Kondisi 7 bulan terapi

Super… begitu yang sering kita dengar dari ungkapan motivator terkenal…

Super… itu yang saya lihat dari perkembangan 7 bulan terapi. Kenapa, karena untuk pertama kalinya sejak operasi di bulan Mei 2010, sudah ada parameter darah yang sekarang berada dalam wilayah normal.

Setelah berbulan2 mengalami kondisi darah yang agak memprihatinkan, kali ini Leukosit sudah berada melewati batas minimum. Dengan demikian daya tahan tubuh atau pertahanan tubuh sudah mulai meningkat, mudah2an sudah tidak lagi rentan terhadap penyakit2. Saya jadi lebih berani berada di tempat2 yang banyak orang dan tentunya banyak virus + kuman🙂.

Begitu pula dengan parameter Hb, Hematokrit dan Eritrosit, semuanya meningkat cukup signifikan, walaupun masih berada di bawah ambang batas minimum. Hanya saja untuk Eritrosit bisa dikatakan sudah cukup normal dengan nilai 4,48 M/uL karena menurut Prodia 4,4 M/uL sudah normal sementara menurut RS Pondok Indah normal adalah di atas 4,7 M/uL, beda sedikit sih….

Berikut ini grafik2 nya:

Alhamdulillah…

Selain parameter darah, hasil CT Scan Abdomen-Pelvis yang memuat foto2 organ2 di dalam tubuh bagian perut – mulai dari bawah dada s.d. daerah kandung kemih – menunjukkan tidak adanya tanda2 kekambuhan maupun benjolan2. Begitu pula dengan hasil foto Thorax, bagian paru2. Clean…

Melihat hasil tersebut, dokter onkologi berucap “kalau memang bagus hasil terapinya, obat Glivec nya bisa dicoba dihentikan“…

deg… wah asik… tapi dia melanjutkan…

kasus bapak ini termasuk yang langka, sehingga sempat dibahas dalam tim dokter. dan untuk menghentikan terapi Glivec akan dibahas pada minggu ketiga bulan ini“.

Rupanya diantara para dokter ada yang berpendapat bahwa obat harus diberikan seumur hidup, ada pula pendapat tidak perlu diberi obat karena jaringan tumor di lambung sudah diangkat total – in toto – jadi tampaknya jalan tengahnya adalah terapi obat tapi tidak seumur hidup…

Mudah2an… bisa benar2 sembuh, sehat dan bisa stop obat… bisa hidup lebih mendekati normal lagi🙂

4 thoughts on “Kondisi 7 bulan terapi

  1. leo

    permisi,
    ini saya maw nanya
    jadi sampai sekaragng bapak masih mengkonsumsi obat gleevec ato sudah total ga mengkonsumsi obat tersebut y pak?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      mengingat hasil CT scan dan tes darah menunjukkan hasil yang baik selama 8 bulan paska operasi, dokter memutuskan untuk menghentikan terapi Glivec, namun saya tetap harus kontorl ulang setiap 3 bulan, bertahap menjadi 6 bulan sekali.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s