Pendorong Semangat

Semangat orang yang normal biasanya akan naik turun. Ketika semangat tinggi, semua hal rasanya dapat dilakukan… Namun ketika dia sedang drop, ide2pun seperti menghilang…

Pada saat2 semangat berada di bawah normal, seperti saat2 tertentu ketika sakit atau menghadapi masalah, tentunya dibutuhkan dorongan agar bisa menjalani kehidupan dan melaksanakan tugas dengan senang hati dan tanpa beban…

Seperti yang disampaikan dalam posting tentang enzim, hal2 yang menyenangkan dan membahagiakan dapat berefek positif bagi kesehatan dan percepatan proses penyembuhan…

Belum lama ini saya benar2 merasakan betapa bersyukurnya bila kita bisa merasakan dorongan semangat tersebut (ada juga lho orang2 yang sudah didorong semangatnya tapi masih ngga merasa…).

Dalam proses pemulihan kesehatan dan proses terapi yang saya hadapi, kadang2 terasa sakit pasca operasi serta kesulitan makan/pencernaan, ada beberapa hal yang saya catat dapat mendorong semangat :

  1. Silaturahmi, kunjungan dari teman dan kerabat. Hal ini saya rasakan secara langsung positif dampaknya… teman dan kerabat yang datang bisa memberikan dukungan.  Kita bisa ngobrol2, sharing, berbagi informasi, bahkan bisa menjadi sumber solusi dari pertanyaan atau masalah2 yang kita hadapi. Silaturahmi juga tidak harus secara fisik, seringkali teman2 atau kerabat menyapa dan memberi dukungan lewat SMS, Facebook, chatting, email, milis, dll.
  2. Berita gembira. Rasa tidak nyaman, pikiran yang tidak baik (was2, cemas) bisa tergantikan segera dengan adanya berita gembira. Contohnya, bersyukur anak saya nomer 2 mendapat nilai bagus di raport nya, masuk 3 besar pula di kelasnya. Sementara anak yang nomer 1 juga bisa masuk jurusan IPA di SMAnya. Padahal kita sudah sempat ketar-ketir karena ada 1 atau 2 pelajaran bidang IPA yang nilainya sedikit berada di bawah 8 (syarat minimal di SMAnya). Soalnya dia harapannya bisa melanjutkan kuliah untuk menjadi dokter… Kemudian, ketika kontrol ke dokter bedah digestif, disampaikan berita bahwa kondisi pasca operasi baik sekali (walaupun masih terus dalam proses pemulihan)…
  3. Bacaan bermanfaat. Membaca buku2 motivasi bisa membangkitkan semangat, merubah pola pikir menjadi positif. Demikian pula dengan kitab suci serta buku2 agama yang membuat hati menjadi tenang… Kemarin itu salah satunya saya membaca buku Provokasi karangan Prasetya M.Brata (pinjam teman).  Sampai2 saya sempatkan untuk diskusi langsung mengenai hyphotherapy (terima kasih mas Pras). Sebagai info, buku ini sudah tidak ada di Gramedia, namun kita bisa pesan melalui Gramedia online…
  4. Meditasi/zikir. Ketika masih mahasiswa, saya menyempatkan diri belajar pernafasan. Sebagian orang menggabungkan olah nafas dengan meditasi dan sebagian lainnya dengan berzikir mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.  Terus terang saya sudah lama tidak mempraktekkan olah nafas ini.  Beberapa hari yang lalu saya mulai kembali olah nafas pada pagi hari… efeknya langsung, rasa sakit berkurang (walaupun sore harinya akan mulai terasa lagi, tetapi ini sangat bermanfaat) dan semangat hidup meningkat… mudah2an juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Ilahi…
  5. Berbagi dan komunikasi. Saya merasa tidak sendirian sebagai penderita sakit yang langka, ada beberapa orang lain yang juga mengalaminya. Bahkan melalui jaringan komunikasi via internet, blog dan facebook saya jadi mengetahui berbagai jenis penyakit terutama kanker yang dampaknya pun macam2. Saya juga ngobrol2 dengan teman2 dan kerabat yang sedang atau pernah mengalami sakit (jantung, macam2 kanker, gagal ginjal, dll). Dengan ngobrol2 dan browsing internet tersebut, kita mendapat banyak contoh2 kisah mengenai kesembuhan, kesabaran, ikhtiar dan kisah2 lainnya (termasuk yang negatif). Itu semua menjadi bahan renungan bagi saya untuk diambil sisi positifnya.

Kesimpulannya, apapun kejadian dan informasi yang kita dapatkan, apabila kita dapat mengambil sisi positifnya, akan menjadi pendorong semangat dalam kehidupan kita…

Leave a Reply

