Kanker GIST – Langka (2)

Langkanya kasus GIST dapat diketahui pula dari jurnal : “Indonesian Journal of Cancer”, RS. Kanker Dharmais (Pusat Kanker Nasional) Vol. 2 No. 2 April – Juni 2008, dengan judul Deteksi Dini Gastrointestinal Stromal Tumor yang ditulis oleh Dukut Respati Kastomo (Staf Medik Fungsional Bedah Digestif RS. Kanker Dharmais).

Disebutkan bahwa GIST merupakan keganasan yang berasal dari jaringan mesenkhim. Nama Gastrointestinal dipakai karena keganasan ini mula-mula dan terbanyak (dua pertiga stromal tumor) ditemukan di gaster/lambung. Mengingat lokasi jaringan maka dalam keadaan dini hampir tidak mungkin diketahui keberadaannya sampai menimbulkan gejala klinis dari ringan sampai berat.

Berdasarkan reevaluasi hasil pemeriksaan histopatologi kasus dengan diagnosis leiomiosarkoma, leiomioma saluran cerna, ditemukan (hanya) 22 kasus tumor GIST dari 932 kasus keganasan saluran cerna dalam periode 1995 – 2007.

Di RS. Kanker Dharmais, dari 22 kasus GIST, 8 kasus ditemukan pasca bedah pada pemeriksaan Histopatologi kedua secara immunohistokimia. 14 kasus lain ditemukan secara immunohistokimia pada sediaan penderita yang sudah meninggal. Lokasi terbanyak di lambung 7 kasus, kemudian omentum 6 kasus, rektum 3 kasus, esofagus dan jejunum masing-masing 2 kasus, dan mesokolon dan hati masing-masing 1 kasus.

Kelainan awal pada GIST dapat menimbulkan gangguan ringan gerakan usus seperti rasa tidak nyaman, mual, sampai mulas. Sedangkan gejala obstruksi, kolik dan perdarahan merupakan gejala yang sudah lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s