Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh

 

Belum lama ini saya melihat posting FB seorang teman dengan link : “Bila ternyata, kita tidak membutuhkan resep makanan”…

Rupanya link tersebut merujuk kepada buku yang berjudul “Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh” karangan Dr. Tan Shot Yen, M. Hum dan Hindah Muaris.

Kebayang kan kalau kita mengkonsumsi makanan yang tanpa resep, he he he…

Dalam resensi buku tersebut dikatakan bahwa pada prinsipnya untuk sehat, manusia tidak membutuhkan resep masakan. Karena setiap masakan menghilangkan hampir semua nilai gizi dan yang pasti, nilai gizi terbaik sudah hilang sama sekali. Waduh…

Ternyata, makanan yang bergizi lengkap dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, adalah makanan mentah atau Raw food (??? tampaknya ini merujuk kepada sayur dan buah2an…).  Pada hakekatnya, sayur dan buah juga karbohidrat, apabila dipecah dalam proses pencernaan keduanya menjadi zat gula. Dan sayur plus buah juga sumber serat, vitamin, mineral, atau antioksidan.

Dari uraian dalam resensi buku di atas terlihat bahwa ada keselarasan dengan ide yang disampaikan dalam Gerson Therapy (GT) dan buku The Miracle of Enzyme.  Namun demikian, agak berbeda dengan raw food dan GT yang mengandalkan sayur dan buah2an, konsep yang disampaikan dalam The Miracle of Enzyme masih memberikan porsi untuk makanan non sayur dan buah2an walaupun dengan jumlah yang dibatasi (termasuk membolehkan daging dan gorengan…)

Sekilas saja terlihat bahwa untuk menerapkan konsep makanan raw food dan GT dibutuhkan disiplin serta kemauan yang sangat tinggi…

10 thoughts on “Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh

  1. yayuk

    memang benar pak, suami saya sangaaat ingin mengikuti gt, tapi efek ke tubuh nggak kuat. berat sekali rasanya, tensi turun, lambung perih. kalau bab udah berwarna hijau, suami saya harus cepat minum impepsa karena kalau terlambat panjang urusannya, berak darah. yang masih rutin dilakukan adalah enema kopi 2 kali sehari ( plong banget ) dan hippo soup. jus buah hanya kalau lambung ok.pengganti jus, suami saya perbanyak minum vitamin pencernaan aja.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      dalam situsnya GT (posting tentang GT) disebutkan juga kalau pasien perlu mendapat supervisi dari “dokter GT” sehingga kebutuhan nutrisinya dan kondisi tubuhnya dapat terjaga…

      membaca tentang suami mba Yayuk, saya jadi teringat alm. bapak saya yang terkena sirosis hati. sayangnya dulu (th.80-an) belum ada blog dan teknologi kedokteran seperti sekarang yang sudah jauh lebih baik dalam membantu pasien…

      Reply
  2. yayuk

    suami saya sudah keluar masuk rumah sakit setahun terakhir ini. prof hatinya tidak mengetahui penyebab sakit liver padahal sudah cek darah autoimun, kanker, segala macam. tidak ada virus hep b atau c. minum obat dokter juga tidak kuat. sebulan terakhir dirawat mertua dari kampung. ada sedikit perbaikan. ini memang garis yang allah tetapkan bagi keluarga kami. semua pasti ada hikmahnya. selagi ada umur, kita wajib ikhtiar. ibu saya sakit jantung bawaan lahir. jantungnya hanya berfungsi sebelah kanan. kata dokter tidak bisa hidup, tapi atas kehendak allah sehat sampai sekarang, punya anak 7 melahirkan normal.

    Reply
  3. Sahabat Yogya

    @Hiii Yayuk & Pak Anto seru yah diskusinya….
    Walau mengenal Yayuk hanya by phone & sms n nge-net hik, aku merasakan bagaimana dikau mendampingi Aa dengan sepenuh hati.Kalo Aa punya Yayuk, aku punya Mas Iwan ha ha ha soulmate nih yeee.Hayooo ikutan enema kan? nggak nunggu sakit? hikikik. Soal cicak, aku langsung jingkrak-jingkrak Yuk kalo liat, apalagi ada di meja makan, nggak jadi doyan sup hippo deh. Eh, cobain sup krim jagungnya juga dong! Udah dapet buku GT dari Pakde Omri kan?

    Pak Anto…kita biasa heboh, maaf ya blognya dipakai buat ngrumpi hikikikik.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      monggo mba, silahken…

      saya senang sekali kalau blognya bisa memfasilitasi diskusi, ngerumpi, silaturahmi…

      ngomong2 buku GT pakde Omri ada di Gramedia?

      Reply
  4. yayuk

    senang sekali aku bisa mengenal ani, orang yang selalu optimis dan ceria lewat seorang teman yang juga istimewa, mas ocekojiro. mereka orang2 yang kuhubungi jika hati sedang bimbang. alhmdulillah mereka selalu bisa memberikan semangat dan masukan yang berharga untuk kami. aku didumai, ani dijogya. semoga suatu waktu kita bisa bertemu ya ni. kalau mas oce, udah pernah jumpa ketika aa dirawat diRSPP bulan lalu. saya dapat buku gt gratis dari pakde omri (dumai kota kecil, belum ada gramedia). kenalnya juga dari mas oce. pak omri orang yang sangat dermawan dan murah hati.mau membantu sesama (semoga selalu bahagia dan sehat ya pakde). ternyata dibalik sakit yang diberi allah, kita bisa saling kenal ya pak anto, tambah teman dan saudara. saling memberi doa, semoga diberi kemudahan sembuh oleh allah. amiiiin…

    Reply
  5. Sahabat Yogya

    He he he….untuk Yayuk yang juga berjuang sepenuh hati, untuk siapapun pendamping pasien/orang terdekat, saya meyakini kalian memiliki tekanan hidup dan perihnya hati sama seperti yang saya rasakan. So…jangan lupa minum vitamin, vitamin fisik ataupun vitamin psikis he he he….dan jangan bosan mendampingi, karena saya meyakini kalian adalah pilihan Tuhan untuk mendapat surgaNya.Amin. Be strong…

    Reply

Leave a Reply

