Hernia pasca operasi

Incisional Hernia

Setelah mengalami pembedahan pada perut (abdomen) biasanya diperlukan waktu yang cukup (lama) agar jaringan2 yang telah ter-iris pisau bedah kembali menyatu, merapat sampai kuat. Termasuk pula jaringan otot perut (itu lho…, yang bisa membentuk perut bagus alias “six pack”…).
.

.
Apabila dinding perut di sekitar area pembedahan masih lemah, belum menempel dengan kuat, dapat terjadi jaringan atau organ tubuh (mis. usus) yang ada di dalam perut/abdomen menyembul keluar melalui dinding perut yang lemah tersebut (disebut juga incisional hernia).

Incisional hernia terjadi pada orang2 yang telah mengalami pembedahan perut.

Peningkatan berat badan secara cepat, aktivitas fisik yang membuat tekanan/tarikan pada (otot) perut, kehamilan, mengejan karena sembelit, muntah2 berat, batuk, dapat menyebabkan dinding perut bekas operasi menegang. Selanjutnya, karena dinding tersebut masih belum kuat, rapat seperti semula, terjadilah hernia.

Gejala / symptom

Incisional hernia menyebabkan sembulan atau tonjolan di area perut.

Bisa jadi tidak terasa sakit, ngilu, tetapi sembulan tersebut “empuk” dan terasa tidak nyaman saat pasien melakukan aktivitas fisik yang menarik/menekan otot perut, seperti mengangkat barang atau batuk. Sembulan tersebut bisa menghilang ketika pasien berbaring, tampak jelas bila sedang berdiri. Bila sembulan tersebut bisa ditekan dan tidak muncul lagi, disebut reducible hernia. Tapi kalau tidak bisa, artinya ada jaringan atau organ tubuh yang terjebak, terjepit. Gejalanya, terasa sakit, ngilu, mual2, muntah, sembelit, dan sembulan tidak menghilang ketika berbaring. Ketika organ tubuh tadi terjepit, aliran darah ke sana bisa terhenti, sehingga ada jaringan yang mati. Kondisi ini disebut strangulated hernia. Incisional hernia dapat membesar seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk mendiagnosa incisional hernia, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dia akan melihat sembulan tadi dan meminta pasien untuk batuk, berdehem. Batuk dapat menyebabkan sembulan hernia keluar membesar.

Penanganan

Penderita incisional hernia dapat menggunakan sabuk khusus untuk menjaga dan mencegah hernia menyembul. Mereka harus menghindari aktivitas yang menekan/menarik otot2 di sekitar perut. Kebanyakan pasien akan memilih untuk dibedah ulang, menghilangkan hernia dan mencegah kemungkinan terjadinya strangulated hernia.

Prosedur operasinya meliputi pengembalian organ tubuh ke dalam perut, dan memperbaiki dinding perut sehingga tidak ada yang dapat menyembul lagi. Bedah hernia, disebut juga herniorrhaphy, bisa merupakan pembedahan yang besar dan memakan waktu yang lama.

Namun demikian, banyak penanganan hernia yang saat ini dapat dilakukan melalui bedah laparoscopic. Dalam hal ini dokter bedah menggunakan peralatan khusus yaitu laparoscope, yang dimasukkan ke dalam perut melalui irisan kecil. Laparoscope menyerupai video camera mungil yang memberi gambaran jelas bagi dokter bedah pandangan di dalam perut. Irisan kecil lain dibuat untuk memasukkan instrumen bedah yang digunakan untuk memasukkan organ tubuh kembali ke dalam perut dan mereparasi dinding perut. Dokter bedah dapat melakukan prosedur yang disebut hernioplasty, untuk memperkuat dinding perut menggunakan bahan sintetis.

Bagi yang ingin serius memperdalam pengetahuan, bisa juga melihat video operasi penanganan hernia (lihat video).

Video ini menggambarkan operasi untuk recurrent hernia, agak ngeri, buat yang ngga kuat agar hati2…

Organ tubuh yang telah terjepit dan strangulated hernia membutuhkan pembedahan segera. Dan untuk pembedahan besar, bedah Laparoscopic tidak direkomendasikan.

Tips bagi pasien pasca bedah perut

Pasien dapat mengurangi risiko incisional hernia dengan diet yang mengandung banyak serat, minum banyak air untuk mencegah sembelit, menjaga berat badan, menghindari rokok (biar ngga batuk) dan sebisa mungkin tidak kena batuk yang parah, juga hati2 kalau bersin. Hati2 pula bila mengangkat beban:

Bila perlu gunakan support penunjang perut (itu lho, seperti yang biasa dipakai atlit)…

Tidak mudah memang bagi para pasien yang telah mengalami operasi besar, butuh waktu untuk pemulihan fisik dan kesabaran untuk pemulihan mental …

About these ads

57 thoughts on “Hernia pasca operasi

    1. antopurwanto Post author

      Tampaknya pemulihan akan sangat tergantung kondisi masing2 pasien. Akan lebih tepat bila konsultasi langsung dengan dokter yang merawatnya.

      Saya ingat almarhum kakek saya, beliau senang olahraga (dulu setahu saya sepakbola), setelah dioperasi hernia beberapa tahun kemudian kembali terjadi hernia ketika menggendong cucunya yang masih kecil.

      Salam

      Reply
  1. Ruli Nanda

    oya mas, setalah oprasi sebulan atau sebulan stengah, boleh melakukan gerak gak? sperti sit up, push up dan V sit up, atau yg lainnya deh, terutama membentuk otot purut yg telah hilang bentuknya, masalahnya sya bru slsai d oprasi kmrn, tgl 29 juli 2011.

    Trima kasih mas sebelumnya…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      sorry, baru bales ni…

      untuk gerakan sebaiknya jangan berat2 dulu, dimulai dengan yang ringan saja, dan tetap konsultasi dengan dokter untuk kegiatan yang mulai berat.

      Reply
  2. sweetmel

    terima kasih artikel ini sangat bagus dan membantu saya yang memang pernah operasi hernia tepatnya sebelah kiri dan saat ini kambuh lagi mungkin karena saya sering angkat barang yang berat. dan solusinya memang harus operasi lagi ya mas? dan juga yang sebelah kanannya sekarang ini sering terasa nyeri sama halnya seperti yang sebelah kiri yang telah dioperasi

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      kalau menurut dokter yang melakukan pembedahan, setelah operasi saya tidak boleh mengangkat beban2 yang berat dan juga menghindari kegiatan fisik yang berat…

      mencegah lebih baik daripada mengobati

      Reply
  3. zulkifli lubis

    makasih dok infonya, kalau perawatan pasca operasi hernia umbikalies dgn menggunakan jaring untuk penahan ususnya gimana ya dok? dan berapa lama ketahanan dari jaring tersebut didalam perut, tks dok

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk perawatan paska operasi sebaiknya bisa langsung diskusi dengan dokter bedah yang menanganinya. Hal ini tentunya akan dikaitkan dengan kondisi fisik pasien bersangkutan, masing-masing pasien memiliki kondisi yang bisa berbeda.

      Semoga bermanfaat.
      Salam sehat :)

      Reply
  4. dea

    4 bulan yang lalu saya menjalani operasi hernia. kata dokter pada bulan ke-3 saya boleh melakukan lari-lari kecil. namun karna agak sedikit takut saya meniatkan latihan lari pada bulan ke-4 yaitu saat ini tepatnya. seminggu saya latihan lari, namun menggunakan sempak khusus hernia, demi menjaga keamanan.
    rasa sakit alhamdullilah tidak ada, namun hanya terasa Nyeri saja pada bagian bekas jahitan operasinya. kata dokter rasa nyeri itu di sebabkan karena benang jahitan yg di kaitkan ke tulang.

    yang mau saya tanyakan ,, boleh ga melakukan sit-up ?? mau tanya dokter biaya mepet .. hehe…
    kalau ada solusi tolong di bantu ya…

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      karena saya bukan dokter :) saya tidak berani bilang boleh atau tidak… tapi secara logika jaringan otot, daging dan kulit akan menempel kembali setelah sekian lama paska operasi.
      saya sendiri belum berani olahraga yang menggunakan otot perut sekitar 2 tahun paska operasi. tadinya olahraga saya melibatkan otot perut (tarikan/molet – swing) sekarang saya hanya berani olahraga seperti sepeda dan berenang.
      sebagai informasi, untuk angkat2 beban yang berat dokter sudah melarang…
      lebih baik mencegah daripada mengobati.
      semoga bermanfaat.

      Reply
  5. Sigan

    Ass…saya habis operasi hernia 1minggu yl sebelum control sdh lumayan tapi sepulang control justru didalam perut bwh operasian terasa nyeri seperti tertusuk jarum. Apakah sakit karena lepas pembalut atau karena jalan jauh karena ngrasa sudah enak biat jalan mohon pejelasan terimakasih.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Apabila ada rasa nyeri perlu hubungi dan konsultasi segera dengan dokternya. Pengalaman saya waktu itu pernah ada rasa nyeri dan ternyata ada infeksi pada luka bekas operasi.

      Mudah2an ini cuma nyeri bekas luka saja… tapi baiknya konsultasi dengan dokter.

      Salam

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      untuk pemulihan luka bedah relatif tidak lama, tetapi tergantung jenis pembedahannya…

      umumnya sekitar 2-3 minggu luka bedah sudah kering dan jahitan bisa dicabut, seminggu berikutnya perban bekas luka bisa dibuka

      Reply
  6. Aryo

    Saya baru aja operasi Hernia tgl 10 April 2013 yll, setelah dioperasi, hari ke 2 saya disuruh jalan, mandi,dsb. tapi masih dibalut pakai plester. Setelah hari ke 5 plester dicabut. Sekarang setelah hari ke 7 saya merasa masih perih2, bukan di bekas jahitannya, tapi di dalamnya. Apakah bekas jahitan di dalam selaputnya robek lagi ya Pak? Atau memang demikian reaksinya? Kalau sakit saya berbaring sakitnya hilang. Saya takut selaputnya robek lagi. Mohon penjelasannya pak. Saya tidak angkat yang berat2, namun saya menyetir (injak kopling&rem), jalan kaki jauh, bekerja di kantor seperti biasa, pakai celana panjang & ikat pinggang. Apakah ada yang salah dari pola hidup saya pasca operasi? Terima kasih atas tanggapannya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Rasa perih bisa saja masih terasa sampai beberapa minggu, seperti saya, baru operasi tulang bahu 26 Feb kemarin dan kadang2 terasa perih sampai sekarang. Tapi dokter saya pesan kalau perihnya sangat terasa/sakit sekali, harus segera hubungi dokter. Yang saya rasakan saat ini perihnya masih wajar…sehingga saya tidak ke dokter.

      Tapi tahun 2001 saya pernah operasi besar di perut, setelah berminggu2 kalau jalan suka nyeri, sakit sekali, ternyata ada infeksi di dalam, luka jahitan di luar sudah kering tapi ada nanah di dalam sehingga jahitan harus dibuka lagi sedikit untuk mengeluarkan nanahnya…

      Kalo menurut saya kemungkinan robek lagi kelihatannya bukan tetapi coba dirasakan beberapa saat lagi, kalo memang sakit sekali hubungi segera dokter/kontrol ulang.

      Reply
    2. Heru Prayogo

      Mas Aryo, sy jg br operasi hernia 2 minggu lalu (8 Mei 2013). Sy jg merasakan perih2 bukan di jahitan tp malah di bagian atas jahitan. Sy mau tanya, apakah dokter kasih antibiotik stlh operasi? Namanya apa? soalnya sy ngga dikasih antibiotik. Thanks.

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Setelah operasi umumnya akan dikasih antibiotik, untuk mencegah adanya infeksi, tapi nama obatnya akan beda2 tergantung kondisi masing2 pasien. Rasanya kalau tidak diberi antibiotik agak janggal juga ya… tetapi itu semua tentu keputusan dari dokter ybs.

        Reply
    1. antopurwanto Post author

      Ooo, tidak selalu.

      Hernia itu kan bisa berbagai jenisnya dan lokasi. Contohnya, organ perut (lambung, usus dll) yang menonjol dan terjepit di otot dinding perut, seperti otot diafragma (ke arah rongga dada) atau usus yang menyelinap di lipatan paha atau bisa juga usus yang menonjol ke kantung sperma (buah zakar) .

      Kalau kejadiannya ususnya masuk/menyelinap ke kantung sperma, ini yang bisa menyebabkan tekanan pada jalan keluar sperma dan pada akhirnya menutup jalan sperma. Kejadian ini yang bisa menghalangi timbulnya pembuahan sel telur sehingga seseorang bisa tidak mendapat anak. Tetapi tentunya semua kelainan tersebut dapat diupayakan secara medis untuk dilakukan terapi. Yang umum adalah melalui operasi.

      Semoga bisa menjawab…

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      Sepanjang yang saya ketahui, tidak ada pantangan, kecuali kalau ada pembedahan organ2 pencernaan seperti usus dll… Tetapi agar lebih tepat perlu konsultasi dengan dokter bedah atau spesialis penyakit dalam yang menanganinya, karena setiap pasien memiliki kasus yang berbeda2.

      Reply
    2. heru prayogo

      Sedikit menambahkan: Sy operasi hernia 1 bln y.l. Dokter bilang tdk ada pantangan, tapi disarankan utk mengkonsumsi sayuran dan buahan khususnya bagi mrk yg punya masalah konstipasi atau susah buang air besar shg tdk harus banyak ‘ngeden’ saat bab. Thanks.

      Reply
    1. heru prayogo

      Setahu sy operasi hernia sekarang dipasang mesh utk menahan ‘usus’ agar tdk turun lagi ke scrotum tdk spt dulu, jd kemungkinan turun lagi sgt kecil. Jk terjadi, tdk mungkin secepat itu (1 hari pasca operasi) & krn melakukan kegiatan yg sgt berat spt mengangkat beban yg berat. Kl betul membesar, bawa lg ke dokter. Salam, Heru.

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Betul apa kata mas Heru, dengan perkembangan teknik kedokteran, sekarang sudah ada “jaring” atau “mesh” yang bisa menahan sehingga hernia tidak terulang kembali. Tapi kita tidak tahu apakah keponakan tersebut sudah dipasang “mesh” atau hanya dioperasi untuk menjahit jaringan yang “robek” saja…

        idealnya sih dipasang “mesh” tapi kembali lagi untuk meyakini kondisinya perlu dicek dan kontrol ke dokter yang merawat.

        proses operasi memang menakutkan bahkan buat orang dewasa sekalipun, apabila memungkinkan, pilih saja dokter yang ramah yang bisa dan biasa menangani anak2 bahkan kalau bisa dengan dokter khusus anak2

        salam

        Reply
  7. Rojaf kardho

    Pak sya mo nanya,
    sya abis nprasi hernia 3 bulan yg lalu, tepat nya pda tnggl 4 april.
    yg sya rasakan sa’at ini ketika duduk terasa ada benjolan di dlam jaitan, apakah itu mesh yg belum mapan . .?

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk kepastian benjolan di dalam jahitan perlu di cek dengan dokter yang menangani, bisa jadi itu adalah bekas luka di dalam kulit. Contohnya saya, bekas luka jahitan di perut ada terasa benjolan2 kecil… Kalau benjolannya cukup besar tampaknya perlu diperiksa lebih lanjut.

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      Untuk rasa nyeri yang spesifik tampaknya perlu kontrol dengan dokter yang menangani. Rasa nyeri bisa terjadi karena bekas operasi… tapi tentunya dokter yang menangani bisa lebih paham karena bisa diketahui hubungannya dengan proses operasi yang dijalani.

      Reply
    1. antopurwanto Post author

      sampai saat ini saya belum pernah mendengar adanya obat herbal yang bisa digunakan untuk hernia, mungkin sebagai tambahan/compliment untuk melengkapi/membantu tindakan medis/operasi…

      Reply
  8. ahmadi

    terima kasih atas tanya jawab dengan pasien yang pernah menjalani operasi, intinya saya jadi tau gimana mengenal kejadian-kejadian setelah operasi

    Reply
  9. husni tambun

    dok, saya baru saja operasi tumor parotis di bwah kuping paska operasi mulut saya agak mecong kalau berbicara, apa ini permanent atau sementara dok. trima kasih pak husni tambun jak bar

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      untuk lebih jelasnya perlu menghubungi tim dokter yang melakukan operasi, karena akan diketahui syaraf atau otot yang mungkin terpengaruh, apakah permanen atau sementara…

      sebagai contoh, saya pernah dioperasi di bahu dan ada otot yang terpengaruh sehingga tangan tidak bisa bergerak bebas ke segala arah, hanya bisa digerakkan ke arah tertentu, namun setelah beberapa minggu/bulan bisa kembali bergerak seperti semula. hanya saja butuh waktu yang lumayan lama dan terapi fisiologi…

      Reply
  10. nana

    mau tanya mas ,,, ayah saya kemarin operasi hernia sebelah kiri tapi ususnya juga di potong, beberapa taun yg lalu yg sebelah kanan juga di operasi,pertanyaan saya apa kah bisa kambuh lg setelah dua2 nya di operasi?? dan untuk perawatan setelah operasi waktu berapa lama?? makasih,,,

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      mba Nana, kemungkinan seperti itu bisa saja terjadi. antara lain karena jaringan/otot ayahanda yang mungkin relatif lemah atau adanya beban/tekanan yang berlebihan. pasca operasi biasanya perawatan luka sd 1 bulan sudah kering dan buka jahitan, tetapi disarankan untuk tidak menggunakan otot disekitar operasi selama beberapa waktu. untuk itu perlu konsultasi juga dengan dokter yang merawat nya…

      Reply
    2. rido

      Saya udah 2 thn oprasi hernia mas,tpi udh 2 mggu ini trasa lg sakit d dkat oprsi kmren mas,kyak usus dgn mesh yg d msukan k dlam beradu mas.apakah mesh yg d msukan bsa robek kembali mas ? Dan hernia sayabsa kmbuh lg mas ?
      Oh y mas kalau pakai mtor besar kyak vi-xion bsa mnyebabakan hernia y mas ? Soalnya stiap saya pakai mtor besar rasa skit itu timbul mas,apakah berpengaruh pda hernia mas.
      Harap infrmasi lgkap y mas
      Mksh

      Reply
      1. antopurwanto Post author

        Untuk mengetahui dengan pasti apakah ada jaringan yang “robek” perlu diteliti dan diagnosa langsung oleh dokter, khususnya dokter yang dulu menangani operasinya, karena dia akan mengetahui jaringan2 yang terkena operasi.

        Kalau hubungan antara mengendarai motor besar dan hernia saya belum pernah dengar… Yang lebih mungkin adalah kondisi jaringan yang lemah dapat robek kembali karena adanya kontraksi otot/jaringan ketika mengangkat/menahan berat motor besar…

        Reply
    1. antopurwanto Post author

      Pendapat para ahli mengenai hal ini berkembang seiring dengan perkembangan pengetahuan, awalnya, sekitar tahun 1890 direkomendasikan untuk istirahat total selamat 6 minggu untuk perbaikan paska hernia. Setelah tahun 1940an bisa menjadi 3 minggu diikuti dengan 9 minggu tanpa kerja keras.

      Dalam survey di tahun 1993 yang dilakukan di Inggris, para ahli bedah merekomendasikan istirahat 4,4 minggu setelah operasi, dokter umum merekomendasikan 6,2 minggu dan biasanya pasien menghabiskan waktu selama 7,7 minggu untuk istirahat.

      Penelitian menunjukkan bahwa dokter bedah dan dokter umum cenderung merekomendasikan waktu istirahat yang lebih lama untuk pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik.

      Demikian sebagai informasi… untuk lebih jelasnya bisa menghubungi dokter yang merawatnya karena kondisi setiap pasien bisa berbeda, termasuk jenis operasi, lokasinya dan proses pemulihannya.

      referensi : BC Medical Journal

      Reply
  11. sumaiti

    Pg pak, sy mau tny..putri sy berusia 4thn 5bln divonis 2 org dok bedah terkena hernia ingunalis (HIL Dextra) dan hrs dioperasi. Keluhan putri sy agak skt saat jongkok dan sering buang air kcl. Pertnyn sy apkh itu penyakit bawaan? Apa ݪήg kurang atw slh pd saat sy hamil? Efek smpg apa ݪήg kemungkinan akan terjadi pasca operasi? Apakah tidak ad solusi lain selain operasi sedang tsb? Karena sbg ibu sy sgt cemas anak sekcl itu hrs operasi. •-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Byk atas penjelasannya.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Hernia bisa terjadi, bahkan pada banyak kasus, termasuk pada bayi… Untuk bayi bisa terjadi karena jaringan otot yang belum menutup rapat sehingga jaringan organ seperti usus bisa menyelinap diantaranya. Pada anak2 bisa juga terjadi karena mengejan misalnya karena batuk dan menangis keras.

      Dalam beberapa kasus jaringan usus yang menyelinap pada bayi bisa keluar lagi dengan sendirinya, dalam kasus tertentu harus ada tindakan medis seperti dibedah. Hal ini sudah cukup umum terjadi. Umumnya bukan karena penyakit bawaan atau kelainan. Dan tindakan secara medis dilakukan melalui pembedahan.

      Biasanya setelah tindakan bedah anak diharuskan istirahat beberapa hari…tidak boleh bermain yang berat2.

      Mudah2an putrinya bisa segera pulih kembali…

      Ref:kidshealth.org

      Reply
  12. Jefri mainti

    Slmt malam…
    Pak mau nanya nieh,pasca op Hernia ,,,brapa Lama proses pemulihan nya, agar bisa beraktivitas kembali normal,,,?

    Reply
  13. yuli fitrianna

    Siang dok saya sakit hernia udh lama trs mau operasi dlm minggu”ini,yg saya tnyakan apakah sakit bila operasi dok,efek samping sesudah operasi ap dok??? Trima kasih dok

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Halo…

      saya baru menjawab pertanyaannya, harap maklum karena saya pergi dinas ke luar kota selama 2 minggu….

      Dioperasi tentu tidak terasa sakit karena pasien akan dibius terlebih dahulu. Obat bius jaman sekarang pun sudah cukup canggih, sehingga setelah selesai operasi pasien tidak akan merasa sakit pada luka bekas operasinya. Hanya saja itu semua kembali kepada dokter anastesi yang melakukan pembiusan. Ada dokter yang benar2 ahli sampai pasien benar2 tidak merasakan sakit sedikitpun. Namun ada juga dokter yang mungkin “ramuan” obat bius nya kurang pas, sehingga pasien masih merasakan sakit…
      Efeknya adalah kesembuhan, kalau operasi berjalan dengan baik.

      Semoga operasi dan pemulihannya berjalan dengan lancar.

      Salam sehat

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s