Terapi Alternatif Kanker

 

Minggu lalu, setelah kontrol ke dokter bedah digestif, saya mampir sebentar ke mal di dekat rumah. Tujuannya, saya ingin mencari bacaan sebagai pengisi waktu selama saya rawat jalan di rumah, maklum saja, tidak banyak kegiatan yang dapat saya lakukan sebelum benar2 pulih…

Begitu saya masuk toko buku di mal tersebut, ada tumpukan buku best-seller berjudul The Miracle of Enzyme karangan Hiromi Shinya. Yang membuat saya tertarik untuk membeli adalah adanya tulisan – Menyembuhkan Kanker…

 

Malam itu juga saya membaca sebagian isi buku tersebut, menarik, karena pengarang adalah seorang dokter yang memiliki pengalaman puluhan tahun di bidang pencernaan – terutama lambung dan usus – sangat relevan dengan penyakit yang saya derita. Idenya adalah mendapatkan kesehatan atau penyembuhan melalui pola makan dan gaya hidup…

Saya ingin share mengenai basic idea serta tips2 dari buku tersebut, namun demikian, saya selesaikan dulu membacanya ya…

9 thoughts on “Terapi Alternatif Kanker

  1. Irawati

    Pur, sy jg sdh baca buku tsb. Bagus, ada bbrp hal yg sy jg baru tahu. Memang kt sebaiknya menggunakan enzim yg alami dgn bnyk memakan sayuran yg masih hidup alias mentah, tentunya dgn dicuci yg bersih…

    Reply
  2. antopurwanto Post author

    Iya Ira, kita juga lebih percaya karena pengarangnya seorang guru besar yang berpengalaman puluhan tahun… Ternyata banyak hal tentang kesehatan yang hanya merupakan mitos belaka…
    Salam

    Reply
  3. Sahabat Yogya

    Anda perlu melengkapi dengan “Gerson Therapy” yang ditulis Charlotte Gerson & Morton Walker (kebetulan untuk di Indonesia saya salah satu pemakai Full Gerson Therapy). Juga “PH Miracle” Robert O Young. Daan masih banyak lagi….he he he.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Saya tertarik juga dengan Gerson Therapy, karena mendekat kepada alam, serba buah dan sayuran. Tahun 2005 saya sempat mencoba terapi seperti itu (vegetarian, banyak jus sayur dan buah) di bawah pengawasan seorang dokter. Saya ikut terapi dengan dokter tersebut karena banyak yang berhasil, jalan beberapa bulan, tetapi rupanya saya (atau penyakitnya) tidak cocok, badan saya bengkak2 (ada penumpukan cairan). Akhirnya tidak diteruskan…
      Insya Allah nanti saya akan coba kupas juga mengenai Gerson Therapy, tinggal tunggu tanggal mainnya, he he he…

      Reply
  4. Sahabat Yogya

    Ada pembengkakan? Kemungkinan terdekat ginjal anda sedikit terganggu. Cara termudah dengan minum rebusan rambut jagung (nanti saya korek resepnya). so…dalam hal GT (Gerson Terapi) ada istilah flare-ups yang biasa kami sebut healing reaction. Saya mengalaminya 40 hari tidak bangun. But saya sangat konsisten. Menambah juice dan enema kopi. Tidak lari ke UGD maksudnya he he he. Di Indonesia ada beberapa caregiver dan pelaku GT seperti saya. Caregiver terdekat di Singapur & Malaysia. Tapi maafff hik ini tidak berlaku untuk pasien yang manja ha ha ha ha Berap Pak. Nggak bohong. Nanti saya sambung lagi, maghrib nih…

    Reply
  5. Sahabat Yogya

    Hiii Pak Anto, how are you this morning?
    Saya pencinta pagi, menginjak embun, berjemur di teras, memotong rumpur, mandiin ayam, ha ha ha ha
    Kembali ke soal bengkak. Dari yang saya pelajari di GT, kemungkinan lain selain soal ginjal juga kebanyakan sodium. So…untuk penyintas kanker seperti saya, sejak awal terdiagnosa CA, hampir setiap tes sodium dalam darah, semuanya menunjukkan kecenderungan angka tinggi. Wah amburadul angkanya pak! seamburadul SGOT/PT dan Creatinine hik.Tapi alhamdulillah semua terkoreksi dengan program GT. Huuuuh. GT tidak mengijinkan makan garam dan gula. Tapi don’t worry, semua tersubsidi oleh unsur K dari garam tersebut (K-salt/pottasium)hi hi hi…kok saya jadi ceramah sihhh maafff…just sharing. Karena saya sering ketemu teman-teman Vegan yang hobbynya makan pecel manis asin hik. Bukan salah, tapi dulu saya juga begitu karena belum banyak mengerti. maaf ya Pak jika kecerewetan, ih keterlaluan ya!Maaff

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Alhamdulillah, fine, thank you…

      Hari ini sibuk full, pagi2 sudah pergi ke acara pertemuan dengan sesama pasien GIST, ada penjelasan dan informasi dari dokter, penyedia obat/farmasi, himpunan ELGEKA (leukemia dan GIST) serta sharing dari sesama pasien. Acaranya dihadiri pasien GIST dari berbagai kota… menyenangkan, banyak informasi penting dan tukar pengalaman. Pulang2 sudah capek. Sorenya mesti ke RS lagi, urusan administrasi. Baru bisa online malem2 diseling pertandingan Jerman-Argentina, he he he…

      Setuju mba, setiap terapi perlu konsultasi dengan ahlinya/sesuai program serta rutin kontrol… Vegetarian tanpa program yang tepat bisa menimbulkan masalah baru, mungkin ini yang juga perlu disampaikan kepada para pembaca blog dan teman2 lain. Jangan sampai pola vegetarian-nya yang disalahkan (hampir2 saya ikutan, he he he).

      Banyak yang belum tahu mengenai vegetarian yang tepat. Awamnya kan cuman tidak konsumsi makanan hewani, padahal perlu seimbang nutrisi, vitamin, mineral, dll.

      Terima kasih atas informasinya mba, mudah2an bisa sampai pula kepada para pembaca…

      Informasi dan pengalaman lainnya masih tetap ditunggu lho (para pembaca kalau mau tanya2 boleh ya…).

      Salam

      Reply

Leave a Reply

