Pemeriksaan selama Terapi Glivec

Saya merasa sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh dengan rahmat, berkah dan ampunan-Nya.

Hampir 3 bulan setelah operasi gastrectomy, secara umum kondisi fisik saya membaik, sehingga saya berniat untuk menjalankan ibadah puasa. Walaupun demikian, sebelum bulan puasa dokter onkologi saya memperingatkan untuk berhati2 dalam menjalankan puasa, kalau kondisi fisik tidak mendukung, jangan diteruskan.

Rasanya bahagia bisa menjalankan ibadah puasa pada awal bulan Ramadhan.

Namun, pada hari ke-13 kondisi fisik mulai tidak normal. Selama dua hari berturut2 saya mengalami diare yang cukup berat, badan jadi lemes… sehingga untuk sementara saya tidak ikut berpuasa sampai kondisi badan membaik.

Pada hari ke-20 saya coba lagi berpuasa, rupanya memang fisik sudah tidak mengizinkan (muncul pendarahan). Akhirnya, sejak hari Rabu, 1 September 2010, saya tidak melanjutkan puasa…

Sedih rasanya tidak bisa menjalankan ibadah puasa sebagaimana tahun2 sebelumnya…

Kamis, 2 September 2010, saya periksa darah untuk parameter darah rutin (bulanan), hasilnya, seperti yang saya duga, menunjukkan kurang darah (anemia). Parameter2 yang diperiksa selama 5 bulan sejak Mei 2010 menunjukkan kondisi yang menurun:

  1. Hb turun dari 12,3 menjadi 10,4;
  2. hematokrit dari 39,2 menjadi 31,5;
  3. leukosit dari 10,1 menjadi 4; dan
  4. AST/SGOT meningkat menjadi 45.

Sebagai acuan, kondisi orang sehat/normal: Hb dalam rentang 13-18; hematokrit di antara 40-52; leukosit antara 5-10 dan AST/SGOT di antara 0-41.

Oya, parameter2 tersebut merupakan indikasi dari kondisi darah dan fungsi hati:

  1. Hb atau haemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut O2 dan juga CO2.
  2. Hematokrit merupakan ukuran volume darah yang berupa sel darah merah.
  3. Leukosit adalah sel darah putih, sel yang berfungsi dalam sistem imunitas mempertahankan tubuh dari infeksi dan benda asing.
  4. AST adalah Aspartate Aminotransferase atau biasa disebut juga dengan SGOT, meningkat bila ada kerusakan atau gangguan fungsi hati.

Sebenarnya masih ada beberapa parameter lainnya lagi, namun saya hanya memilih beberapa diantaranya untuk diperhatikan karena bagi saya perlu mendapat perhatian lebih…

Saya sudah menduga kondisi ini sebagaimana yang telah dimuat dalam posting sebelumnya mengenai gastrectomy. Salah satu dampak utama adalah hilangnya parietal cell yang berfungsi mengeluarkan zat untuk proses penyerapan vitamin B12. Hal ini pada akhirnya dapat mengakibatkan kekurangan darah (anemia). Gejala yang dialami oleh pasien antara lain adalah :

  1. Merasa letih, tekanan darah menjadi rendah atau tinggi, nafas menjadi pendek.
  2. Kesulitan konsentrasi, menjadi lamban (karena pengaruhnya pada otak).
  3. Sering diare.
  4. Ujung2 jari seperti ba’al atau seperti ditusuk2 jarum.
  5. Kulit menjadi kuning karena bilirubin yang meningkat.
  6. Kemampuan mengingat yang berkurang.

Sementara itu, kenaikan AST dan SGOT, yang merupakan indikasi gangguan hati, bisa diakibatkan karena terapi Glivec, dimana metabolisme Glivec terutama adalah di hati/liver dan hanya 13% ekskresi melalui ginjal.

Mengenai pemeriksaan rutin, pada situs Glivec.com disebutkan bahwa pemeriksaan darah lengkap mesti dilakukan secara teratur selama terapi dengan Glivec. Fungsi hati juga perlu dimonitor secara reguler. Hal ini untuk menindaklanjuti penanganan masing2 pasien seiring dengan perkembangan dan dampaknya pada pasien yang bisa berbeda2.

Jadi, keterangan2 dan informasi yang saya dapatkan terkait gastrectomy dan terapi Glivec di atas, bagi saya sangat bermanfaat. Walaupun tidak bisa ikut puasa secara penuh dan parameter2 hasil cek laboratorium menurun, saya masih bisa merasa tetap semangat dan penuh harapan…

10 thoughts on “Pemeriksaan selama Terapi Glivec

      1. lydia ulyd

        thx supportnya… bukan paramedis mas, hanya penyampai informasi yg berkaitan dgn CML, GIST, NOA, Gleevec juga ttg Himpunan ELGEKA tentunya..

        Reply

Leave a Reply

