Kanker GIST – Langka

Hari Sabtu 22 Mei 2010, 5 hari setelah operasi, dokter menyampaikan berita yang membuat shock, hasil analisa terhadap tumor yang telah diangkat adalah positif (alias tumor ganas/kanker). Selanjutnya akan diteliti lagi jenisnya untuk mengetahui metode penyembuhannya (apakah kemoterapi dll.).

Hari Selasa berikutnya, diketahui jenis penyakit saya adalah GIST (Gastro Intestinal Stromal Tumor). Karena curious, kita langsung browse internet dan mendapatkan informasi yang mendebarkan sekaligus ada pula informasi yang memberikan harapan:

GIST tergolong langka dan termasuk dalam jenis sarcoma (kanker yang menyerang sel/lapisan penghubung/mesenchymal contoh: tulang, tendon, syaraf, lemak, otot, pembuluh darah). Sarcoma terjadi hanya pada sekitar 1% dari kanker yang menyerang orang dewasa. Sebagai informasi, terdapat sekitar 1,4 juta kasus kanker baru setiap tahunnya di Amerika dan 15.000 diantaranya termasuk sarcoma.

Begitu pula pada lambung, langkanya kasus GIST terlihat dari persentasi yang hanya 1-3% dari kasus2 tumor pada lambung.

Kanker pada umumnya termasuk carcinoma (kanker yang menyerang sel/lapisan terluar organ/epithel), contohnya kanker payudara, prostate, dll.

Sebagian besar (55%) GIST terjadi di lambung, 30% di usus halus, rectum dan esophagus (masing2 5%), usus besar 2% dan lainnya. Umumnya, penderita GIST sudah berumur, jarang ditemukann penderita anak2.

Berdasarkan literature, tidak diketahui adanya factor risiko lingkungan dan gaya hidup yang memberikan kontribusi terjadinya GIST. Dengan demikian, pasien tidak perlu khawatir dengan makanan dan gaya hidup (Walaupun demikian, dokter bedah saya pernah memberitahu bahwa kasus GIST banyak terjadi di Jepang dan di China yang sering makan makanan dalam keadaan panas2 seperti mie dan bubur… hal ini juga yang kadang2 saya lakukan…).

Penyebab GIST sendiri adalah mutasi gen sehingga terdapat ketidaknormalan enzyme tyrosine kinase yang bertanggungjawab dalam pengembangan dan pembelahan sel.

GIST terkenal akan kebandelannya terhadap radiotherapy dan kemoterapi, alias tidak mempan… Untungnya, penelitian telah menemukan obat yang dapat menghentikan asupan makanan bagi sel2 GIST, sehingga akhirnya sel2 GIST akan mati.

Referensi: wikipedia.org, gistsupport.org, medicastore.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s