Hasil Terapi Bulan-IV

Setelah terapi Glivec selama 4 bulan, kembali saya periksa darah lengkap. Sedikit berbeda dengan pemeriksaan bulan2 sebelumnya, kali ini dokter meminta pemeriksaan darah yang meliputi beberapa tambahan item: Retikulosit, Ferritin dan Gambaran darah tepi.

Seperti biasa, saya berikan formulir permintaan cek darah ke laboratorium langganan. Rupanya pemeriksaan darah tersebut tidak tersedia. Bahkan di rumah sakit besar dekat rumah, juga tidak tersedia dengan lengkap. Akhirnya saya pergi ke Lab. Prodia di Jl.Arteri Pondok Indah, di sana semua item tambahan bisa diperiksa…

Sebenarnya apa sih 3 item pemeriksaan tambahan tersebut :

Retikulosit

Jumlah retikulosit menggambarkan persentase dari jumlah sel darah merah yang bersikulasi di aliran darah yang masih dalam tingkat retikulosit (belum menjadi eritrosit). Eritrosit/sel darah merah berfungsi sebagai tranportasi Hemoglobin, maka jumlah oksigen yang diterima oleh jaringan tubuh bergantung kepada jumlah dan fungsi dari eritrosit/sel darah merah serta Hemoglobin-nya.

Meningkatnya produksi sel darah merah a.l. karena adanya kegagalan pematangan sel darah merah yang kronis, terjadi pada kasus anemia hemolitik, dalam hal ini pasien dapat memiliki persentase jumlah retikulosit yang tinggi.

Catatan:
anemia hemolitik adalah anemia yang terjadi karena meningkatnya penghancuran sel darah merah. Dalam keadaan normal, sel darah merah mempunyai waktu hidup 120 hari. Jika sel menjadi tua, sel pemakan yang berada dalam sumsum tulang, limpa dan hati dapat mengetahuinya dan merusaknya. Jika suatu penyakit menghancurkan sel darah merah sebelum waktunya (hemolisis), sumsum tulang berusaha menggantinya dengan mempercepat pembentukan sel darah merah yang baru, sampai 10 kali kecepatan normal. Namun jika penghancuran sel darah merah melebihi pembentukannya, maka akan terjadi anemia hemolitik.

Jumlah retikulosit yang menurun drastis dapat disebabkan oleh kemoterapi (terapi kanker), anemia aplastik (disebabkan sel sumsum tulang mengalami masalah untuk membentuk dan membahagi secara normal, sehingga kurang menghasilkan sel darah merah dan putih), anemia pernisiosa (terjadi akibat kekurangan vitamin B12, sehingga sel darah merah yang diproduksi, lebih besar dari biasanya. Akibatnya, sel darah tersebut sulit untuk keluar dari di sum-sum tulang belakang), malignansi sumsum tulang, atau penyebab lainnya.

Dalam pemeriksaan kali ini, retikulosit saya normal (0,9% dari rentang 0,5% s.d 1,5%).

Ferritin

Merupakan jenis protein yang menjadi sarana untuk menyimpan zat besi dalam bentuk yang aman dan mengirimkannya ke tempat yang membutuhkan. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin (protein dalam sel darah merah yang berfungsi dalam transportasi oksigen).

Ferritin meningkat drastis jika ada infeksi atau kanker.

Tingkat ferritin dalam tubuh memiliki korelasi langsung dengan jumlah zat besi dalam tubuh, termasuk dalam kasus anemia. Jika ferritin rendah, ada risiko kekurangan zat besi yang dapat menimbulkan anemia.

Kali ini ferritin saya rendah sekali (6,34ng/ml dari rentang normal 28 s.d 365ng/ml). Setelah dokter melihat hasil ini, langsung saya disuruh sering2 makan ati… (he he he…).

Gambaran Darah Tepi

Hasil analisa darah saya untuk pemeriksaan gambaran darah tepi : normositik normokrom (?), rupanya itu adalah … anemia yang disebabkan oleh : hilangnya darah tiba-tiba, katup jantung buatan, sepsis, tumor, penyakit jangka panjang atau anemia aplastik. Saran dari dokter adalah pemantauan gambaran darah tepi…

Parameter Darah Lainnya

Selain item tambahan, hasil2 lainnya:

  1. Hb relatif rendah (10,7g/dl dari rentang normal 13,2g/dl s.d 17,3g/dl). Tapi ini sudah lumayan, karena bulan sebelumnya hanya 10,4g/dl, jadi ada sedikit perbaikan.
  2. Hematokrit tetap rendah (32,2% dari rentang normal 40% s.d 52%). Ini juga sedikit membaik dari sebelumnya 31,5%.
  3. Eritrosit rendah (3,72/ml dari rentang normal 4,4/ml s.d 5,9/ml). Hasil ini turun dari sebelumnya 3,95/ml.
  4. Leukosit rendah (3,37/ul dari rentang normal 5/ul s.d 10/ul). Ini juga turun dari sebelumnya 4,08/ul.

Kalau dilihat dari grafik selama beberapa bulan, ternyata kecenderungannya adalah menurun…

Ada satu yang agak menggembirakan, berat badan, sekarang menjadi 51,9kg… ada perbaikan sekitar 1kg… setelah sebelumnya turun 13kg.

Walaupun demikian, menurut dokter secara umum hasil terapi-nya terlihat baik (?), mudah2an bukan hanya untuk menghibur.

Selanjutnya boleh periksa 2 bulan sekali. Dengan syarat harus makan yang bergizi, daging, ati… untuk menambah darah dkk.

Alhamdulillah…

9 thoughts on “Hasil Terapi Bulan-IV

  1. kang oner

    Dear Anto, Alhamdulillahirobbil’alamin. Turut senang untuk kemajuan yg dicapai tapi tetap prihatin dengan kondisi yg belum 100 persen pulih… Meskipun demikian gw percaya semangat dan pemahaman lo akan kondisi yg dialami selama ini akan sangat membantu pemulihan. Insya Allah cepat sehat, amiin

    Reply
  2. Yudi Melbourne

    Semoga cepat sembuh Mas Pur. InsyaAllah ditambah pahala dengan sharing informasi bermanfaat seperti ini.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Terima kasih banyak ya…

      Alhamdulillah dengan support dari teman2 dan saudara2 bisa meningkatkan semangat saya…

      Insya Allah, mudah2an bisa bermanfaat bagi banyak orang…

      Salam

      Reply
  3. herman noor suwito

    Alhamdulillah… kondisi membaik. Meskipun grafik menurun pada 4 bulan terakhir, pada bulan terakhir semua parameter menanjak… menuju perbaikan… InsjaAllah… akan terus menuju perbaikan… amien.

    Istri saya juga mengalami GIST yang telah operasi di rumah sakit di malaysia… Obatnya Glivec… sangatlah mahal..untuk ukuran kami.

    Kontrol bulan ke-3, kondisi dinyatakan baik…dilihat dari hasil lab darahnya. Namun karena kami orang awam..jadi gak tahu persis..baik dari penyakit itu gimana???

    Okey..kalau boleh tahu gimana kami bisa menghubungi anda…

    wass
    HNS
    =====

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Alhamdulillah…

      Bapak tinggal di mana pak? kalau di Indonesia, teman2 banyak yang mendapatkan Glivec secara subsidi, melalui program yang dilaksanakan oleh Novartis bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

      Kalau isteri bapak sudah dioperasi dan jaringan GIST-nya sudah diangkat total, yang saya dengar dari dokter, Glivec hanya diberikan sementara. Kalau sudah tidak ada pertumbuhan jaringan GIST maka menurut dokter akan dihentikan pemberian Glivec (sudah “clean”)…

      Kesimpulan tersebut bisa didapatkan dari analisa CT-Scan. Walaupun sudah “bersih”, kontrol biasanya tetap harus dilakukan secara berkala/periodik untuk melihat kondisi pasca terapi…

      Untuk menghubungi saya bisa via email:
      anto_pur@yahoo.com

      atau HP:
      0816 1946 119

      Demikian pak, mudah2an bermanfaat.
      Salam

      Reply
  4. Mia

    Assalamu’alikum Pur,
    saya juga penderita anemia. Diagnosa dokter satu tahun yang lalu adalah defisiensi Fe akut. kemaren saya juga check lab untuk gambaran darah tepi. dan Fe saya cuma 12 dari normal 50-168. berat badan saya cenderung meningkat, karena keliatan TIBC yang tinggi.
    untuk beberapa kasus penderita defisiensi Fe, mudah terserang penyakit, tapi alhamdulillah saya tidak.
    saya juga sedang menjalani terapi.. semoga saja kita dapat bertukar informasi ya.
    Salam,

    Mia

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Wa alaikum salam wr.wb.

      Salam kenal…

      Untuk terapi anemia saya mendapat dosis 1x sehari Maltofer 357mg. Alhamdulillah sekarang Hb saya sudah mendekati batas normal… hanya saja untuk kasus saya tidak mudah untuk normal kembali karena lambung saya sudah dipotong dan di bypass. Akibatnya sari makanan tidak melalui usus 12 jari, tempat penyerapan zat besi.

      Salam

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s