Operasi GIST

Beberapa hari setelah operasi, dokter bedah digestif menjelaskan proses operasi yang saya alami. Penjelasan dilakukan dilengkapi dengan foto2 ketika operasi dan tumor yang telah diangkat serta diagram/gambar proses pencernaan sebelum dan sesudah operasi.

Ini adalah gambar anatomy secara umum untuk pencernaan:

Rupanya operasi perut (Laparatomy) yang dilakukan pada tanggal 17 Mei 2010 kemarin adalah dengan membuka perut secara melengkung melintang seperti busur mulai dari perut kanan, naik ke atas dekat tulang iga, melintang dan turun lagi ke perut kiri, agar perut dapat terbuka dengan selebar-lebarnya kemudian mengangkat tumor yang ada di dalam perut dan di dalam lambung. Karena tumor yang di dalam lambung sudah menutupi 70% lambung, maka dilakukan pengambilan sebagian besar lambung (gastrectomy – 3/4) khususnya lambung bagian bawah. Dilakukan juga pemotongan usus (yang sebelumnya nempel ke lambung).

Berikut adalah gambar pencernaan di sekitar lambung, empedu, pancreas dan usus 12 jari:

catatan : liver = hati, stomach = lambung, gallbladder = empedu, duodenum = usus 12 jari.

Dengan adanya pemotongan lambung dan usus, lalulintas pencernaan menjadi sedikit berubah. Normalnya, makanan akan melalui lambung kemudian lewat usus 12 jari (di sini mix dengan enzyme dari pancreas dan empedu) lalu melewati usus halus. Setelah operasi, makanan dari lambung langsung disalurkan melalui usus halus yang disambung ke lambung (bypass – belum digambar, agak kompleks), sementara itu usus 12 jari yang sebelumnya nempel ke lambung, disambung langsung dengan empedu dan pancreas (proses Roux en Y).  Dokter bilang sih, secara umum proses pencernaannya masih sama, hanya saja perlu kiat2 khusus agar makanan dapat diserap dengan baik oleh usus, misalnya, dengan susu/suplemen khusus. Sebagai informasi, berat badan saya sudah turun 10kg menjadi 53kg.

Berikut ini adalah gambar proses (sebelum dan sesudah) pemotongan lambung serta bypass yang umum dilakukan pada penderita kanker GIST :


Untuk operasi yang saya alami, ada sedikit perbedaan pada penyambungan lambung dengan usus halus, yang tidak digambarkan disini…

Menurut dokter, pemulihan luka di dalam perut bisa memakan waktu sekitar 3 mingguan. Sementara itu, lambung yang tinggal ¼ lambat laun akan dapat berkembang (mudah2an bisa normal lagi ya…).

Yang tampak di luar, luka bekas operasi sudah mengering namun masih terasa nyeri di sekitarnya …

Referensi : gistsupport.org

6 thoughts on “Operasi GIST

  1. EFFENDY BUNGKANG

    Mas anto, pekenalkan Saya Pak Effendy, Istri saya menderita GIST letak dan besarnya GIST, hampir sama dengan anda. Saya mau nanya :
    – Operasi pemotongan lambung dan pengangkatan GIST dilaksanakan di Rumah Sakit mana.
    – Apakah dilaksanakan Open Biopsi, untuk mengambil sampel Jaringan GIST dalam rangka pengujian dengan CD 117 ataukah cukup dengan FNA B

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s