Efek Samping – Glivec® (2)

Tiga hari yang lalu, Senin 14 Juni 2010 saya menjalani pemeriksaan CT Scan dan darah lengkap di RS PI sebelum mulai terapi Glivec, seperti yang diminta oleh dokter onkologi. Beliau akan melihat perbandingan hasil pemeriksaan sebelum dan sesudah terapi Glivec,

Hasil CT Scan menunjukkan anatomi pasca operasi (sayangnya belum tahu caranya upload…), alhamdulillah tidak ada tanda2 penyebaran sel2 yang tidak baik (metastasis). Sementara itu, hasil darah menunjukkan hb yang masih di bawah minimum, 12,3g/dl… normalnya paling tidak 13g/dl. Bagaimanapun juga saya tetap bersyukur karena sebelum operasi biasanya hb saya lebih rendah lagi…

Setelah pemeriksaan selesai, siang itu saya mulai minum Glivec… dosisnya adalah 4x sehari @100mg. Pagi minum jam 6, siang jam 11, sore jam 4 dan malam jam 9… Semuanya setelah makan…

Efek yang saya rasakan, mudah2an tidak berat, kadang2 ada denging di telinga dan kepala rasanya kurang nyaman (tidak bisa dijelaskan, seperti agak pusing sedikit…), dan malam hari jadi tidak bisa langsung tidur. Hari pertama (Selasa) BAB kurang bagus, hari kedua (Rabu) perut terasa mules2 (apa karena obat atau makanan lain ya?), hari ketiga (Kamis) saya diare… Walah2… mudah2an diarenya tidak berlarut ya…

Selain masalah telinga, kepala dan perut, rasanya tidak ada efek samping lainnya… dan mudah2an dalam jangka panjang juga tidak ada masalah yang serius…

Hayo, yang semangat dan optimis…

2 thoughts on “Efek Samping – Glivec® (2)

  1. ED Laksmi

    saya acungkan jempol untuk anda. Sungguh hebat, anda masih sempatkan untuk berbagi dengan orang lain. be strong! bravo! semoga kesembuhan diberikaan segera oleh Allah swt.

    Reply

Leave a Reply

