Operasi GIST (2)

Dalam posting tentang operasi GIST sebelumnya sudah digambarkan secara umum anatomi pencernaan serta prosedur pemotongan lambung dan usus serta penyambungannya kembali. Kali ini saya ingin menggambarkan proses operasi khusus untuk kasus saya.

Setelah operasi berjalan 6 jam, isteri saya dipanggil dokter bedah digestif untuk melihat tumor yang telah diangkat. Kata isteri saya ukurannya besar (berdasarkan CT Scan 14x15x11 cm untuk yang di luar lambung). Mungkin beratnya bisa 1-2 kg… Yang saya tidak menyangka, dokter bedah mengambil foto tumor2 tersebut, mulai dari proses sebelum diangkat sd setelah tumornya dibelah. Hanya saja proses operasinya tidak diabadikan dalam video… (6 jam bisa 3 keping CD ya…). Dengan melihat foto dari dokter diketahui bahwa selain tumor di luar lambung yang berukuran 14x15x11 cm, terdapat pula tumor yang berada di dalam lambung dengan ukuran yang hampir sama …

Kalau berminat (dan berani) melihat foto tersebut bisa diunduh dengan meng-klik situs flickr saya…
Foto 1
Foto 2

Dari foto tersebut jelaslah bahwa banyak bagian lambung saya yang diangkat membuat ukuran lambung tinggal 1/4 dari aslinya…

Selanjutnya, dokter bedah digestif juga menggambarkan proses operasi yang saya alami, tapi sebelumnya saya akan gambarkan anatomi sekitar lambung yang normal :

Sementara itu, anatomi pencernaan saya sudah agak berbeda karena operasi bypass (dari lambung dibuat saluran tambahan menggunakan potongan usus yang disambung ke usus halus) yang dilakukan pada tahun 2001 karena adanya kista pankreas (saya gambar sendiri jadi mohon maklum kalau kurang akurat…) :

Setelah dioperasi maka menjadi seperti ini :

Sebenarnya ada yang kurang dari gambar anatomi saya, yaitu tumor besar yang berada di luar lambung (nempel di lambung), tidak saya gambar karena tidak ada bayangan seperti apa tampaknya dan kalau pun digambar akan menutupi gambar sebagian besar organ lainnya…

Melihat proses operasi tersebut, dipikir2 ternyata kemajuan teknologi kedokteran canggih juga ya… (dan tentunya betapa Maha Canggihnya Yang Maha Pencipta…)…

Dengan adanya perubahan lalu lintas pencernaan di perut saya, dokter memberikan tambahan enzim dalam bentuk tablet untuk membantu proses pencernaan. Mudah2an selanjutnya pencernaan saya bisa berfungsi dengan baik lagi sehingga dapat meningkatkan kondisi tubuh, soalnya sekarang berat badan saya sudah turun 10kg dan saya terlihat kurus… Selain itu, saya juga dirujuk ke dokter ahli gizi untuk mengatur pola makan selanjutnya…

Menurut dokter bedah digestif lambat laun proses pencernaan akan berjalan dengan baik walaupun tidak sempurna lagi. Selanjutnya, rasa sakit bekas operasi akan hilang sekitar 12 minggu pasca operasi, sementara ini saya masih bergerak dan jalan secara perlahan2 saja (padahal rasanya sudah mau jalan2 aja …). Memang seperti ditulis dalam beberapa literatur, pasca operasi yang besar ini selain pemulihan fisik juga perlu pemulihan mental alias harus sabar …

2 thoughts on “Operasi GIST (2)

  1. ocekojiro

    Salam kenal dan tetap semangat pak…
    Sy penderita CML yg tdk sanggup membeli GLIVEC, namun awal juni ini genap enam tahun hidup dg LEUKEMIA.

    Wass
    ocekojiro

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Salam kenal juga…
      Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari dokter dan petugas dari Novartis, Glivec bisa didapatkan dengan cuma2/subsidi… Saya sendiri sedang menunggu obatnya (masih belum mendapatkan Glivec)…
      Memang betul, obat yang sebenarnya adalah dari Yang Maha Kuasa… ditambah dengan semangat dan pikiran positif akan mempercepat proses penyembuhan/ peningkatan kualitas hidup…
      Kita sama2 saling mendukung ya…
      Salam
      Anto Purwanto

      Reply

Leave a Reply

