 2008.

    Sebelumnya dia telah menjalani Whipple procedure (pancreaticoduodenectomy) pada September 19, 2006.

    Pada May 2, 2008, hasil positron emission tomography (PET) scan menunjukkan bahwa terdapat penyebaran2 dengan ukuran tumor yang sangat kecil (5 millimetres (0.20 in) atau kurang) di paru2 dan jaringan kelenjar getah bening di daerah dada, juga di daerah perut (peritoneal dan retroperitoneal cavities). Pada bulan Juni, 2008, Pausch mempertimbangkan untuk berhenti chemotherapy karena efek sampingnya yang tidak baik. Dia mempertimbangkan untuk immuno-therapy-based. Pada Juli 24, seorang teman, mewakili Pausch, menyatakan bahwa biopsy mengindikasikan bahwa kankernya telah berkembang melebihi apa yang diperkirakan sebelumnya. Dikatakan pula bahwa dia menjalani hospice program untuk perawatan palliative. Dia akhirnya meninggal di rumah keluarga pada bulan Juli 2008

  3. Patrick Swayze

    Dia adalah bintang film terkenal, mungkin banyak yang masih ingat dengan film Dirty Dancing, Ghost, Point Break

    Didiagnosa kanker pankreas Stage IV pada January 2008, dan menjalani chemotherapy serta obat experimental Vatalanib yang memotong pasokan darah ke tumor, di Stanford University Medical Center.

    Pada bulan Maret, 2008, artikel di Reuters melaporkan Swayze “tampak memiliki respon yang baik terhadap pengobatannya.”

    Pada bulan Mei 2008, diberitakan pada beberapa tabloid bahwa Swayze menjalani operasi untuk mengangkat sebagian lambungnya karena penyebaran kanker.

    Swayze muncul di jaringan TV ABC, NBC, dan CBS turut menyiarkan Stand Up to Cancer pada September 2008. Dia mengatakan “I dream that the word ‘cure’ will no longer be followed by the words ‘it’s impossible’. Together, we can make a world where cancer no longer means living with fear, without hope, or worse“.

    Swayze mengakui bahwa dia juga menggunakan ramuan Cina, tapi tidak banyak.

    Pada January 9, 2009, Swayze masuk rumah sakit karena pneumonia. Dikatakan bahwa pneumonia tersebut akibat komplikasi dari chemotherapy. Pada April 19, 2009, dokter menginformasikan bahwa kankernya telah menyebar ke hati.

    Swayze menyatakan bahwa merokok barangkali ada hubungannya dengan penyakit yang dideritanya.

    Swayze meninggal dengan keluarga berada disisinya pada September 14, 2009, 20 bulan setelah diagnosa awal.

Dari berapa cerita di atas, saya memaknai, walaupun telah didiagnosa suatu penyakit yang sangat mengkhawatirkan, manusia bisa tetap berkontribusi… sehingga dapat memaknai hidup dengan lebih baik.

7 thoughts on “Kanker Pankreas

  1. diah

    Ayah saya baru saja wafat setelah didiagnose menderita kanker 3 bulan yl dlm usia 78 th. Tidak ada tanda tanda yang mencurigakan sebelumnya. Alm adalah orang yg menjalankan pola hidup sehat. Usia 75 tahun mampu mendaki hingga k puncak gunung gede. 4 bulan sebelumnya alm masih mampu menyetir kendaraan. Kanker pankreas memang sangat ganas dan mematikan tanpa ada gejala sebelumnya yang terlihat

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Betul mba Diah, umumnya kanker pankreas baru diketahui setelah stadium lanjut. Dokter saya juga bilang sampai sekarang tidak bisa diketahui penyebab pasti dari suatu kanker. Kita hanya bisa berusaha pola hidup sehat, namun hanya Tuhan Yang Maha Kuasa (dan juga Maha Menyembuhkan).

      Reply
  2. rona batti

    tgl 20 mei 2011 mama sy jg meninggal krn penyakit ini, bln desember 2009 mama didiagnosa kanker pankreas dan hrs operasi bypass utk pengangkatan empedu krn seluruh badannya menguning, ini disebabkan saluran empedu telah diblok oleh tumor, stlh operasi bln januari 2010 kondisi mama semakin kuat walaupun mama dianjurkan dokter utk kemo tp mama menolak, mama memilih utk mengkonsumsi herbal, sementara berjln waktu kondisi mama lumayan ada peningkatan, selera makan yg sangat bagus, aktivitas layaknya org sehat biasa, dan msh byk hal2 lain yg dpt mama lakukan walaupun tumor di pankreasnya msh bersarang dan ukuran tumorpun semakin besar hanya butuh waktu 3 bln ukuran tumor yg tadinya 5,6cm menjadi 9,8 cm, tapi kata dokter sehrsnya perkembangan dan penyebaran tumor hrs lbh cpt dr ini krn semua kanker pankreas jenisnya adalah sangat ganas dimana perkembangannya lbh cpt dr yg kita duga, tp Puji Tuhan mama walaupun penderita kanker ganas tp mama tdk terbaring di tempat tidur spt biasanya penderita kanker stadium lanjut umumnya, mama ttp beraktivitas biasa bahkan jalan2 ke jawa berkali2, samapi bln apil 2011 perut mama membesar dan diputuskan utk dilakukan penyedotan, penyedotan pertama inilah yg membuta cairan dlm perut mama merembes sampai ke kaki sehingga mama tdk bs lg berjln krn kakinya sangat bengkak bahkan cairan merembes sampai ke paru dan jantung dan mama sesak napas dan akhirnya tgl 20 mei 2011 jam 5.12 pagi waktu makassar mama dipanggil Tuhan

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      maaf baru reply karena kesibukan kantor…

      semoga ibunda tercinta mendapat tempat terbaik di sisi Nya.

      memang kondisi penderita sangat bervariasi, sebagian besar kualitas hidupnya menurun (lemat, merasa sakit, tidak bisa beraktivitas normal) namun sebagian ada juga yang kualitas hidupnya tetap sehingga bisa menjalankan kegiatan sehari2 seperti biasa.

      terima kasih banyak atas sharing-nya

      Reply
    2. salwa

      Malam mbak Rona.. Ibu saya juga mengidap kanker pankreas, 3 minggu yang lalu beliau menjalani operasi bypass.. saya ingin menanyakan, apa nama obat herbal yang mama mbak rona konsumsi dan dimanakah saya dapat membelinya? Saya ingin sekali tahu pengalaman mbak Rona ketika mengurus mama dari mbak Rona agar saya bisa mengurus ibu saya dengan baik..
      Apakah mbak Rona tidak keberatan untuk memberikan email atau nomor handphone mbak Rona?
      Terima kasih.

      Reply
  3. Tini ginting

    Bapak sy jg baru di operasi tgl 28 november 2014 menderita tumor di pankreasnya skrg masih dirawat di rumah sakit lam wah ee penang,baca artikel ini saya jd sedih,cuma bisa pasrah dan berdoa sama Allah agar bapak saya diberikan kesembuhan,semoga Allah memberikan mukjizatnya buat bapak..aamiin yra

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s