Mau Langsing ? (3)

Melanjutkan posting sebelumnya…

Vertical Banded Gastroplasty

Proses bariatrics yang satu ini buat saya cukup mengerikan, bayangin aja, lambung kita dibolongin terus di-staples jadi kayak donat…

Iya, pada lambung dibuat lubang bundar beberapa inci di bawah esophagus. Kemudian dibuat kantong kecil di lambung dengan staples sehingga terbentuklah “lambung baru” yang hanya bisa menampung sekitar ½ sd 1 oz makanan padat.

Selanjutnya, sebuah pita dipasang di sekitar lambung melalui lubang donat tadi… Pita ini berfungsi untuk mencegah peregangan jalan makanan dan juga menjaga ukurannya. Dengan dibatasinya jalan makanan, maka pasien akan merasa cepat kenyang sehingga akan menurunkan keinginannya untuk makan secara normal (apalagi makan banyak).

Karena prosesnya tersebut, risiko yang mungkin timbul adalah rusak/putusnya pita dan jebolnya staple (ngeri kan…)

(lihat video…)

Biliopancreatic Diversion (BPD)

BPD merupakan kombinasi pembatasan proses pencernaan dan prosedur malabsorptive. Tujuannya adalah menurunkan berat badan dengan merubah jalur pencernaan (agak mirip seperti yang saya alami, tapi bukan untuk kurus lho…) sehingga nutrisi makan tidak dapat terserap tubuh secara normal.

Pada bagian pertama operasi, ukuran lambung dikecilkan dengan staples… Katup pyloric, yang mengatur jalannya makanan dari lambung ke usus 12 jari, sebagian usus 12 jari (duodenum), bagian awal usus halus, tetap dibiarkan pada tempatnya, hal ini untuk mengurangi seringnya komplikasi gastric “dumping”.

Selanjutnya, aliran makanan dipisahkan dari aliran enzim yang berasal dari empedu dan pankreas. Walaupun proses ini mengurangi kemampuan absorpsi nutris dan lemak, tubuh tetap dapat mendapat manfaat dari enzim pencernaan.

Dengan prosedur ini, walaupun sering makan, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan normal karena adanya pengalihan jalur pencernaan.

(lihat video…)

Proses yang kompleks ini terbukti sukses dapat mengurangi berat badan dalam jangka panjang.

Kesimpulannya…

Setelah membaca ke-empat proses operasi bariartric untuk mengurangi berat badan, ternyata risikonya tidak main2. Namun demikian, untuk orang2 yang sudah melewati ambang batas obesitas ekstrim, pilihannya adalah operasi. Menurut penelitian, orang2 ini kualitas hidup serta ekspektasi umurnya menjadi lebih baik setelah operasi…

Bagi yang masih sedikit overweight atau obesitas ringan, kalau bisa diubah gaya hidupnya tentu akan ringan sekali risikonya. Salah satu upaya yang baik adalah dengan puasa, saya jadi ingat dengan salah satu komentar sahabat: “puasa juga salah satu cara diet terbaik”. Selain baik bagi jasmani, baik juga bagi kesehatan rohani…

2 thoughts on “Mau Langsing ? (3)

  1. kang oner

    Assalamu’alikum, Poer, trims ya. Tulisan ini benar2 menambah wawasan gw tentang pengaturan pencernaan. Sebenarnya gw dah banyak belajar soal itu di Fak. Pe-ternakan. Tapi antara kenyang dan nikmat adalah 2 rasa berbeda. Mengendalikan syahwat memang sulit. Jadi index 29,05 deh, wasalam.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s