Peptamen

Setelah diberi resep dari dokter ahli gizi, saya mencari Peptamen sebagai pengganti makanan. Sebagaimana yang telah dibahas pada posting terdahulu, saya perlu mengkonsumsi Peptamen untuk meningkatkan kecukupan gizi mengingat Indeks Masa Tubuh saya yang relatif agak rendah pasca operasi.

Peptamen diproduksi oleh Nestle untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam bentuk yang dapat dicerna dengan mudah oleh pasien dengan gangguan fungsi pencernaan (seperti saya). Cara konsumsinya bisa dengan minum seperti biasa atau melalui sonde (selang langsung menuju lambung) bagi pasien yang tidak mampu mengkonsumsi secara normal.

Tempat pertama yang saya datangi adalah apotik Farmarin, apotik dekat rumah yang juga langganan serta ada referensi dari kantor. Ternyata mereka tidak memiliki Peptamen. Berikutnya, kita coba ke Apotik Melawai cabang Bintaro… biasanya ada, tapi sekarang sedang kosong katanya, kalau mau boleh tunggu beberapa hari, wah nggak deh… Berikutnya kita coba ke apotik di RS Bintaro… biasanya ada, tapi stoknya kosong, yang masih ada stok buat pasien rawat inap… Terakhir kita coba ke Apotik Century di Sektor IX, Bintaro, ternyata kosong juga. Akhirnya, daripada capek2 keliling apotik, kita searching melalui telepon. Rupanya masih ada stok 7 kaleng di Apotik Melawai cabang Ciledug (dekat pasar Cipulir). Syukurlah, karena apotiknya tidak jauh dari rumah.

Mengenai harga, rupanya terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Ketika saya searching pertama kali melalui internet, ada informasi penawaran Peptamen secara online di beberapa website dengan harga Rp145 ribu untuk 1 kaleng kemasan 430mg. Namun saya tidak membeli secara online karena masih kurang yakin dengan transaksi online di Indonesia… Selanjutnya, ketika saya mendatangi beberapa apotik harganya bisa mencapai Rp188 ribu, selisih Rp43 ribu, wah lumayan juga… Untungnya di Apotik Melawai di Ciledug saya bisa mendapatkannya langsung dengan harga Rp170 ribu, lumayan lah…

Hari Senin, 21 Juni 2010, adalah hari pertama saya mencoba minum Peptamen…
Berdasarkan instruksi yang tertera pada kemasan, 250ml air (suhu ruangan, bukan air panas) dicampur dengan 6 sendok Peptamen (sendok sudah disediakan dalam kemasan). Rasanya, ada dua, Vanili dan tanpa rasa, saya pilih yang Vanili biar lebih enak. Walaupun sudah diberi aroma Vanili, rasanya masih agak aneh, agak pahit2 sedikit… Tapi demi kesehatan, yang dirasa enaknya saja…

Setelah kaleng kemasan dibuka, Peptamen harus dihabiskan tidak lebih dalam waktu 4 minggu. Selain itu, Peptamen yang telah dicampur air harus diminum tidak melebihi 6 jam, sementara kalau dimasukkan kulkas bisa sampaii 12 jam.

Kandungan yang dimiliki meliputi Energi, Lemak, Protein, Vitamin (A, D, E, K, C, B1, B2, B12) Niacin, Asam Folat, Asal Pantotenat, Biotin, Kholin, Taurin, Carnitine, Natrium, Kalium, Klorida, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Mangan, Yodium, Tembaga, Selenium, Kromium dan Molibdenum. Jadi cukup lengkap juga ya…

Untungnya dokter hanya meminta saya minum Peptamen sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan kalori, jadi saya masih bisa menikmati makanan normal walaupun dengan porsi yang kecil…

18 thoughts on “Peptamen

    1. antopurwanto Post author

      Baik… saya akan inform kalau nanti membeli secara online.
      Sementara ini saya masih rutin membelinya secara langsung di Apotik Melawai dekat tempat tinggal saya…
      Salam

      Reply
  1. danny

    silahkan menghubungi saya untuk mendapatkan produk tersebut,diantar ke rumah dengan harga distributor 148.363…tanpa ongkir…kalo mau kasih tip bagi yang antar silahkan…

    021-80221078

    Reply
  2. danny

    perlu saya tambahkan komposisi peptamen menggunakan protein susu berjenis whey protein yang sudah dihidrolisa (dipotong) hingga rantai di dan tri peptida dimana hal itu dapat mengoptimalkan penyerapan karena sifat whey yang cair dan tidak koagulasi (menggumpal) di lambung hingga tidak lagi memerlukan proses bantuan enzym dalam penyerapannya,selain itu whey merupakan precursor glutahione sumber antioksidan yang baik yang dihasilkan tubuh…untuk lemaknya menggunakan 70% lemak mct yang juga tidak memerlukan bantuan enzim hati dan empedu sehingga dapat diserap langsung,

    bisa dimaklumi rasa merupakan salah satu pertimbangan,namun dengan profile di atas,peptamen merupakan sumber nutrisi pengganti makan yang 99% diserap dan merupakan penyedia cepat kebutuhan energi tubuh :P

    sekedar menambahkan :D

    Reply
  3. vie_azah

    klu whey saja brati protein’y tdk lengkap dunk? seperti yg diketahui protein yg lengkap dpt membantu pembetukan jaringan sel jaringan tubuh/ perbaikan sel jaringan yg rusak..
    protein yg lengkap kn terdiri whey dan casein

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      sebagai informasi, “whey protein” memiliki keunggulan tersendiri, beberapa penelitian terhadap tikus/binatang pengerat menunjukkan bahwa “whey protein” bisa memiliki sifat anti peradangan atau anti kanker. Seiring dengan hal tersebut, efek “whey protein” pada manusia menjadi salah satu perhatian besar dalam rangka mencari alternatif dalam mengurangi risiko penyakit serta sebagai tambahan dalam penanganan pengobatan beberapa penyakit.

      “Whey protein” umum dipasarkan sebagai supplemen diet, dan berbagai keunggulannya disampaikan pula dalam komunitas pengobatan alternatif. Walaupun “whey protein” bisa juga menyebabkan alergi susu, penyebab utama alergi susu sebenarnya lebih berasal dari “caseins”.

      Reply
    2. mataharihati

      bisa dijelaskan apa yang dimaksud dengan protein tidak lengkap dan lengkap? apabila disebut lengkap itu yang dimaksud harus ada kombinasi casein dan whey, casein dan whey adalah jenis protein yang mempunyai sifat tersendiri, adapun protein lengkap atau tidaknya itu dilihat dari gugus asam amino nya, casein dan whey sama lengkapnya hanya saja mempunyai nilai biolgis yang berbeda, whey 100% casein 80% dengan NPU (protein yang dapat diserao dan digunakan) whey 92% sedang casein 76%, ini data dari WHO, whey protein memiliki asam amino cystein 7x lebih banyak dari casein, masing2 whey dan casein masing2 protein yang mampu berdiri sendiri namun selain perbedaan di atas, yang mencolok adalah pada absorbsinya casein menggumpal ketika bertemu asam lambung sedang whey bersifat soluble….

      Reply
  4. Dedi hidayat

    info : untuk temen2 yang mengetahui cara mendapatkan susu peptamen baik secara online maupun membeli langsung kami mohon di ifokan secepatnya di karenakan ibu saya sangat membutuhkannya

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      Saya sendiri belum pernah membeli secara online, pembelian dulu saya lakukan di Apotik Melawai yang ada di daerah Cipulir, tapi tampaknya bisa juga di Apotik Melawai cabang lainnya.

      Reply
  5. Syenni Gemilang

    Salm kenal, saya sedang mencari-cari Peptamen untuk Ibu saya, pasca operasi kraniotomi. kalau sekarang harga Peptamen berkisar berapa ya Pak? kira-kira kalau satu kaleng, pemakaian untuk berapa hari ya Pak? trims.

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      salam kenal juga mba Syenni,

      Maaf baru respon, maklum ada kesibukan…
      untuk Peptamen seingat saya sekitar 180ribuan, saya beli di Apotik Melawai yang ada di dekat rumah saya (daerah Cipulir/Ciledug).

      Satu kaleng habisnya tidak tentu, tergantung penggunaan. Kalau saya kan hanya sebagai tambahan, berbeda dengan pasien yang menggunakan Peptamen sebagai pengganti makanan… Kalau saya bisa cukup lama, 1 sd 2 bulan karena tidak selalu konsumsi. Jika sering dikonsumsi kemungkinan habis sebelum 1 bulan.

      Semoga bisa membantu.

      Salam

      Reply
  6. Dian P

    peptamen di apotik century atau guardian harganya bisa sktr 200rb.. sy permah beli lgsg lwt supplier nestle nya harga di 160rb…tp skrg org tsb sdh tdk supply lagi… :(
    mau beli online masih pilih2 nih yg mana yg kira2 ok

    Reply
    1. antopurwanto Post author

      tks infonya mba Dian :)

      saya sekarang sudah tidak minum Peptamen lagi jadi belum ada data terkini untuk harganya. sekitar beberapa bulan yl. saya masih bisa membelinya dengan harga sekitar 180 ribuan di Apotik Melawai.

      Reply

Leave a Reply

