Hernia pasca operasi

Incisional Hernia

Setelah mengalami pembedahan pada perut (abdomen) biasanya diperlukan waktu yang cukup (lama) agar jaringan2 yang telah ter-iris pisau bedah kembali menyatu, merapat sampai kuat. Termasuk pula jaringan otot perut (itu lho…, yang bisa membentuk perut bagus alias “six pack”…).
.

.
Apabila dinding perut di sekitar area pembedahan masih lemah, belum menempel dengan kuat, dapat terjadi jaringan atau organ tubuh (mis. usus) yang ada di dalam perut/abdomen menyembul keluar melalui dinding perut yang lemah tersebut (disebut juga incisional hernia).

Incisional hernia terjadi pada orang2 yang telah mengalami pembedahan perut.

Peningkatan berat badan secara cepat, aktivitas fisik yang membuat tekanan/tarikan pada (otot) perut, kehamilan, mengejan karena sembelit, muntah2 berat, batuk, dapat menyebabkan dinding perut bekas operasi menegang. Selanjutnya, karena dinding tersebut masih belum kuat, rapat seperti semula, terjadilah hernia.

Gejala / symptom

Incisional hernia menyebabkan sembulan atau tonjolan di area perut.

Bisa jadi tidak terasa sakit, ngilu, tetapi sembulan tersebut “empuk” dan terasa tidak nyaman saat pasien melakukan aktivitas fisik yang menarik/menekan otot perut, seperti mengangkat barang atau batuk. Sembulan tersebut bisa menghilang ketika pasien berbaring, tampak jelas bila sedang berdiri. Bila sembulan tersebut bisa ditekan dan tidak muncul lagi, disebut reducible hernia. Tapi kalau tidak bisa, artinya ada jaringan atau organ tubuh yang terjebak, terjepit. Gejalanya, terasa sakit, ngilu, mual2, muntah, sembelit, dan sembulan tidak menghilang ketika berbaring. Ketika organ tubuh tadi terjepit, aliran darah ke sana bisa terhenti, sehingga ada jaringan yang mati. Kondisi ini disebut strangulated hernia. Incisional hernia dapat membesar seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk mendiagnosa incisional hernia, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dia akan melihat sembulan tadi dan meminta pasien untuk batuk, berdehem. Batuk dapat menyebabkan sembulan hernia keluar membesar.

Penanganan

Penderita incisional hernia dapat menggunakan sabuk khusus untuk menjaga dan mencegah hernia menyembul. Mereka harus menghindari aktivitas yang menekan/menarik otot2 di sekitar perut. Kebanyakan pasien akan memilih untuk dibedah ulang, menghilangkan hernia dan mencegah kemungkinan terjadinya strangulated hernia.

Prosedur operasinya meliputi pengembalian organ tubuh ke dalam perut, dan memperbaiki dinding perut sehingga tidak ada yang dapat menyembul lagi. Bedah hernia, disebut juga herniorrhaphy, bisa merupakan pembedahan yang besar dan memakan waktu yang lama.

Namun demikian, banyak penanganan hernia yang saat ini dapat dilakukan melalui bedah laparoscopic. Dalam hal ini dokter bedah menggunakan peralatan khusus yaitu laparoscope, yang dimasukkan ke dalam perut melalui irisan kecil. Laparoscope menyerupai video camera mungil yang memberi gambaran jelas bagi dokter bedah pandangan di dalam perut. Irisan kecil lain dibuat untuk memasukkan instrumen bedah yang digunakan untuk memasukkan organ tubuh kembali ke dalam perut dan mereparasi dinding perut. Dokter bedah dapat melakukan prosedur yang disebut hernioplasty, untuk memperkuat dinding perut menggunakan bahan sintetis.

Bagi yang ingin serius memperdalam pengetahuan, bisa juga melihat video operasi penanganan hernia (lihat video).

Video ini menggambarkan operasi untuk recurrent hernia, agak ngeri, buat yang ngga kuat agar hati2…

Organ tubuh yang telah terjepit dan strangulated hernia membutuhkan pembedahan segera. Dan untuk pembedahan besar, bedah Laparoscopic tidak direkomendasikan.

Tips bagi pasien pasca bedah perut

Pasien dapat mengurangi risiko incisional hernia dengan diet yang mengandung banyak serat, minum banyak air untuk mencegah sembelit, menjaga berat badan, menghindari rokok (biar ngga batuk) dan sebisa mungkin tidak kena batuk yang parah, juga hati2 kalau bersin. Hati2 pula bila mengangkat beban:

Bila perlu gunakan support penunjang perut (itu lho, seperti yang biasa dipakai atlit)…

Tidak mudah memang bagi para pasien yang telah mengalami operasi besar, butuh waktu untuk pemulihan fisik dan kesabaran untuk pemulihan mental …

136 thoughts on “Hernia pasca operasi

    1. antopurwanto Post author

      Tampaknya pemulihan akan sangat tergantung kondisi masing2 pasien. Akan lebih tepat bila konsultasi langsung dengan dokter yang merawatnya.

      Saya ingat almarhum kakek saya, beliau senang olahraga (dulu setahu saya sepakbola), setelah dioperasi hernia beberapa tahun kemudian kembali terjadi hernia ketika menggendong cucunya yang masih kecil.

      Salam

      Reply
  1. Ruli Nanda

    oya mas, setalah oprasi sebulan atau sebulan stengah, boleh melakukan gerak gak? sperti sit up, push up dan V sit up, atau yg lainnya deh, terutama membentuk otot purut yg telah hilang bentuknya, masalahnya sya bru slsai d oprasi kmrn, tgl 29 juli 2011.

    Trima kasih mas sebelumnya…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      sorry, baru bales ni…

      untuk gerakan sebaiknya jangan berat2 dulu, dimulai dengan yang ringan saja, dan tetap konsultasi dengan dokter untuk kegiatan yang mulai berat.

      Reply
  2. sweetmel

    terima kasih artikel ini sangat bagus dan membantu saya yang memang pernah operasi hernia tepatnya sebelah kiri dan saat ini kambuh lagi mungkin karena saya sering angkat barang yang berat. dan solusinya memang harus operasi lagi ya mas? dan juga yang sebelah kanannya sekarang ini sering terasa nyeri sama halnya seperti yang sebelah kiri yang telah dioperasi

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      kalau menurut dokter yang melakukan pembedahan, setelah operasi saya tidak boleh mengangkat beban2 yang berat dan juga menghindari kegiatan fisik yang berat…

      mencegah lebih baik daripada mengobati

      Reply
  3. zulkifli lubis

    makasih dok infonya, kalau perawatan pasca operasi hernia umbikalies dgn menggunakan jaring untuk penahan ususnya gimana ya dok? dan berapa lama ketahanan dari jaring tersebut didalam perut, tks dok

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk perawatan paska operasi sebaiknya bisa langsung diskusi dengan dokter bedah yang menanganinya. Hal ini tentunya akan dikaitkan dengan kondisi fisik pasien bersangkutan, masing-masing pasien memiliki kondisi yang bisa berbeda.

      Semoga bermanfaat.
      Salam sehat :)

      Reply
  4. dea

    4 bulan yang lalu saya menjalani operasi hernia. kata dokter pada bulan ke-3 saya boleh melakukan lari-lari kecil. namun karna agak sedikit takut saya meniatkan latihan lari pada bulan ke-4 yaitu saat ini tepatnya. seminggu saya latihan lari, namun menggunakan sempak khusus hernia, demi menjaga keamanan.
    rasa sakit alhamdullilah tidak ada, namun hanya terasa Nyeri saja pada bagian bekas jahitan operasinya. kata dokter rasa nyeri itu di sebabkan karena benang jahitan yg di kaitkan ke tulang.

    yang mau saya tanyakan ,, boleh ga melakukan sit-up ?? mau tanya dokter biaya mepet .. hehe…
    kalau ada solusi tolong di bantu ya…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      karena saya bukan dokter :) saya tidak berani bilang boleh atau tidak… tapi secara logika jaringan otot, daging dan kulit akan menempel kembali setelah sekian lama paska operasi.
      saya sendiri belum berani olahraga yang menggunakan otot perut sekitar 2 tahun paska operasi. tadinya olahraga saya melibatkan otot perut (tarikan/molet – swing) sekarang saya hanya berani olahraga seperti sepeda dan berenang.
      sebagai informasi, untuk angkat2 beban yang berat dokter sudah melarang…
      lebih baik mencegah daripada mengobati.
      semoga bermanfaat.

      Reply
  5. Sigan

    Ass…saya habis operasi hernia 1minggu yl sebelum control sdh lumayan tapi sepulang control justru didalam perut bwh operasian terasa nyeri seperti tertusuk jarum. Apakah sakit karena lepas pembalut atau karena jalan jauh karena ngrasa sudah enak biat jalan mohon pejelasan terimakasih.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Apabila ada rasa nyeri perlu hubungi dan konsultasi segera dengan dokternya. Pengalaman saya waktu itu pernah ada rasa nyeri dan ternyata ada infeksi pada luka bekas operasi.

      Mudah2an ini cuma nyeri bekas luka saja… tapi baiknya konsultasi dengan dokter.

      Salam

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      untuk pemulihan luka bedah relatif tidak lama, tetapi tergantung jenis pembedahannya…

      umumnya sekitar 2-3 minggu luka bedah sudah kering dan jahitan bisa dicabut, seminggu berikutnya perban bekas luka bisa dibuka

      Reply
  6. Aryo

    Saya baru aja operasi Hernia tgl 10 April 2013 yll, setelah dioperasi, hari ke 2 saya disuruh jalan, mandi,dsb. tapi masih dibalut pakai plester. Setelah hari ke 5 plester dicabut. Sekarang setelah hari ke 7 saya merasa masih perih2, bukan di bekas jahitannya, tapi di dalamnya. Apakah bekas jahitan di dalam selaputnya robek lagi ya Pak? Atau memang demikian reaksinya? Kalau sakit saya berbaring sakitnya hilang. Saya takut selaputnya robek lagi. Mohon penjelasannya pak. Saya tidak angkat yang berat2, namun saya menyetir (injak kopling&rem), jalan kaki jauh, bekerja di kantor seperti biasa, pakai celana panjang & ikat pinggang. Apakah ada yang salah dari pola hidup saya pasca operasi? Terima kasih atas tanggapannya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Rasa perih bisa saja masih terasa sampai beberapa minggu, seperti saya, baru operasi tulang bahu 26 Feb kemarin dan kadang2 terasa perih sampai sekarang. Tapi dokter saya pesan kalau perihnya sangat terasa/sakit sekali, harus segera hubungi dokter. Yang saya rasakan saat ini perihnya masih wajar…sehingga saya tidak ke dokter.

      Tapi tahun 2001 saya pernah operasi besar di perut, setelah berminggu2 kalau jalan suka nyeri, sakit sekali, ternyata ada infeksi di dalam, luka jahitan di luar sudah kering tapi ada nanah di dalam sehingga jahitan harus dibuka lagi sedikit untuk mengeluarkan nanahnya…

      Kalo menurut saya kemungkinan robek lagi kelihatannya bukan tetapi coba dirasakan beberapa saat lagi, kalo memang sakit sekali hubungi segera dokter/kontrol ulang.

      Reply
    2. Heru Prayogo

      Mas Aryo, sy jg br operasi hernia 2 minggu lalu (8 Mei 2013). Sy jg merasakan perih2 bukan di jahitan tp malah di bagian atas jahitan. Sy mau tanya, apakah dokter kasih antibiotik stlh operasi? Namanya apa? soalnya sy ngga dikasih antibiotik. Thanks.

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Setelah operasi umumnya akan dikasih antibiotik, untuk mencegah adanya infeksi, tapi nama obatnya akan beda2 tergantung kondisi masing2 pasien. Rasanya kalau tidak diberi antibiotik agak janggal juga ya… tetapi itu semua tentu keputusan dari dokter ybs.

        Reply
    1. antopurwanto Post author

      Ooo, tidak selalu.

      Hernia itu kan bisa berbagai jenisnya dan lokasi. Contohnya, organ perut (lambung, usus dll) yang menonjol dan terjepit di otot dinding perut, seperti otot diafragma (ke arah rongga dada) atau usus yang menyelinap di lipatan paha atau bisa juga usus yang menonjol ke kantung sperma (buah zakar) .

      Kalau kejadiannya ususnya masuk/menyelinap ke kantung sperma, ini yang bisa menyebabkan tekanan pada jalan keluar sperma dan pada akhirnya menutup jalan sperma. Kejadian ini yang bisa menghalangi timbulnya pembuahan sel telur sehingga seseorang bisa tidak mendapat anak. Tetapi tentunya semua kelainan tersebut dapat diupayakan secara medis untuk dilakukan terapi. Yang umum adalah melalui operasi.

      Semoga bisa menjawab…

      Reply
      1. Onad

        Mas, saya abis operasi hernia yang menonjol ke kantung testis . sekitar 10 hari kebelakang tanggal 20 Oct 2014. Saya perokok, dan kata dokter bedah nya hindari roko seumur hidup, saya sangat sulit utk menghindari rokok, dan saya nyaman jika merokok walau hal itu tdk baik. Pertanyaan saya mengapa saya harus berhenti/menjauhi rokok? Padahal kan rokok mengganggu organ pernafasan sprt paru-paru, tenggorokan dll bukan ke saluran pencernaan kan . mohon di jwb terimakasih salam sehat .

        Reply
    1. antopurwanto Post author

      Sepanjang yang saya ketahui, tidak ada pantangan, kecuali kalau ada pembedahan organ2 pencernaan seperti usus dll… Tetapi agar lebih tepat perlu konsultasi dengan dokter bedah atau spesialis penyakit dalam yang menanganinya, karena setiap pasien memiliki kasus yang berbeda2.

      Reply
    2. heru prayogo

      Sedikit menambahkan: Sy operasi hernia 1 bln y.l. Dokter bilang tdk ada pantangan, tapi disarankan utk mengkonsumsi sayuran dan buahan khususnya bagi mrk yg punya masalah konstipasi atau susah buang air besar shg tdk harus banyak ‘ngeden’ saat bab. Thanks.

      Reply
    1. heru prayogo

      Setahu sy operasi hernia sekarang dipasang mesh utk menahan ‘usus’ agar tdk turun lagi ke scrotum tdk spt dulu, jd kemungkinan turun lagi sgt kecil. Jk terjadi, tdk mungkin secepat itu (1 hari pasca operasi) & krn melakukan kegiatan yg sgt berat spt mengangkat beban yg berat. Kl betul membesar, bawa lg ke dokter. Salam, Heru.

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Betul apa kata mas Heru, dengan perkembangan teknik kedokteran, sekarang sudah ada “jaring” atau “mesh” yang bisa menahan sehingga hernia tidak terulang kembali. Tapi kita tidak tahu apakah keponakan tersebut sudah dipasang “mesh” atau hanya dioperasi untuk menjahit jaringan yang “robek” saja…

        idealnya sih dipasang “mesh” tapi kembali lagi untuk meyakini kondisinya perlu dicek dan kontrol ke dokter yang merawat.

        proses operasi memang menakutkan bahkan buat orang dewasa sekalipun, apabila memungkinkan, pilih saja dokter yang ramah yang bisa dan biasa menangani anak2 bahkan kalau bisa dengan dokter khusus anak2

        salam

        Reply
  7. Rojaf kardho

    Pak sya mo nanya,
    sya abis nprasi hernia 3 bulan yg lalu, tepat nya pda tnggl 4 april.
    yg sya rasakan sa’at ini ketika duduk terasa ada benjolan di dlam jaitan, apakah itu mesh yg belum mapan . .?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk kepastian benjolan di dalam jahitan perlu di cek dengan dokter yang menangani, bisa jadi itu adalah bekas luka di dalam kulit. Contohnya saya, bekas luka jahitan di perut ada terasa benjolan2 kecil… Kalau benjolannya cukup besar tampaknya perlu diperiksa lebih lanjut.

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk rasa nyeri yang spesifik tampaknya perlu kontrol dengan dokter yang menangani. Rasa nyeri bisa terjadi karena bekas operasi… tapi tentunya dokter yang menangani bisa lebih paham karena bisa diketahui hubungannya dengan proses operasi yang dijalani.

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      sampai saat ini saya belum pernah mendengar adanya obat herbal yang bisa digunakan untuk hernia, mungkin sebagai tambahan/compliment untuk melengkapi/membantu tindakan medis/operasi…

      Reply
  8. ahmadi

    terima kasih atas tanya jawab dengan pasien yang pernah menjalani operasi, intinya saya jadi tau gimana mengenal kejadian-kejadian setelah operasi

    Reply
  9. husni tambun

    dok, saya baru saja operasi tumor parotis di bwah kuping paska operasi mulut saya agak mecong kalau berbicara, apa ini permanent atau sementara dok. trima kasih pak husni tambun jak bar

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      untuk lebih jelasnya perlu menghubungi tim dokter yang melakukan operasi, karena akan diketahui syaraf atau otot yang mungkin terpengaruh, apakah permanen atau sementara…

      sebagai contoh, saya pernah dioperasi di bahu dan ada otot yang terpengaruh sehingga tangan tidak bisa bergerak bebas ke segala arah, hanya bisa digerakkan ke arah tertentu, namun setelah beberapa minggu/bulan bisa kembali bergerak seperti semula. hanya saja butuh waktu yang lumayan lama dan terapi fisiologi…

      Reply
  10. nana

    mau tanya mas ,,, ayah saya kemarin operasi hernia sebelah kiri tapi ususnya juga di potong, beberapa taun yg lalu yg sebelah kanan juga di operasi,pertanyaan saya apa kah bisa kambuh lg setelah dua2 nya di operasi?? dan untuk perawatan setelah operasi waktu berapa lama?? makasih,,,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      mba Nana, kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi. antara lain karena jaringan/otot ayahanda yang mungkin relatif lemah atau adanya beban/tekanan yang berlebihan. pasca operasi biasanya perawatan luka sd 1 bulan sudah kering dan buka jahitan, tetapi disarankan untuk tidak menggunakan otot disekitar operasi selama beberapa waktu. untuk itu perlu konsultasi juga dengan dokter yang merawat nya…

      Reply
    2. rido

      Saya udah 2 thn oprasi hernia mas,tpi udh 2 mggu ini trasa lg sakit d dkat oprsi kmren mas,kyak usus dgn mesh yg d msukan k dlam beradu mas.apakah mesh yg d msukan bsa robek kembali mas ? Dan hernia sayabsa kmbuh lg mas ?
      Oh y mas kalau pakai mtor besar kyak vi-xion bsa mnyebabakan hernia y mas ? Soalnya stiap saya pakai mtor besar rasa skit itu timbul mas,apakah berpengaruh pda hernia mas.
      Harap infrmasi lgkap y mas
      Mksh

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Untuk mengetahui dengan pasti apakah ada jaringan yang “robek” perlu diteliti dan diagnosa langsung oleh dokter, khususnya dokter yang dulu menangani operasinya, karena dia akan mengetahui jaringan2 yang terkena operasi.

        Kalau hubungan antara mengendarai motor besar dan hernia saya belum pernah dengar… Yang lebih mungkin adalah kondisi jaringan yang lemah dapat robek kembali karena adanya kontraksi otot/jaringan ketika mengangkat/menahan berat motor besar…

        Reply
    1. antopurwanto Post author

      Pendapat para ahli mengenai hal ini berkembang seiring dengan perkembangan pengetahuan, awalnya, sekitar tahun 1890 direkomendasikan untuk istirahat total selamat 6 minggu untuk perbaikan paska hernia. Setelah tahun 1940an bisa menjadi 3 minggu diikuti dengan 9 minggu tanpa kerja keras.

      Dalam survey di tahun 1993 yang dilakukan di Inggris, para ahli bedah merekomendasikan istirahat 4,4 minggu setelah operasi, dokter umum merekomendasikan 6,2 minggu dan biasanya pasien menghabiskan waktu selama 7,7 minggu untuk istirahat.

      Penelitian menunjukkan bahwa dokter bedah dan dokter umum cenderung merekomendasikan waktu istirahat yang lebih lama untuk pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik.

      Demikian sebagai informasi… untuk lebih jelasnya bisa menghubungi dokter yang merawatnya karena kondisi setiap pasien bisa berbeda, termasuk jenis operasi, lokasinya dan proses pemulihannya.

      referensi : BC Medical Journal

      Reply
  11. sumaiti

    Pg pak, sy mau tny..putri sy berusia 4thn 5bln divonis 2 org dok bedah terkena hernia ingunalis (HIL Dextra) dan hrs dioperasi. Keluhan putri sy agak skt saat jongkok dan sering buang air kcl. Pertnyn sy apkh itu penyakit bawaan? Apa ݪήg kurang atw slh pd saat sy hamil? Efek smpg apa ݪήg kemungkinan akan terjadi pasca operasi? Apakah tidak ad solusi lain selain operasi sedang tsb? Karena sbg ibu sy sgt cemas anak sekcl itu hrs operasi. •-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Byk atas penjelasannya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Hernia bisa terjadi, bahkan pada banyak kasus, termasuk pada bayi… Untuk bayi bisa terjadi karena jaringan otot yang belum menutup rapat sehingga jaringan organ seperti usus bisa menyelinap diantaranya. Pada anak2 bisa juga terjadi karena mengejan misalnya karena batuk dan menangis keras.

      Dalam beberapa kasus jaringan usus yang menyelinap pada bayi bisa keluar lagi dengan sendirinya, dalam kasus tertentu harus ada tindakan medis seperti dibedah. Hal ini sudah cukup umum terjadi. Umumnya bukan karena penyakit bawaan atau kelainan. Dan tindakan secara medis dilakukan melalui pembedahan.

      Biasanya setelah tindakan bedah anak diharuskan istirahat beberapa hari…tidak boleh bermain yang berat2.

      Mudah2an putrinya bisa segera pulih kembali…

      Ref:kidshealth.org

      Reply
  12. Jefri mainti

    Slmt malam…
    Pak mau nanya nieh,pasca op Hernia ,,,brapa Lama proses pemulihan nya, agar bisa beraktivitas kembali normal,,,?

    Reply
  13. yuli fitrianna

    Siang dok saya sakit hernia udh lama trs mau operasi dlm minggu”ini,yg saya tnyakan apakah sakit bila operasi dok,efek samping sesudah operasi ap dok??? Trima kasih dok

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Halo…

      saya baru menjawab pertanyaannya, harap maklum karena saya pergi dinas ke luar kota selama 2 minggu….

      Dioperasi tentu tidak terasa sakit karena pasien akan dibius terlebih dahulu. Obat bius jaman sekarang pun sudah cukup canggih, sehingga setelah selesai operasi pasien tidak akan merasa sakit pada luka bekas operasinya. Hanya saja itu semua kembali kepada dokter anastesi yang melakukan pembiusan. Ada dokter yang benar2 ahli sampai pasien benar2 tidak merasakan sakit sedikitpun. Namun ada juga dokter yang mungkin “ramuan” obat bius nya kurang pas, sehingga pasien masih merasakan sakit…
      Efeknya adalah kesembuhan, kalau operasi berjalan dengan baik.

      Semoga operasi dan pemulihannya berjalan dengan lancar.

      Salam sehat

      Reply
  14. wawan

    saya mw tanya. operasi herina itu dilalukan pembedahan di perut apa di bagian kemaluan kalau herinanya turun.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      hernia itu bisa terjadi di beberapa lokasi, bisa di daerah perut, selangkangan dll. tergantung jaringan yang sobek/luka. dengan demikian, pembedahannya juga lokasinya bisa bermacam2… untuk lebih jelasnya bisa diskusi dengan dokter yang akan melakukan operasi…

      Reply
  15. irfan

    bagaimana dengan saya pak.saya 3minggu kemarin habis oprasi hernia di dinding perut trs dikasih penguat seperti kain kasa/mesh.apakah saya harus berhenti kerja.sedangkan kerja saya ngangkat 5kg tapi sering.gmna baiknya pak.trimakasih

    Reply
  16. bubby rahalghoniyu

    Pa, saya sudah sekitar 5 tahun pasca oprasi hernia saya. Ingin bertanya, kalau misalkan saya sering fitnes atau berolahraga seperti lari apakah aman buat saya? Lalu sebaiknya saya bagaimana ya agar dapat melatih otot alias fitnes tanpa takut resiko terkena hernia lg

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Sebenarnya kalau sudah 5 tahun jaringan bekas oprasi sudah cukup kuat untuk digunakan berolahraga. Hanya saja untuk olahraga tertentu seperti angkat beban perlu lebih berhati2. Selain konsultasi dengan pelatih fitness, perlu dipertimbangkan juga untuk menggunakan supporter atau penahan otot pada lokasi sesuai dengan otot yang sering digunakan.

      Reply
  17. asril

    Ass.pak saya mau tanya.sdh 9 bulan saya pasca operasi hernia selalu ada ketegangan dibagian perut,dantidak nyaman 7cm dari ketiak ,dan kalau diluruskaki kedua kaki saat tidur telentang ,tedasa tidak nyaman dan tegang, saya sering control kedokter bedah.katanya tidak masalah tapi yng sya rasakan sngat mengganggu.mohon penjelasan nga pak.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum salam wr.wb.
      sebenarnya jaringan tubuh kita akan menyesuaikan diri setelah operasi, sehingga seharusnya tidak menjadi masalah. walaupun demikian tentu tidak ada yang sempurna, oleh karena itu apabila merasa sangat mengganggu bisa mencoba mencari second opinion atau pendapat dari dokter lain…

      Reply
  18. Prayitno

    saya habis operasi hernia kemarin tgl 10 Juni 2014, sampai sekarang susah sekali buang air besar, padahal sudah minum obat pencahar (baik yang diminum maupun yang melalui dubur), kemarin tgl 1 Juli 2014 kontrol, dikasih obat tetapi malah bab nya keluar darah, fesesnya tidak keluar. Itu bagaimana ya?

    Reply
  19. heri

    Mau tanya mas… Saya habis operasi hernia 2bulan yg lalu.. Pertengahan agustus saya pengin naik gunung.. Apakah Dalam jangka 2,5 bulan pasca operasi sudh kuat untk aktifitas naik gunung mas… Trimakasih.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Berdasarkan referensi yang ada dari noninsurancesurgery.com sebenarnya 1 bulan setelah operasi jika tidak ada komplikasi pasca operasi pasien sudah diperbolehkan melakukan aktivitas normal. Namun demikian tidak disarankan untuk melakukan stretching atau pergerakan otot pada lokasi bekas operasi secara berlebihan…

      Reply
  20. mardi

    Malam mas, sy mau tanya kalau setelah operasi hernia berapa minggu atau bulan boleh berhubungan badan dgn istri? Terimakasih sebelumnya…

    Reply
  21. Sukma Dedy Ananta

    mlm sy mau tnya,,
    suami sya hbs operasi hernia..kt dokter yg menangani 3bulan tdk boleh angkt beban berat tp setelah itu sudah bebas..yg sya tnyakan bsk tngl 10 agustus sudah genap 3bulan..tp kok bagian dlm yg dioperasi kdng masih terasa nyeri ya??kyk ad otot yg tegang gtu..g sering sih,,normal kah??trmks sblmny

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      seharusnya setelah 3 bulan sudah boleh mulai dengan kegiatan normal. seandainya masih ada rasa nyeri yang mengganggu perlu konsultasi dengan dokter.

      saya pernah dioperasi dan dalam waktu beberapa minggu masih ada rasa nyeri yang mengganggu. setelah diperiksa oleh dokter yang menangani ternyata ada infeksi di bekas operasinya… sehingga perlu diberi obat antibiotik

      namun saya juga pernah dioperasi di bagian bahu, dalam waktu beberapa minggu setelahnya masih terasa sakit kalau bergerak, ternyata ini tidak masalah karena ada otot yang belum sempurna. penanganan dilakukan melalui fisioterapi melemaskan otot2..

      jadi apakah rasa nyeri itu normal atau tidak perlu didiagnosa lagi oleh dokternya…

      Reply
  22. alfin jingga

    Selamat sore Pak
    Saya mau bertanya,seminggu yg lalu saya baru saja operasi inqualis disebelah kanan
    Pak,saya mohon penjelasannya
    Yg mau saya tanya
    1.Butuh waktu berapa lama,agar luka operasinya sembuh total???
    2.apakah setelah sembuh,saya sudah boleh naik tangga,untuk ke tingkat 2 dan 3??(Tangga loteng dirumah)
    3.Apakah ada kemungkinan,bagian tubuh saya yg sebelah kiri,akan terkena hernia juga seperti bagian sebelah kanan??
    4.Perlukah saya memakai celana hernia untuk berjaga-jaga,setelah sembuh??
    5.Berapa lama waktu yg diperlukan jaringan mesh yg dipasang dalam tubuh saya,agar jaringan tersebut dpt berrkembang menjadi kuat sebagai penahan???

    Mohon Sarannya Pak
    Terima Kasih Banyak Pak

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      waduh, ini terlewat rasanya…
      saya baru bales :)
      1. Luka operasi bisa cepat sembuhnya, bisa dalam hitungan hari sudah kering.
      2. Setelah sembuh aktivitas bisa normal asal jangan berlebihan.
      3. Hernia biasanya karena aktivitas otot yang berlebih/ada stretching, namun tidak harus kiri dan kanan bersamaan, bisa berbeda2.
      4. Setelah sembuh biasanya tidak perlu menggunakan celana khusus.
      5. Sel-sel tubuh kita sudah didisain dengan baik oleh Yang Maha Mencipta, sehingga dalam waktu 3 bulan insya Allah sudah cukup kuat kembali.

      Salam
      PS

      Reply
  23. adian...

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    2 minggu lalu,saya melakukan operasi hernia sebelah kanan,…dan pikiran kambuh itu terus terusan menghantuii di kesehatan saya mendattang.Semoga kita semua selalu sehat.Aamiiin….

    Nb:jagaj pola makanan yg berserat yaaa,dan jangan terlalu memfosir aktifitas berat… :termakasih

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum wr.wb.

      insya Allah dengan berjalannya waktu, banyak zikir dan ibadah, pikiran positif serta selama kegiatan kita tidak aneh2, menjaga makanan, aktivitas dan istirahat, jasmani-rohani akan sehat…

      Terima kasih

      Reply
  24. ryan

    Ass Wr Wb,
    Mas Anto saya mo nanya kalau operasi Hernia itu bisa langsung dua2nya bila terkena hernianya sebelah kiri dan kanan, bianya berapa, dan bagusnya memakai mesh apa tidak, terus Mas dulu operasinya dimana,terus ada efeknyanya paska operasi ? Trim’s Mas Anto atas info dan jawabannya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk biaya dan penggunaan mesh silahkan langsung diskusi dengan rumah sakit dan dokter karena akan berbeda masing-masing rumah sakit serta masing-masing pasien tergantung kondisinya… :) begitu pula dengan efeknya…

      Reply
  25. kamalia

    assalamuallaikum wr.wb boleh ikut share ya??? Q pernah operasi hernia sudah 7 tahun yg lalu ?? tapi sampai sekarang bekas operasi itu terkandang nyeri??

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum salam wr.wb.
      bekas operasi memang bisa saja tidak sempurna, contohnya isteri saya yang terpotong syaraf nya ketika operasi sehingga sampai sekarang tidak bisa merasakan sesuatu / ba’al di bagian tersebut.
      terima kasih sharing nya :)

      Reply
  26. andi

    pagi dok…2 bln yg lalu sya operasi hernia,yg mau sy tnyakn setiap saya duduk jongkok itu knp kaki sy itu trsa ngilu/nyeri dok.apakh hal itu ada kaitanx dgn pasca operasi hernia sy ???trma ksh

    Reply
  27. nyoman pariasa

    Sy baru operasi 8 hari yg lalu dan sekarang sy sdh melakukan aktivitas kerja seperti biasa (sy dagang di rumah,lumayan ramai sehingga intensitas bergerak lumayan banyak juga),memang tdk full sih dibanding ketika sebelum operasi,artinya sy juga banyak istirahat. Yg sy mau tanyakan apakah dgn banyak bergerak walaupun tanpa angkat yg berat2 bisa membahayakan tidak dgn proses penyembuhan pasca operasi.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      sebenarnya yang pengaruh bukan angkat berat atau banyak bergerak tetapi lebih kepada gerakan yang mempengaruhi otot yang dioperasi. kalau banyak bergerak tapi tidak berpengaruh tidak masalah, tetapi kalau sedikit bergerak tapi menggerakkan otot yang dioperasi ini yang harus hati2

      salam sehat

      Reply
  28. Thew Papa

    Saya mau tanya dok stlah operasi caesar kurang lebih 1 thn, saya merasa seperti nyri dan ganjalan di atas klitoris vagina, apa penyebabnya dok?

    Reply
  29. arina

    assalamualaikum
    mas saya mau nanya kurang lebih 10 jam setelah operasi hernia Ayah saya bengkak di bagian kantung zakarnya. Urine nya jg pake kateter, kondisi spt itu wajar ndak ya?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum salam wr.wb.

      wajar atau tidaknya perlu konsultasi dengan dokter yang melakukan tindakan, karena bisa jadi ada kaitannya dengan proses penyembuhan atau lainnya

      Reply
  30. ahmad jazuli

    Assalamualaikun….
    pak saya kamarin tgl 27 nov 2014 hbis jlani operasi hernia ..udah 2 minggu luka jahitannya msih blm kering tp perban udah dibuka pak..mlah luka jahitan itu berair..tp cman dsruh ngasih betadin..
    yg saya mau tanya itu kok bisa blm kering sama berair itu knapa pak?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum salam wr.wb.

      Seharusnya dalam beberapa hari luka sudah bisa kering. Coba dikonsultasikan kembali dengan dokter, mungkin juga karena lembab sehingga perban perlu dibuka. Kalau perlu dicoba juga dengan cek gula darah. Salah satu tanda adanya diabetes adalah luka yang tidak mudah kering. tapi pertama2 yang perlu dilakukan adalah konsultasi kembali dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut

      Reply
      1. ahmad jazuli

        terima kasih jawabannya pak Anto..
        saya mau tanya lg seumpama batuk dan bersin smpai nyeri dibekas operasi itu gmna pak?apa pengaruh sama luka operasinya pak?

        Reply
  31. shaby al rabbani

    Ass selamat sore pak,,,
    Saya mau nanyak,,,,,
    Anak saya umur 5thn dan mendrita hernia di pangkl paha sejak lahir,,,,,
    Tanggl 25 nanti saya akn oprasi dia,,,
    Tpi saya sebagi orng tua sangt takut,,
    Brpa lama oprasi henia itu biasa’a,,
    Dan apa yg terjadi pada pasien pasca oprasi,,,
    Trma kasih,,,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Wa alaikum salam wr.wb.

      Memang betul untuk anak yang masih kecil, orangtua akan merasa khawatir akan proses operasinya.

      Kasus inguinal hernia yang terjadi sejak lahir cukup sering terjadi pada anak2. Operasinya tidak terlalu lama, bisa sekitar 1 jam saja.

      Untuk mengurangi rasa sakit karena operasi, biasanya anak diberi obat selama 24 jam setelah operasi.

      Setelah sadar dan observasi, umumnya anak2 boleh pulang untuk perawatan di rumah. Namun demikian, dokter bisa saja meminta untuk tinggal di RS agar dapat dilakukan observasi paska operasi.

      Selama 2 hari anak belum boleh mandi agar luka operasi tidak kena air. Setelah 2 hari, penutup luka/perban akan dibuka dan luka bisa ditutup dengan perban plastik yang bisa kena air (sudah boleh mandi setelah 2 hari namun jangan sampai kena luka/tertutup plester plastik/khusus). Plester khusus tersebut (Steri-strips@) akan dapat dilepas setelah 1 minggu.

      Selama kurang lebih 7 hari masih harus banyak istirahat, jika kondisi membaik, setelah 1 minggu anak2 sudah bisa beraktivitas normal tetapi harus dijaga agar tidak melakukan kegiatan yang berat2.

      Semoga operasinya berjalan lancar dengan hasil yang baik.
      Amin

      Reply
  32. shaby al rabbani

    Terima kasih banyak info’a mas,,,
    Tapi apa resiko trbruk pasca oprasi mas,,,,
    Jjur saya masih tkut mas,,,
    Soal’a selma dia mendrita hernia ini dia tdk pernah merasa sakit di hernia’a itu,,,,
    Apakah memang hernia yg di derita anak saya ini tdk mersakan sakit,ya mas,,,?
    Sprti pendrita” lain’a yg sring bilang kalo hernia itu sakit bgt,,,,
    Mohon penjlsan’a mas,,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk risiko sebenarnya ada probabilitas/kemungkinan berdasarkan statistik. Dalam hal ini perlu konsultasi dengan dokter yang menangani karena ybs akan mengetahui lebih detil tentang kondisi masing2 pasien dan risikonya.

      Betul, rasa khawatir pasti ada, apalagi kalau anak kita masih kecil. Hal ini sangat manusiawi, oleh karena itu kita hanya bisa berikhtiar dan tentunya harus memohon kepada Allah swt agar diberikan yang terbaik hasilnya, karena hanya Allah lah Yang Maha Penyembuh dan Maha Kuasa atas segala sesuatunya.

      Hernia pada anak2 umumnya ada 2 jenis yang bisa terjadi sejak lahir, inguinal (usus masuk ke celah inguinal/biasanya di sisi kanan atas selangkangan/paha-tengah) dan umbilical (usus masuk ke celah2 otot perut di dekat pusar). Pada umbilical hernia, anak2 bisa tidak mengalami rasa sakit.

      Sementara pada orang dewasa, hernia terjadi antara lain karena robeknya jaringan yang melindungi abdomen sehingga usus bisa masuk ke celah yang lowong, ini bisa terasa sakit sekali.

      Demikian penjelasannya, tapi agar lebih pasti tentu harus diskusi juga dengan dokter yang menangani atau dengan dokter lain sebagai second opinion.

      Semoga ananda bisa mendapatkan yang terbaik.
      Salam

      Reply
  33. Ahmad

    Aslmkm wr.wb
    Mas Anto, seminggu kemarin saya operasi hernia. Berapa hari setelah operasi boleh naik motor, perlukah pakai stagen atau celana hernia? Karena tempat kerja jauh. Saya 35th, berapa hari harus rehat total? Syukron

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      wa alaikum salam wr.wb.

      Sebaiknya konsultasi dengan dokter yang melakukan operasi untuk mendapatkan informasi lebih rinci, karena beliau yang lebih mengetahui kondisi luka operasi dan jahitannya serta kondisi fisik pasien secara keseluruhan. Namun demikian, istirahat 2 minggu biasanya sudah cukup dan bisa mulai bekerja lagi, hanya saja jangan terlalu berat dulu menggunakan otot2nya apalagi pada otot2 sekitar tempat bekas operasi.

      Untuk mengendarai motor, saya kurang tahu persis. Rasanya sih tidak terlalu menggunakan otot-otot (kecuali moge yang berat), jadi risiko karena tarikan otot tidak begitu banyak, tetapi ada getaran/goncangan. Sebaiknya diskusi juga dengan dokternya.

      Salam.

      Reply
  34. Pingback: Celana Khusus Hernia Bayi - Tips Baju Bayi

  35. febri hermawan

    Dear’ mas antopurwanto.
    Asslmkum.
    Terima kasih banyak untuk penjelasannya menambah pengetahuan saya tentang hernia.
    3 hari yg lalu 26 februari 2015 saya hbs menjalani operasi hernia sebelah kanan bawah. setelah saya membaca semua artikel maupun tanya jawab semua temen2 di atas sangat bermanfaat utk pengetahuan saya pasca operasi. Bagi teman2 yg mengalami hernia jangan takut utk menjalani operasi, prosesnya tidak sakit. mencegah lebih dini lebih baik dari pada terlambat’
    Terima kasih.

    febri hermawan.
    bagi t

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Dalam keadaan normal seharusnya setelah 4 minggu kondisi seharusnya sudah baik, namun perlu dijaga untuk tidak terlalu stretching… Hanya saja sebelum bermain normal perlu sedikit2 dimulai, bertahap tingkatannya setiap minggu, misalnya dengan memukul saja tanpa mengejar bola. Kemudian setelah sebulan dicoba dengan lari yang minimal. Apabila ada rasa sakit pada bekas operasi segera konsultasi dengan dokter.

      (sumber: herniaonline.com)

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      Bekas operasi terkadang memang terkadang terasa nyeri walaupun sudah lama. Namun apabila rasa nyerinya sudah sampai mengganggu maka perlu konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya…

      Reply
  36. ella

    ass.sore pak
    saya mau nanya..
    Anak sy laki2 skrg usianya1 thn 2 bln, dari lahir testis sblah kirinya gak turun ke skrotum,apakah itu trmasuk hernia? dokter sarankan utk operasi, apakah aman mnjalani operasi, diusia ank 1 thn? trus apa yg trjadi pasca operasi, secara anak di umurnya sgitu msh aktif bergerak dan berjalan,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      REPOST:
      Wa alaikum salam wr.wb.

      Memang betul untuk anak yang masih kecil, orangtua akan merasa khawatir akan proses operasinya.

      Kasus inguinal hernia yang terjadi sejak lahir cukup sering terjadi pada anak2. Operasinya tidak terlalu lama, bisa sekitar 1 jam saja.

      Untuk mengurangi rasa sakit karena operasi, biasanya anak diberi obat selama 24 jam setelah operasi.

      Setelah sadar dan observasi, umumnya anak2 boleh pulang untuk perawatan di rumah. Namun demikian, dokter bisa saja meminta untuk tinggal di RS agar dapat dilakukan observasi paska operasi.

      Selama 2 hari anak belum boleh mandi agar luka operasi tidak kena air. Setelah 2 hari, penutup luka/perban akan dibuka dan luka bisa ditutup dengan perban plastik yang bisa kena air (sudah boleh mandi setelah 2 hari namun jangan sampai kena luka/tertutup plester plastik/khusus). Plester khusus tersebut (Steri-strips@) akan dapat dilepas setelah 1 minggu.

      Selama kurang lebih 7 hari masih harus banyak istirahat, jika kondisi membaik, setelah 1 minggu anak2 sudah bisa beraktivitas normal tetapi harus dijaga agar tidak melakukan kegiatan yang berat2.

      Untuk risiko sebenarnya ada probabilitas/kemungkinan berdasarkan statistik. Dalam hal ini perlu konsultasi dengan dokter yang menangani karena ybs akan mengetahui lebih detil tentang kondisi masing2 pasien dan risikonya.

      Betul, rasa khawatir pasti ada, apalagi kalau anak kita masih kecil. Hal ini sangat manusiawi, oleh karena itu kita hanya bisa berikhtiar dan tentunya harus memohon kepada Allah swt agar diberikan yang terbaik hasilnya, karena hanya Allah lah Yang Maha Penyembuh dan Maha Kuasa atas segala sesuatunya.

      Hernia pada anak2 umumnya ada 2 jenis yang bisa terjadi sejak lahir, inguinal (usus masuk ke celah inguinal/biasanya di sisi kanan atas selangkangan/paha-tengah) dan umbilical (usus masuk ke celah2 otot perut di dekat pusar). Pada umbilical hernia, anak2 bisa tidak mengalami rasa sakit.

      Sementara pada orang dewasa, hernia terjadi antara lain karena robeknya jaringan yang melindungi abdomen sehingga usus bisa masuk ke celah yang lowong, ini bisa terasa sakit sekali.

      Demikian penjelasannya, tapi agar lebih pasti tentu harus diskusi juga dengan dokter yang menangani atau dengan dokter lain sebagai second opinion.

      Semoga ananda bisa mendapatkan yang terbaik.
      Salam

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      Bisa menjadi berbahaya apabila usus sudah tidak bisa didorong kembali ke dalam abdomen (terjepit), karena aliran darah dapat menjadi terhenti dan bisa juga terjadi infeksi.

      Reply
  37. olo war

    Mlm dok,
    Dua bln yang lalu aq di op. Tp rasa sakit masih terasa di bawah bekas luka op, tepatnya di bagian bawah yang sobek e buah pelir,,, bagaimana cara menanganinya dok????
    Makasih sebelumnya.

    Reply
  38. enida

    dok, sy sdh 5 thn nikah dan belum punya anak. setiap habis berhubungan intim dengan suami, hernia saya muncul dibagian selangkangan pangkal paha. hernianya muncul bisa sampai beberapa hari sejak berhubungan intim itu. apakah sy ga hamil gara2 hernia itu dok? mohon penjelasannya. makasih dok.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Melihat gejalanya, bisa diduga itu termasuk Femoral Hernia, yang biasa terjadi pada wanita. Sebaiknya ditindaklanjuti dengan penanganan yang tepat agar tidak terjadi komplikasi seperti penyumbatan aliran darah ataupun infeksi. Namun demikian, setahu saya tidak terkait dengan kehamilan. Untuk itu disarankan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui tindakan yang perlu dilakukan selanjutnya.

      Reply
  39. muhammad fachry

    selamat malam dok.
    sy baru seminggu ini melakukan oprasi hernia, 3 hari setelah oprasi sy melakukan kontrol, dan dlm kunjungan kontrol sy, jahitan pada luka oprasinya sdh di boleh di lepas, tepat seminggu setelah oprasi, sy merasakan ngilu di sekitaran luka oprasi tersebut, apakah itu wajar dok ? tp hampir keselurahan sudah bisa bergerak normal tanpa ada rasa nyeri.
    mohon sangat atas jawabannya dok.
    trimakasih

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      bekas operasi memang terkadang bisa terasa nyeri/ngilu. setelah beberapa waktu maka rasa nyeri tersebut akan hilang. kalau dalam waktu yang lama masih terasa nyeri/ngilu maka perlu konsultasi dengan dokter kembali

      Reply
  40. muhammad fachry

    maaf dok diralat,
    di atas kelamin yg sebelah kiri aga terasa bengkak dan jika di sentuh seperti tidak terasa di sentuh, tp jika di tekan sedikit aga terasa ngilu, apakah itu hal yg wajar dok ?

    Reply
  41. purdianto

    saya mau melakukan operasi hernia pd pangkal paha yang masuk ke daerah testi. berapa kisaran biayanya untuk saat ini?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      saya sarankan untuk konsultasi dengan RS -nya. masing2 RS memiliki standar biaya yang berbeda. saya sendiri tidak ada informasi untuk itu…

      Reply
  42. rio wendra

    Dok saya sudah 1tahun abis operasi hernia Menggunakan mesh. Apakah saya sudah bisa bermain sepakbola, dan ada efek sampingnya gak nantinya setelah sekian lama saya bermain bola dok. Trims

    Reply
  43. atika

    Salam.
    malam dok, paman saya sudah 1 setngah bulan operasi hernia karena merasa uda ga ad yang sakit, beliau beraktifitas seperti sedia kala. pekerjaan paman sy nelayan dan sekrang sudah 3 bulan setelh operasi, e hernianya kambuh lagi ada benjolan di bagian selangkangannya namun tidak sakit seperti yg pertama. Dok, Apakah harus operasi lagi?
    Makasih dok.

    Reply
  44. subandriyo

    Pak Dokter sy usia 53 th menderita hernia sudah lama sebesar dondong tapi aku takut operasi pd hal solusinya harus operasi, tolong dok gmn agar aku tk takut

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Yakinlah bahwa semua penyakit itu ada obatnya, dan kita wajib berikhtiar agar kualitas hidup kita dan keluarga kita bisa menjadi lebih baik. Tidak lupa untuk banyak berdoa dan perlu melihat risiko apabila tidak dioperasi, misalnya bisa terjadi pendarahan atau aliran darah yang tersumbat dll.

      Reply
  45. Wiwin

    Assalamualaikum dok. Maaf mau tanya, kalo oprasi hernia udha bertahun” trus baru rasa sakit dan kaya bengkak gtu di daerah bekas oprasi itu hernia kambuh apa gimana dok?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s